Langkah Langkah Membuat Saus Sambal

0 1

Langkah Langkah Membuat Saus Sambal sebenar nya sangat mudah. Secara konsep cara membuat saus sambal mirip dengan Cara Mudah Membuat Saus Tomat yang telah kita bahas pada postingan yang lalu.

Langkah Langkah Membuat Saus Sambal sendiri atau lebih di kenal dengan HOMEMADE CHILI SAUCE ini masih menggunakan bahan yang sama dengan saus tomat kemarin yaitu UBI Jalar. Sekali lagi fungsi dari ubi jalar adalah sebagai pengental alami ya…karena ini homemade artinya semua serba tanpa pengawet..so di jamin cara membuat saus sambal ini super sehat…Yuk di kepoin langkah nya

Mungkin anda tertarik untuk membaca : Cara Mudah Membuat Selai Kacang

Healthy Homade Chili Sauce

Bahan yang diperlukan untuk Membuat Saus Sambal :

  • Tomat merah 2 Kg, cari yang fresh ya jika ada
  • Cabe rawit, 250 Gram atau anda bisa tambah jika anda pecinta pedas. Menyesuaikan saja ini sifat nya.
  • Bawang bombay 1/2 Kg 
  • 400 Gram ubi jalar / sabrang / sweet potato , Sesuai fungsi ya, yaitu pengental alami saus
  • Gula merah 200 Gram  atau sesuai selera, sama seperti saus tomat anda juga bisa menggunakan gula pasir walau mungkin jumlahnya akan lebih sedikit karena relatif lebih manis
  • 4 sdt Garam atau sesuai selera anda

Cara membuat saus sambal sendiri:

  •  Cuci bersih Cabe rawit dan tomat, buang tangkainya.
  •  Kupas bawang bombay, diiris agak besar-besar.
  •  Kupas ubi jalar, potong-potong agak besar.
  •  Rebus tomat, cabe rawit, ubi jalar dan bawang bombay (bisa dipresto),sampai matang. Saya menggunakan panci presto dengan sedikit air, dan begitu mendesis saya matikan apinya.
  •  Haluskan semuanya dengan blender atau food processor sampai halus benar.
  •  Tambahkan garam, gula, dan cuka. Aduk rata atau silahkan anda blender kembali.

Untuk ukuran banyaknya garam, gula, dan cuka, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing ya..ini butuh trial dan eror ya…alias anda praktek langsung dan sesuaikan selera anda.

Sampai pada tahap ini sebetulnya saus sambal sudah bisa langsung digunakan atau dikonsumsi, namun biasanya saya panaskan kembali di atas api menggunakan wajan. Setelah mendidih, kecilkan api. Tutup pancinya agar tidak terlalu meletup-letup. Aduk sesekali hingga mencapai kekentalan yang diinginkan, lalu matikan api. Kemudian dinginkan….

Setelah dingin lalu simpan dalam botol bersih, anda bisa gunakan botol bekas apapun ya tapi pastikan bersih

Perlu anda pahami sama seperti saus tomat ya, maka Saus sambal homemade ini juga tidak bisa bertahan lama di suhu ruang karena tidak menggunakan bahan pengawet dan pengental buatan. Apabila disimpan di dalam kulkas, bisa bertahan 1-2 minggu, tergantung suhu di dalam kulkas.

Lalu bagaimana jika kita ingin menyimpan sangat lama? Anda bisa menyimpan pada toples-toples plastik bertutup, lalu masukkan ke dalam freezer. Saus yang disimpan di dalam freezer ini apabila tidak dikeluar masukkan, bisa bertahan sangat lama, yang pasti bisa di atas 8 bulan (namun faktanya selalu sudah habis sebelum itu hahahaha).

Apabila tidak tersedia banyak toples untuk menyimpannya, bisa menggunakan plastik santan (plastik tebal) kemudian diikat dengan karet gelang masuk kan dalam freezer.

Langkah yang paling penting adalah Jangan lupa mencantumkan tanggal pembuatannya, karena terkadang kita lupa apalagi jika kita membuat sering sering, apalagi saat harga tomat murah meriah. Jadi tanggal pembuatan ini wajib kita tulis di bungkus nya…pakai saja spidol permanent 

Demikianlah cara membuat saus sambal homemade yang enak, higienis dan sehat serta bisa diatur tingkat kepedasannya, dan pastinya lebih murah dari pada anda beli di toko ya…. ^_^

Leave A Reply

Your email address will not be published.