Kenapa Headset Tidak Ada Suaranya?

Kenapa Headset Tidak Ada Suaranya – Anda memakai sepasang headset Bluetooth favorit Anda, alihkan pengaturan Bluetooth ke AKTIF, luncurkan Spotify atau YouTube, lalu tekan PLAY. Beberapa detik kemudian, Anda menyadari tidak ada suara yang keluar dari headset Anda. Masalah ini terkadang cukup menjengkelkan, karena tidak ada suara yang keluar dari headset Bluetooth, bahkan saat terhubung. Apa yang terjadi? kenapa headset tidak ada suaranya?

Pada artikel ini, kita akan melihat berbagai alasan mengapa headset Bluetooth Anda tidak mengeluarkan suara apa pun, walau sudah ada notifikasi “Connected”. Lebih penting lagi, Montirbox akan berbagi dengan Anda beberapa tip dan trik untuk membuatnya berfungsi kembali, baik Anda menggunakan ponsel atau PC. Inilah beberapa alasan dan solusi kenapa headset tidak ada suaranya.

Kenapa Headset Tidak Ada Suaranya

Cara Memperbaiki headset Bluetooth yang terhubung tetapi tidak ada suara di PC

Ada beberapa kemungkinan alasan kenapa headset tidak ada suaranya saat terhubung ke PC melalui Bluetooth. Berikut ini adalah beberapa skenario paling umum dan perbaikan yang sesuai sehingga Anda dapat mengaktifkan dan menjalankan kembali headset Bluetooth Anda.

Aktifkan Bluetooth Support Service

Bluetooth Support Service memungkinkan Windows untuk menemukan dan memasangkan dengan perangkat Bluetooth. Menonaktifkannya dapat menyebabkan headset Bluetooth berhenti berfungsi dengan benar atau tidak terdeteksi selama proses pemasangan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan Bluetooth Support Service:

1. Pada keyboard, tekan Windows Key + R untuk meluncurkan kotak dialog Run.  

2, Ketik services.msc lalu tekan Enter.

3, Dari daftar, cari Bluetooth Support Service. Klik dua kali di atasnya.

4. Pada daftar drop-down, pilih Outomatic.

5. Klik Start di bawah Service Status. Kemudian, tekan Apply dan OK setelah selesai.

6. Restart PC Anda. Setelah boot, coba pairing headset Bluetooth Anda. Putar musik untuk memeriksa apakah masalah telah diperbaiki.

Setel perangkat ke default playback

Satu pengaturan umum yang diabaikan adalah perangkat pemutaran yang dipilih saat ini. Misalnya, Anda dapat memasangkan headset Bluetooth dengan benar tetapi lupa mengalihkan opsi perangkat pemutaran dari speaker laptop ke headset Bluetooth. Ini akan menyebabkan Windows tetap menggunakan speaker laptop Anda sebagai output suara.

Berikut cara mengaturnya dengan benar untuk headset Bluetooth Anda:

1. Pada Kotak Pencarian Windows, ketik Control Panel. Tekan Enter.

2. Klik Hardware & Sound. Di halaman berikutnya, pilih Sound.

3. Pilih headset Bluetooth Anda pada daftar.

4. Klik pada “Set Default”. Kemudian, tekan Terapkan dan OK.

5. Uji apakah itu berfungsi dengan memutar file audio dari PC Anda.

Periksa level volume Anda

Pemeriksaan cepat pada sistem tray untuk melihat apakah ada cukup volume yang keluar dari PC, itu harus menjadi salah satu hal pertama yang Anda lakukan saat memecahkan masalah seperti ini. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik ikon Volume di sudut kanan bawah desktop. 

2. Anda mungkin memiliki lebih dari satu perangkat pemutaran, jadi pastikan untuk memilih headset Bluetooth dari daftar.

3. Sesuaikan volume sesuai dengan menaikkan slider ke kanan. 

4. Atau, Anda cukup menekan tombol Tambah Volume di keyboard Anda. Biasanya ditempatkan bersama dengan tombol fungsi.

Perbarui Driver Audio Anda

Bagi yang tidak terbiasa, driver adalah serangkaian instruksi yang digunakan Windows untuk mengirim dan menerima data antara aplikasi dan perangkat keras. Driver audio yang rusak atau kedaluwarsa dapat menyebabkan headset Bluetooth Anda tidak berfungsi dan gagal. Berikut cara memeriksa apakah Driver Audio Windows Anda berfungsi dengan baik dan cara memperbaruinya.

