Viral Sholat Terawih 8 Jam di Magetan

Santri Pondok Pesantren Al Fatah, Temboro, Kabupaten Magetan menggelar salat tarawih hingga delapan jam. Waktu cukup panjang ini dibutuhkan para jemaah karena harus mengkhatamkan 30 juz Alquran dalam satu malam.

Jemaah yang ikut dalam salat tarawih 8 jam ini pun cukup banyak. Bahkan, saat ini diikuti oleh warga kampung dan luar daerah. 

“Dulu awalnya hanya satu juz untuk sekali salat tarawih. Setelah itu ada permintaan ditambah menjadi lima juz, 15 hingga saat ini 30 juz,” kata Pimpinan Madrasah Ponpes Al Fatah, Temboso Ustaz Barli Musaddad, Senin (26/4/2021). 

Meski begitu, jemaah tarawih dengan bacaan Alquran 1 hingga 5 juz juga masih ada. Setiap malam, mereka melaksanakan salat tarawih secara bergantian. 

“Jadi ada 10 majelis salat tarawih di sini. Ada yang 1 juz, 5 juz, 15, hingga 30 Juz. Untuk yang 30 juz, salat tarawih dilaksanakan mulai selepas isya’ hingga menjelang sahur, sekitar pukul 03.30 WIB. Untuk jumlah rakaatnya sebanyak 20 rakaat,” katanya. 

Musaddad mengatakan, tradisi salat tarawih berdurasi panjang ini sudah berlangsung selama delapan tahun. Tradisi ini dilakukan karena terinspirasi Imam Syafi’i yang mengkhatamkan Alquran dua kali dalam satu malam saat Ramadan. 

“Kami berharap tradisi memburu berkah Ramadan seperti ini menular ke seluruh pelosok negeri, sehingga Alquran dan ibadah terjaga dengan baik,” katanya.