Peluang Usaha Sampingan Mahasiswa yang Menghasilkan Cuan

Peluang Usaha Sampingan


Gooblin News
– Siapa bilang menjadi mahasiswa hanya menghabiskan uang? Nyatanya, banyak mahasiswa yang sukses memulai bisnis dan mendapatkan keuntungan besar. Berikut ini, pilihan usaha sampingan mahasiswa yang dapat Anda tekuni.

1. Les Private

Jika Anda memiliki kemampuan di bidang akademis maupun kemampuan seperti musik, melukis, Anda dapat menjadi guru private. Bisnis sampingan mahasiswa ini tidak hanya akan memberi Anda penghasilan tambahan namun koneksi dan memperdalam ilmu.

2. Membuka Online Shop

Anda bisa membuka usaha online shop sebagai bisnis sampingan. Anda bisa menggunakan sistem dropship ataupun reseller. Bisnis ini cukup menjanjikan apalagi saat ini Anda tidak hanya bisa menggunakan media sosial sebagai media jualan namun juga marketplace.

3. Penulis Lepas

Dibayar untuk menulis dapat Anda pertimbangkan untuk ditekuni. Banyak yang menjadi penulis lepas di blog, majalah, menuliskan e-book, artikel dan yang lainnya.

Anda bisa menulis berdasarkan pada kemampuan atau keahlian Anda. Misalnya menulis tentang kesehatan. Namun, ada baiknya jika Anda memiliki kemampuan menulis dalam bahasa Inggris karena bayaran yang lebih besar dan bisa merambah pangsa luar negeri.

4. Menjadi Content Creator

Usaha sampingan bidang digital banyak dilirik terutama oleh perusahaan. Content Creator tidak hanya sebatas menjadi youtuber ataupun blogger namun bisa termasuk kru di belakang layar. Misalnya script writer, editor, fotografer ataupun videographer.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan besar di bidang ini, maka Anda harus konsisten membuat karya dan meningkatkan skill. Tujuannya adalah agar Anda memiliki portofolio yang mumpuni untuk menarik pihak lain agar bekerja sama dengan Anda.

5. Admin Media Sosial

Anda bisa menjadi admin media sosial atau marketplace. Selain harus tepat waktu dan juga teratur, Anda juga dituntut untuk memiliki kemampuan di bidang copywriting dasar dan memiliki wawasan luas.

Namun, pastikan jika Anda memiliki kemampuan pengelolaan emosi yang baik. Ini karena Anda akan berinteraksi dengan konsumen misalnya di media sosial. Jika tidak sabar, terutama jika ada komplain, lalu Anda mudah marah, maka hal tersebut akan merugikan pemilik bisnis.

Itulah beberapa jenis peluang usaha sampingan mahasiswa yang bisa dipilih dan tekuni. Apapun pilihan usaha yang diambil, pastikan tetap tekun, tidak mudah menyerah dalam mengembangkan bisnis agar Anda mendapatkan keuntungan.