1. Klik kanan pada tombol Start Windows dan pilih Device Manager. Di jendela baru, klik Sound, Video, dan Game controllers.

2. Klik dua kali pada headset Bluetooth Anda.

3. Klik pada tab “Driver” lalu pilih “Update Driver”.

4. Pada halaman berikutnya, Anda akan ditanya apakah Anda ingin Windows secara otomatis mencari perangkat lunak driver yang diperbarui atau melakukannya secara manual. Pilih “Search automatically for updated driver software”.

5. Windows akan mencari komputer Anda dan internet untuk perangkat lunak driver terbaru untuk headset Bluetooth Anda.

6. Setelah selesai, itu akan memungkinkan Anda memperbarui ke driver baru atau menganggap bahwa perangkat Anda sudah menggunakan yang terbaru. Jika yang terakhir, lewati ke tip berikutnya. Jika tidak, ikuti petunjuk berikutnya untuk memperbarui ke driver baru.

Jalankan Troubleshooting Tool

Windows memiliki alat pemecahan masalah bawaan untuk memperbaiki segala macam masalah. Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa apakah ada masalah dengan headset Bluetooth Anda. Inilah cara Anda dapat menggunakannya untuk memeriksa apakah headset Bluetooth Anda dalam kondisi prima.

1. Pada Kotak Pencarian Windows, ketik Audio.

2. Klik ‘Find and Fix Problems with Playing Sound’

3. Pada kotak dialog yang akan muncul, klik Next.

4. Pada kotak dialog yang akan muncul, klik Next.

5. Pemecah masalah akan menjalankan beberapa tes dan menampilkan semua hasil di halaman berikutnya.

6. Tindakan yang disarankan akan ditampilkan jika menemukan kesalahan dengan headset Bluetooth Anda dan Anda akan diberikan opsi untuk menerapkan perbaikan atau lewati langkah ini.

Periksa masalah audio di Device Manager

Device Manager di Windows adalah panel utama Anda untuk melihat dan mengontrol semua perangkat keras yang terpasang dan terpasang ke komputer. Untuk masalah khusus ini, kami akan memeriksa bagian Sound, Video, dan Game Controllers untuk memastikan semua pengaturan dan koneksi diaktifkan. Berikut langkah-langkahnya:

1. Klik kanan pada tombol Start Windows lalu pilih Device Manager dari daftar yang akan muncul.

2. Klik pada Sound, Video, dan Game Controllers.

3. Pilih High-definition Audio Device dari daftar dan klik dua kali di atasnya.

4. Jika semuanya berfungsi dengan baik, seharusnya tertulis “Disable Device” pada tab Driver. Di sisi lain, jika bagian ini menunjukkan “Enable Device”, itu berarti sedang dimatikan. Jika demikian, klik Aktifkan lalu tekan OK setelah selesai.

5. Lakukan langkah yang sama di atas untuk headset Bluetooth Anda. Ini untuk memastikan bahwa itu tidak dinonaktifkan secara tidak sengaja.

Cara Memperbaiki headset Bluetooth yang terhubung tetapi tidak ada suara di Android

Android mendominasi pangsa pasar di seluruh dunia dalam hal pengguna lebih dari 80% — yang berarti ada kemungkinan besar Anda menggunakannya. Jika Anda tidak dapat mendengar apa pun dari headset Bluetooth saat menyambungkannya ke ponsel Android, kiat berikut dapat membantu Anda memperbaikinya

Naikkan volume media Anda

Terkadang, yang diperlukan hanyalah gerakan sederhana dari volume rocker untuk membuat headset Bluetooth Anda mengeluarkan suara lagi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menaikkan atau menurunkan volume pada smartphone Android Anda.

1. Tekan tombol +Volume pada ponsel cerdas Anda. Ini akan segera meningkatkan volume headset Bluetooth Anda.

2. Atau, Anda dapat pergi ke Settings lalu pindahkan penggeser untuk Volume Media ke kanan untuk menaikkan suara.

Aktifkan audio media

Android memungkinkan pengguna memilih output audio mana yang akan digunakan perangkat Bluetooth. Secara default, ini diatur ke Telepon dan Media. Ini berarti bahwa ketika headset Bluetooth Anda terhubung ke ponsel cerdas Anda, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan panggilan dan mendengarkan media (musik, video, dll.,).

