Mau Liburan Anti Ribet? Staycation Saja!

Di masa pandemi seperti sekarang ini bisa pergi liburan ke luar kota adalah hal yang terkesan ‘mewah’ dan juga penuh resiko

Pasalnya bepergian naik transportasiumum di masa sekarang ini membutuhkan hasil negatif rapid test maupun PCR yang harganya lumayan. Selain itu juga beresiko tertular virus

Selama perjalanan ke luar kota. Namun kamu tetap bisa kok mencari opsi liburan anti ribet yang lagi happening saat ini; staycation.

Staycation memang bukan tren baru, namun semakin digemari di masa pandemi ini karena kamu bisa liburan masih di kota tempat tinggal. Bisa dengan menginap di hotel atau sewa apartemen terbaik untuk staycation sendirian, bawa teman atau bersama keluarga.

Staycation tergolong liburan yang anti ribet karena kamu tidak perlu terlalu banyak memikirkan detail liburan, tidak perlu repot memikirkan transportasi dan budgetnya pun bisa lebih murah dibandingkan ke luar kota. Staycation juga bisa jadi solusi ingin liburan tapi waktu kosong tidak banyak karena harus bekerja.

Nah, meski simpel dan anti ribet, staycation punya banyak manfaat lho!

Penasaran apa saja manfaat staycation?Ini penjelasannya untuk kamu.

1. Menyegarkan pikiran

Staycation bisa jadi short escape untuk menyendiri setelah disibukkan oleh banyak beban pekerjaan di setiap harinya. Staycation juga bisa jadi opsi mencari suasana baru untuk bersantai dan menghilangkan stres.

 

Kamu bisa mengisi waktu dengan rebahan seharian, streaming film atau drama terfavorit, nonton YouTube, main game, berendam di bathtub dan bisa juga dengan jalan-jalan di sekitar hotel atau apartemen yang disewa.

Jika kamu staycation bersama keluarga, kamu bisa menghabiskan waktu dengan nonton bersama, jalan-jalan di sekitar penginapan maupun bermain game bersama. Quality time seperti ini bisa meningkatkan bonding dan juga menyegarkan suasana, bukan?

Nah, kabur sebentar dari rutinitas sehari-hari dan pergi staycation bisa bantu membuat pikiran kembali rileks dan energi pun kembali terisi dan siap beraktivitas kembali setelah pulang staycation.

2. Bisa tetap liburan meski waktu terbatas

Karena liburan masih di kota sama dengan tempat tinggal, maka biasanya tidak begitu banyak persiapan yang harus dilakukan. Lokasinya juga pasti tidak jauh sehingga mudah untuk dicapai. Dengan begini walaupun kamu hanya punya waktu di weekend tapi masih tetap bisa memanfaatkannya untuk staycation.

Atau jika kamu belum pernah mengambil cuti selama WFH dengan anggapan ‘cuti juga mau liburan kemana’, nah jangan ragu ajukan cuti ke tempat kerja ya. Ambil cuti secukupnya untuk dipakai staycation. Kamu pun punya waktu yang cukup untuk recharge diri sendiri agar lebih bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari nantinya.

Bahkan kamu bisa memilih WFH dari hotel atau apartemen untuk mendapatkan suasana baru sehingga rasa bosan dan jenuh yang mungkin sudah menumpuk bisa pelan-pelan hilang. Kamu pun akan lebih bersemangat bekerja nantinya.

3. Liburan murah tapi berkualitas

Karena liburan masih di dalam kota maka biaya liburan pun jauh lebih murah dibanding harus ke luar kota. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya menginap di hotel atau sewa apartemen harian. Kamu tidak perlu pusing soal transportasi karena bisa bawa kendaraan pribadi atau naik angkutan umum maupun taksi online.

Selain itu saat ini juga banyak hotel dan apartemen yang bisa disewa dengan mudah. Kamu bisa menggunakan Traveloka untuk mencari hotel atau apartemen di kota kamu, lalu urutkan berdasarkan harga untuk mendapat pilihan tempat staycation yang murah. Contohnya saja jik kamu di Jakarta bisa melirik apartemen Kalibata City yang dekat dengan mal dan juga stasiun kereta sehingga mudah dicapai dan sangat nyaman karena kalau lapar tinggal turun ke mal. Di Traveloka juga sering ada promo yang bisa dimanfaatkan untuk menghemat biaya booking hotel staycation. Menarik, kan?

4. Menyusun rencana liburan lebih mudah

Karena masih di kota yang sama, kamu tidak perlu repot membuat itinerary karena pasti sudah hafal dengan tempat wisata yang ada di kota sendiri. Kamu juga tidak perlu membuat budgeting yang ribet karena staycation biasanya singkat dan tidak perlu biaya yang mahal.

Kamu tidak perlu membandingkan harga tiket pesawat, bus atau kereta api karena hotel atau apartemen bisa dicapai naik kendaraan pribadi atau angkutan umum. Kamu juga tidak perlu menyusun kegiatan yang mau dilakukan karena tujuan staycation adalah bersantai, sehingga sangat ideal jika hanya menghabiskan waktu di dalam kamar hotel/apartemen saja.

Soal makan jua mudah. Tinggal order online atau membeli di kafe atau restoran yang ada di sekitar apartemen. Baju yang dibawa juga tidak perlu terlalu banyak sehingga secara keseluruhan merencanakan staycation jauh lebih sederhana tapi tetap bisa bersenang-senang.

5. Quality time

Staycation juga bisa jadi momen pas untuk menghabiskan quality time dengan orang tersayang; bisa keluarga maupun sahabat. Apalagi di masa penademi ini masih riskan jika harus liburan ke tempat yang ramai pengunjungnya karena potensi terpapar virus pasti ada. Namun jika hanya di dalam kamar sambil melakukan hal-hal menarik bersama anak dan pasangan, tentu jauh lebih terlindungi dari virus dan juga minim interaksi dengan orang lain.

Nah, sudah siap staycation di akhir pekan ini atau masih mau ambil cuti kerja? Jika ya, segera jadwalkan staycation kamu dan mulai cari-cari hotel atau apartemen yang pas sesuai keinginan dan budget. Pesan online saja di Traveloka biar tidak ribet dan jangan lupa untuk tetap menjalankan protokol kesehatan bahkan saat staycation agar momen liburan kamu tetap aman dan juga nyaman. Selamat staycation!