Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP




Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP – Ilmu yang saya berikan kali ini yaitu mengenai perbedaan kabel UTP dan kabel STP. Hari ini saya akan berbagi ilmu kembali untuk menambah wawasan dalam dunia jaringan informasi.

Perlu anda ketahui bersama bahwa gambar diatas bukanlah gambar kabel utp dan kabel stp melainkan kabel utp cat 5 dengan kebel utp cat 6 hehe. Untuk lebih jelasnya mengenai kabel utp dan stp mari kita simak artikel kali ini.

Keduanya memiliki kesamaan fungsi yaitu sebagai perantara terjadinya transfer data dan sebagai penghubung antara komputer satu dengan beberapa komputer lainnya. Dalam suatu jaringan LAN (Local Area Network) yang mempu menghubungkan ke jaringan yang memiliki ruang lingkup yang lebih luas seperti jaringan Internet. Kabel UTP dan kabel STP ini merupakan perangkat yang berada pada urutan layer paling bawah yaitu Physical Layer.

Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP

Pengertian dan Fungsi Kabel UTP

Pertama saya akan menjelaskan mengenai kabel UTP terlebih dahulu. Kabel UTP merupakan kepanjangan dari “ Unshielded Twisted Pair “ yang artinya adalah sebuah kabel jaringan yang memiliki tugas sebagai perantara penghantar data atau menjebatani terjadinya transfer data pada banyak komputer dalam sebuah jaringan local.


Memiliki nama unshilded dalam bahasa indonesia memiliki arti Tidak Terlindung. Kabel yang tidak terlindungi oleh aluminium dan di dalam kabel memiliki 4 padang kabel yang masing-masing memiliki fungsi masing-masing.

Baca Juga : Pengertian Prinsip Kelebihan Dan Kelemahan Jaringan Nirkabel


Kabel UTP memiliki berbagai kategori kabel yang di dasarkan pada kecepatan transfer data yang berbeda-beda seperti pada kabel utp cat 5 dengan cat 6 yang menggunakan konektor RT45.

Kabel UTP terbagi menjadi 2 jenis yaitu Kabel Crossover/Cross yang berfungsi penghubung antara dua hardware yang sama atau komputer ke komputer, dan Kabel Straight berfungsi sebagai penghubung dua perangkat yang berbeda seperti penghubung antara komputer ke Switch.

Untuk penyusunan kabel Straight tersusun mulai dari warna ( putih-orenge, orange, putih-hijau, biru, putih-biru, hijau, putih-coklat, coklat ) pada kedua ujungnya sama sedangkan pada kabel Cross memiliki ujung yang berbeda, ujung satu urutannya sama seperti kabel Straight dan ujung kedua memiliki urutan warna ( putih-hijau, hijau, putih-orange, biru, putih-biru, orange, putih coklat, coklat ) semua urutan kabel tersebut dimulai dari kiri.

Pada kabel berwarna biru dan putih-biru digunakan sebagai media pengiriman berupa audio. Kabel berwarna putih-coklat, coklat digunakan sebagai penghantar arus DC dan kabel yang lainnya sebagai media pengiriman data. Pengertian singkatnya Kabel UTP adalah kabel jaringan local yang tidak dibungkus oleh pelindung aluminium.

Pengertian dan Fungsi Kabel STP

Kabel STP kepanjangan dari Shielded Twisted Pair adalah sebuah kabel yang memiliki pelindung pada tiap-tiap pasang (1 pasang 2 kabel) yang dilindungi oleh aluminium sehingga memiliki ketahanan terhadap gangguan interferensi elektromagnetik yang sering kita sebut noise, jadi data yang tersampaikan lebih cepat dari pada menggunakan kabel UTP.



Kabel ini memiliki harga yang lebih mahal dari pada kabel UTP dan proses instalasi lebih sulit dari kabel UTP akan tetapi dengan harga yang lebih mahal tentu memiliki kualitas yang lebih baik, lebih kokoh, lebih cepat, lebih handal. Untuk susunan kabel sama seperti kabel UTP dan juga menggunkan konektor RJ45.

Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP

Pada dasarnya perbedaan antara kabel UTP dan STP pada pembungkus atau pelindung dan kecapatan transfer data pada kabel jaringan tersebut. Sekian dari artikel Perbedaan Kabel UTP dan Kabel STP hari ini semoga bermanfaat dan jika terdapat kesalaah saya mohon maaf dan koreksinya.