Pengertian Modulasi Beserta Perbedaan Modulasi AM, FM, PM

Modulasi AM, FM, PM

Penjelasan Lengkap Pengertian Modulasi AM, Modulasi FM dan Modulasi PM  Beserta Perbedaannya – Kali ini saya akan berbagi informasi mengenai modulasi, anda tahu kenapa? ya karena saya sedang belajar mengenai modulasi di sekolah saya. Modulasi merupakan suatu proses perubahan gelombang periodik yang berubah menjadi satu kesatuan sinyal yang dapat membawa informasi.

Apakah anda tahu mengenai gelombang periodik itu sendiri? Saya akan beri tahu kalau anda lupa, gelombang periodik adalah gerakan gelombang secera teratur serta berulang-ulang yang mempunyai sumber berupa gangguan yang berkelanjutan dan bergerak, yaitu dapat berupa getaran atau osilasi.

Modulasi AM

Modulasi sendiri memiliki 3 jenis modulasi yaitu modulasi AM, FM, PM dimana dari setiap jenisnya memiliki perbedaan yang sangat spesifik. Kita mulai dengan modulasi AM, Modulasi AM ( Amplitude Modulation ) adalah proses menumpangkan sinyal informasi menuju sinyal pembawa sehingga amplitudo gelombang pembawa berubah sesuai dengan perubahan simpangan sinyal informasi.

Lebih Lengkap Mengenai Modulasi AM

Pada saat sebuah gelombang pembawa dimodulasi oleh gelombang sinyal secara modulasi AM, maka amplitudo gelombang pembawa itu akan berubah sesuai dengan perubahan simpangan gelombang sinyal. Pengertian singkatnya, Modulasi AM adalah salah satu bentuk modulasi yang amplitudo sinyal pembawa di variasikan secara proposional berdasarkan sinyal pemodulasi (sinyal informasi).


Dalam penerapan modulasi AM ini bisa kita jumpai pada penyiaran radio komersil atau radio penyiaran milik swasta dan biasanya penggunaan modulasi AM memiliki kelemahan diantaranya yaitu kualitas suara yang kurang baik, rentan terhadap gangguan sinyal gelombang dan memiliki bendwith (lebar pita) yang kecil . Pada modulasi ini juga memiliki kelebihan yaitu memiliki range jangkauan yang lebih luas dari pada gelombang FM.

Penjelasan Lengkap Pengertian Modulasi AM, Modulasi FM dan Modulasi PM  Beserta Perbedaannya

Frekuensi sinyal pembawa ( carrier ) pada modulasi AM biasanya merupakan sinyal pada rentang antara 20 Hz sampai dengan 20 kHz, frekuensi sinyal pembawa biasanya berupa sinyal radio pada rentang frekuensi tengah yaitu diantara 300 kHz sampai dengan 3 Mhz.

Modulasi FM

Kita lanjutkan untuk mulai membahas jenis modulasi berikutnya yaitu modulasi FM ( Modulasi Frekuensi ) adalah subuah sinyal informasi mengubah frekuensi sinyal pembawa ( carrier ). Besarnya frekuensi sinyal pembawa akan berbanding lurus dengan amplitudo sinyal pemodulasi.

Frekuensi gelombang carrier akan berubah seiring perubahan sinyal suara dan memiliki gelombang pembawa ( carrier ) relatif tetap, untuk melakukan sebuah penguatan sinyal agar bisa dikirim jauh atau memperluas range jangkauan dapat dipancarkan menggunakan antena.

Lebih Lengkap Mengenai Modulasi FM

Modulasi FM memerlukan bandwith yang lebih lebar dari pada modulasi amplitudo dan FM lebih tahan terhadap gangguan sehingga dipilih untuk sebagai modulasi standart untuk frekuensi tinggi sehingga gelombang FM bebas dari pengaruh gangguan udara karena memiliki bandwidth (lebar pita) yang lebih besar, dan fidelitas yang tinggi. Pada modulasi ini memiliki hasil suara yang lebih jernih dari pada AM.

Modulasi PM

Lanjut lagi kita ke jenis modulasi yang terakhir yaitu modulasi PM ( Phase Modulation ) adalah proses modulasi yang mengubah fasa sinyal pembawa sesuai dengan sinyal pemodilasi atau pemodulasinya. Memiliki amplitudo dan frekuensi yang dimiliki sinyal pembawa tetap, akan tetapi fasa sinyal pembawa ( carrier ) berubah sesuai dengan informasi.

Lebih Lengkap Mengenai Modulasi PM

Pada modulasi ini jarang yang ada menggunakan karena memerlukan perangkat keras penerima yang lebih kompleks atau lebih rumit. Phase Modulation menggunakan perbedaan sudut dari sinyal analog untuk membedakan kedua keadaan sinyal digital, memiliki amplitudo dan frekuensi tetap akan tetapi memiliki fasa yang berubah-ubah. Modulasi ini biasanya digunakan untuk pengiriman data dalam jumlah yang lebih banyak dan dalam kecepatan yang tinggi.


Itu merupakan sedikit ulasan mengenai ini yang merupakan sumber pengalaman pembelajaran saya baik dari pendidikan formal ataupun internet. Sekian dari artikel Pengertian Modulasi Beserta Perbedaan Modulasi AM, FM, PM , kurang lebihnya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.