Pengertian dan Fungsi Firewall Pada Sistem Keamanan Jaringan


Pengertian Firewall, Fungsi Firewall, dan Manfaat Firewall– Kali ini saya akan berbagi ilmu pengetahuan mengenai firewall. Kenapa saya menulis artikel mengenai firewall pada windows karena Berhubungan dengan perlajaran yang sedang saya pelajari di sekolah dan saya jadikan rangkuman untuk belajar kembali serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kalian.


Pengertian Firewall
Firewall adalah sistem yang menyediakan keamanan jaringan dengan memfilter lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar berdasarkan seperangkat aturan yang ditetapkan pengguna yang ada pada jaringan pribadi ( Privat Network ).

Pengertian Firewall, Fungsi Firewall, dan Manfaat Firewall

Tujuan Firewall
Firewall sendiri memiliki tujuan tersendiri dalam penggunaannya yaitu untuk mengurangi atau menghilangkan terjadinya komunikasi jaringan yang tidak diinginkan sementara memungkinkan semua komunikasi yang sah mengalir bebas. Dengan kata lain tujuan firewall adalah untuk mengontrol lalu lintas apa yang diizinkan untuk melintasi dari satu sisi ke sisi lain.

Dimana firewall dapat dijadikan sebagai sebuah sistem yang di desain untuk mencegah akses pengguna yang tidak sah dari sebuah jaringan pribadi. firewall menyediakan lapisan keamanan penting yang, dikombinasikan dengan tindakan lain untuk mencegah penyerangan pengaksesan server yang berbahaya.

Fungsi Firewall
firewall dapat memblokir lalu lintas yang ditujukan untuk alamat IP atau port server tertentu. Biasanya, perusahaan mengatur firewall mereka untuk memungkinkan koneksi masuk ke port 80, yang merupakan port standar untuk digunakan oleh server Web. Ini memungkinkan pengunjung untuk masuk ke situs web coporate, misalnya, tetapi lalu lintas “tidak dipercaya” yang ditujukan untuk beberapa port lain akan ditolak aksesnya.

Baca Juga : Pengertian dan Contoh 7 OSI LAYER

Firewall berfungsi untuk mengatur, memfilter dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan privat yang dilindungi. Terdapat kriteria yang dilakukan firewall dalam melakukan pengecekan atau meakukan autentifikasi terhadap akses jaringan yaitu sebagai berikut :

  • Alamat IP dari komputer sumber 
  • Port TCP/UDP sumber dari sumber. 
  • Alamat IP dari komputer tujuan. 
  • Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan 
  • Informasi dari header yang disimpan dalam paket data.

firewall juga memberikan perlindungan terhadap ancaman termasuk serangan penolakan layanan (DOS).  Serangan dos terjadi ketika penyusup mencoba muntuk melakukan penyerangan situs web perusahaan dengan membanjiri lalu lintas dengan jumlah yang besar sehingga membuat server berpotensi untuk memungkinkan untuk masuk ke dalam server yang dapat mengakses sumber daya lainnya.

Manfaat firewall
Firewall memiliki manfaat yaitu untuk menjaga informasi rahasia dan berharga yang menyelinap keluar tanpa sepengetahuan, mencegah modikasi data yang tidak sah di website, dan melakukan pencegahan lalu lintas yang mencurigakan ke subnet jaringan.

Dalam penerapan sederhana saya melakukan konfigurasi firewall pada windows yang memiliki banyak manfaat dalam menjaga keamanan komputer dan jaringan, dan seperti yang sudah saya praktekkan dalam melakukan pengaturan firewall pada windows. Firewall pada windows dapat melakukan pemblokiran website, akses internet pada sebuah aplikasi, pemblokiran port, dan fitur lainnya.


Semua artikel mengenai firewall ini bersumber dari pendidikan formal yang diberikan di sekolahan maupun dari informasi di internet. Itu merupakan sedikit ulasan mengenai artikel Pengertian, Fungsi, Dan Manfaat FIREWALL , kurang lebihnnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.