Mudah Sekali! Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

Cara memperbaiki headset mati sebelah – Bagaimana cara memperbaiki headset mati sebelah? memperbaiki headset dengan suara hanya di satu telinga saja? Kesalahan paling umum pada sepasang headset audio adalah suara hanya datang dari satu telinga atau samping. Jika Anda memiliki sepasang headset yang mahal, menggantinya dengan membeli yang baru tidak selalu merupakan pilihan terbaik.

Untuk headset atau earbud yang harganya 100 ribu ke atas, kebanyakan orang akan memilih untuk memperbaikinya sendiri. Untuk banyak headset kelas atas, mungkin ada garansi yang mungkin masih melindungi mereka dari kerusakan. Sebelum Anda mencoba memotong kabel atau membongkar headset, hubungi produsennya terlebih dahulu…

Ada banyak alasan mengapa sepasang headset hanya memutar audio dari satu telinga. Alasan paling umum untuk suara hanya keluar dari satu sisi adalah kabel di dekat jack audio telah bengkok bolak-balik berkali-kali sehingga menyebabkan kabel menjadi putus atau korsleting. Untuk cara memperbaiki headset mati sebelah dengan benar, Anda memerlukan beberapa alat dan bahan yang tersedia di toko elektronik sejenis. Dengan alat dan bahan yang tepat, Anda dapat memperbaiki sendiri headset yang rusak itu.

Deteksi dan solusi cepat cara memperbaiki headset mati sebelah (sementara)

Sering kali jika Anda memutar atau menekuk kabel pada headset, suara akan bekerja untuk waktu yang sangat singkat. Ini adalah petunjuk yang bagus tentang di mana kabel telah korsleting. Untuk perbaikan cepat yang sangat mudah, cukup tempelkan selotip ke kawat yang berfungsi saat Anda membengkokkannya.

Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

Terus tekuk kabel dan saat Anda mengisolasi bagian kabel yang putus atau korsleting (atau yang sering biasa disebut “kontak-kontak” :D), tambahkan selotif di area ini sambil menjaga kabel tetap tertekuk. Ini akan menyatukan kabel yang korsleting bersama-sama menciptakan perbaikan sementara untuk mengeluarkan suara dari kedua telinga. Kemudian ketika Anda siap untuk memperbaikinya secara permanen, baca tutorial langkah demi langkah di bawah ini.

Cara memperbaiki headset mati sebelah (permanen)

Hal-hal yang diperlukan untuk memperbaiki sendiri sepasang headset ketika suara hanya keluar dari satu bagian telinga:

  1. Sepasang kabel
  2. Sepasang pemotong kabel atau tang potong
  3. Gulungan selotip
  4. Lembaran kecil halus amplas grit (opsional)
  5. Solder (opsional)
  6. Timah

CATATAN: Tutorial perbaikan headset di bawah ini harus dilakukan dengan risiko Anda sendiri. Ikuti prosedur DIY langkah demi langkah di bawah ini hanya sebagai upaya terakhir. Prosedur perbaikan dan perbaikan ini akan berfungsi dengan headset, earbud, earphone, dan jenis headset audio lainnya.

Langkah 1: Hal pertama yang harus dilakukan untuk memperbaiki sendiri headset Anda adalah mencolokkannya ke sumber audio.

Langkah 2: Saat audio diputar dan Anda memiliki headset, gerakkan tangan Anda ke atas dan ke bawah kabel dan tekuk setiap 1/2 inci untuk mencoba dan mengisolasi di mana kabel mengalami korsleting atau putus nyambung.

Langkah 3: Setelah Anda mendengar suara di kedua telinga, Anda telah menemukan di mana kabel tidak terhubung dengan benar atau telah korsleting (paling sering akan tepat di sebelah jack headset) .

Langkah 4: Isolasi area ini dengan menempelkan selotip ke kiri dan kanan di mana bagian pendek ditemukan dengan menyisakan satu inci atau lebih di antara selotip.

Langkah 5: Ambil tang potong dan potong dengan hati-hati area kabel yang korsleting dengan memotong dan membuang sekitar satu inci di setiap sisi area korsleting kabel (karena Anda menemukan tempat yang salah pada kabel yang mengalami korsleting, Anda sekarang melepas bagian kabel itu sepenuhnya dengan memotong dan melepas setengah inci atau lebih di setiap sisi tempat Anda menemukan kabel yang rusak) .

Langkah 6: Setelah memotong dan membuang kabel pada bagian headset yang bermasalah, kupas pelindung kawat di kedua sisi untuk mengekspos kabel, umumnya ada 3 kabel yang berbeda, satu merah, satu hitam atau putih, dan satu tembaga (mungkin ada perbedaan warna untuk beberapa headset).

Langkah 7: Setelah pelindung kawat dilepas/kupas, Anda kemudian akan melepaskan kabel yang terbuka untuk menyambungkannya kembali.

Langkah 8: Lepaskan setiap pembungkus kabel menggunakan tang potong. Jika kabelnya sangat kecil, Anda mungkin perlu menggunakan amplas untuk mengekspos kabel di bawahnya (ini adalah kabel warna di bawah penutup kabel, kabel merah, hitam atau putih, dan tembaga, kabel tembaga tidak memiliki penutup kawat sehingga Anda tidak perlu melepasnya)

Langkah 9: Setelah pembungkus kabel dilucuti dan terbuka, sambungkan kembali kabel bersama-sama sesuai warna (merah ke merah, hitam ke hitam, dll) menggunakan metode pilihan Anda. Anda dapat menyambungkannya menggunakan metode penyambungan apa pun atau menggunakan solder, jangan lupa untuk diberi selotif untuk menghindari korsleting.

Langkah 10: Uji headset untuk memastikan Anda sekarang mendapatkan suara dari setiap sisi.

Selamat, Anda telah memperbaiki sendiri headset Anda!

Baca Juga : Perbedaan Headset dan Earphone

Jika Anda memiliki sepasang headset kelas atas seharga lebih dari 500 ribu, ada kemungkinan besar headset rusak Anda masih dalam garansi. Periksa online untuk info lebih lanjut karena banyak pembuat headset menawarkan garansi seumur hidup untuk produk audio tertentu.

Apakah Anda memiliki cara yang lebih mudah untuk cara memperbaiki headset mati sebelah? Silakan tinggalkan komentar di bawah.