Menggunakan array_push di PHP Untuk Menambahkan Item Baru di Array

Menggunakan array_push di PHP Untuk Menambahkan Item Baru di Array – Array_push di php digunakan untuk menambahkan index baru atau item baru di array yang telah ada sebelumnya. Array _push akan menambahkan index baru tersebut di akhir array. Array_push dapat digunakan di php versi 4, 5 dan 7.


Contoh kasus penggunaan array push yaitu ketika terdapat data dengan banyak array dan anda hanya ingin mengambil salah satu dari array tersebut. Dari kasus tersebut array_push adalah solusinya.

Yaitu dengan membuat variabel baru yang berisi array kosong kemudian kita isikan array yang ingin kita ambil dari sekian banyak array. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan contohnya :

Menggunakan array_push di PHP Untuk Menambahkan Item Baru di Array

$dataArray[0] = ['Yogyakarta', 'Jawa Tengah', 'Bali', 'Gorontalo']; 
$dataArray[1] = ['Nanas', 'Semangka', 'Durian', 'Pisang'];
$dataArray[2] = ['Mobil', 'Laptop', 'Smartphone', 'Tablet'];
$arraybaru = [];
foreach ($dataArray[1] as $d) {
array_push($arraybaru, $d);
}
echo "<pre>";
print_r($arraybaru);
Contoh Implementasi array_push di php versi 2

$datasatu = ['Yogyakarta', 'Jawa Tengah', 'Bali', 'Gorontalo']; 
array_push($datasatu, "Lampung", "Riau");
echo "<pre>";
print_r($datasatu);

Coba script diatas di writephponline.com untuk melakukan pengetesan terhadap script tersebut. Jika di javascript menggunakan Array push() untuk menjalankan fungsi ini. Anda dapat mengunjungi situs w3school.com jika ingin berlajar lebih lagi mengenai array baik di php maupun di javascript.


Ok sekian dari artikel  Menggunakan array_push di PHP Untuk Menambahkan Item Baru di Array semoga artikel tutorial singkat ini dapat bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan termakasih.