Konfigurasi VoIP Menggunakan Asterisk di Debian

0 5
Cara Install dan Konfigurasi VoIP di Debian – Asterisk merupakan software VoIP( Voice Over Internet Protokol ) yang digunakan untuk komunikasi antara komputer client dan server yang disediakan oleh IP PBX. Dalam instalasi dan konfigurasi Asterisk / VoIP hal yang diperlukan yaitu :
  • Asterisk yang akan di instal pada debian sebagai server untuk mengatur nomer telephone.
  • Software X-Lite versi 5.0 yang merupakan software yang akan kita gunakan untuk komputer 1 dan 2.

Instalasi Jaringan

Berikut merupakan langkah-langkah dalam instalasi dan konfigurasi VoIP dengan menggunakan asterisk, pertama buka debian CLI. Kemudian kita buat alamat static untuk debian, kita beri alamat 192.168.2.2, dan pastikan itu menggunakan jaringan adapter ter-bridge.

auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.2.2
netmask 255.255.255.0
network 192.168.2.0

Selelah itu save, dan setelah itu kita restart jaringan, dengan mengetikan perintah konfigurasi /etc/init.d/networking restart. Kita lanjutkan dengan membuat alamat ip static address di windows, kemudian berikan alamat 192.168.2.3 (anda dapat merubah sesuai kebutuhan anda), untuk mengaturnya anda dapat pergi ke internet protokol version 4 pilih ” user the following IP address ” lalu isikan ip address, subnet mask yaitu 255.255.255.0 ( karena saya menggunakan /24 ) dan biarkan default gateway kosong.

Instalasi Dan Konfigurasi Asterisk

Setalah debian dan windows telah diberikan ip address, ubah IP Address ke static dan ubah jaringan ke Adapter-Terbridge juga pastikan antara IP debian dan windows bisa saling ping. Setelah itu kita lakukan penginstalan asterisk pada dvd 2.

Baca Juga : Konfigurasi VPN Server Debian 8, Pengertian & Fungsinya

Sebelumnya saya telah memasukan dvd 123 pada vm ware saya, dengan mengetikan perintah konfigurasi ” apt-get install asterisk “. Setelah itu kita lakukan konfigurasikan pada Konfigurasi Data Account ( Pada /etc/asterisk/sip.conf ), dengan perintah konfigurasi seperti perintah dibawah ini.

[general]
port = 5060
bindaddr = 0.0.0.0
context=others
[911]
type=friend
context=tet
secret=aldi
host=dynamic
[021]
type=friend
context=tet
secret=aldi
host=dynamic

Setelah itu konfigurasi pada Konfigurasi Dial Plan (Pada /etc/asterisk/extensions.conf), langkah ini bertujuan untuk melengkapi konfigurasi pada SIP.conf agar nomer yang telah dikonfigurasi dapat di pakai dalam aplikasi x-lite nanti.


[others]
[myphones]
exten => 911,1,Dial(SIP/911)
exten => 021,1,Dial(SIP/021)
Setelah melakukan konfigurasi pada SIP.conf dan Extention.conf lalu kita restart asterisk-nya dengan mengetikan perintah “ service asterisk restart “. Kemudian kita instal X-Lite 5.0 di Windows kita, setelah ter-instal kita masukan settingan seperti gambar dibawah ini. Kita masuk ke softphone lalu ke pengaturan SIP account. Isikan user id, domain (sama seperti di debian) dan password. 021 adalah user id saya dan 911 adalah user id computer Client 2. Lalu klik Ok.
Untuk bisa saling berkomunikasi pada komputer client dengan server diperlukan settingan juga pada aplikasi x-lite yang ada pada komputer client dengan nomer yang telah kita buat pada konfigurasi dial di extensions.conf. Berikut merupakan contoh jika asterisk dapat berjalan dengan lancar.
Lakukan langkah demi langkah dengan runtut agar terhindar dari kelasalah.Ok sekian dari untuk artikel Instalasi dan konfigurasi VoIP Menggunakan Asterisk, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermafaat.
Leave A Reply

Your email address will not be published.