Jika Anda tidak dapat mendengar suara dari headset Bluetooth, pastikan pengaturan Media Audio diaktifkan.

1. Dengan headset Bluetooth yang terhubung, buka Settings, dan klik Bluetooth.

2. Pilih headset Bluetooth Anda dari daftar.

3. Pada layar berikutnya, pastikan Media Audio AKTIF.

Nonaktifkan pemindaian perangkat terdekat

Fitur ini digunakan untuk meningkatkan akurasi GPS dengan mengizinkan aplikasi dan layanan memindai perangkat Bluetooth kapan saja bahkan saat Bluetooth dinonaktifkan.

Ketika fitur ini diaktifkan, itu bisa membuat ponsel Android Anda terus-menerus memindai perangkat Bluetooth terdekat. Ini dapat menyebabkan koneksi headset Bluetooth Anda saat ini terputus, berpotensi memotong audio apa pun yang Anda dengarkan.

Sebagai tambahan, mematikan fitur ini juga mengurangi konsumsi baterai. Berikut cara menonaktifkannya di smartphone Android Anda.

1. Buka Pengaturan, dan klik ‘Location’.

2. Hidupkan pengaturan Lokasi. Opsi Pemindaian Wi-Fi dan Bluetooth akan muncul. Pilih ‘Improve accuracy’

3. Di halaman berikutnya, pilih settingan untuk mematikan fitur pemindaian Bluetooth.

Setel ulang pengaturan jaringan

Kenapa headset tidak ada suaranya? headset Bluetooth tidak mengeluarkan audio ada kemungkinan karena pengaturan jaringan di ponsel cerdas Anda telah rusak. Pengaturan jaringan memungkinkan Android menentukan perangkat mana yang dapat terhubung ke ponsel cerdas Anda dan bagaimana caranya. Seiring waktu, pengaturan ini dapat menjadi rusak, yang menghalangi headset Bluetooth Anda untuk dipasangkan dengan benar dengan ponsel cerdas Anda.

Berikut cara mengatur ulang pengaturan jaringan Anda:

1. Di ponsel cerdas Anda, buka aplikasi Settings.

2. Di bilah pencarian, ketik “Reset” atau “Network”. Tekan pencarian. Kemudian, pada hasilnya, temukan entri yang mengatakan “Reset Network settings”. Perhatikan bahwa frasa atau metode yang tepat untuk mencapainya dapat bervariasi dari satu ponsel ke ponsel lainnya.

3. Klik tombol Reset dan konfirmasi.

Cara Memperbaiki headset Bluetooth yang terhubung tetapi tidak ada suara di iOS

Pengguna Apple juga mengalami masalah yang sama dengan headset Bluetooth mereka dari waktu ke waktu. Faktanya, ada banyak laporan pengguna iOS dan Airpods tidak mendengar suara yang keluar dari headset mereka.

Hapus Volume Level Limit Musik

iOS memiliki opsi Volume Limit dalam pengaturan sehingga pengguna dapat mengatur batas volume maksimum yang diinginkan pada perangkat. Namun, jika terlalu rendah, ini dapat memengaruhi output volume pada headset Bluetooth Anda. Untuk menonaktifkan fitur ini, lakukan hal berikut:

1. Buka Pengaturan, lalu klik Sound & Haptics

2. Di halaman berikutnya, ketuk “Headphone Safety and Reduce Loud Sounds”.

3. Pindahkan penggeser sepenuhnya ke kanan (100%), atau tergantung pada preferensi Anda.

Update Perangkat Anda

Memperbarui ke versi iOS yang lebih baru dapat membantu memperbaiki masalah suara Anda saat menggunakan headset Bluetooth. Terutama saat Anda menggunakan Apple AirPods. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbarui iOS ke versi terbaru untuk iPhone atau iPad Anda.

1. Buka Settings, lalu klik Umum.

2. Klik Software Update

3. Ini akan menunjukkan kepada Anda jika ada pembaruan yang tersedia. Jika ya, Anda akan memiliki opsi untuk Mengunduh dan Menginstal. Klik untuk mulai mengunduh dan menginstal pembaruan iOS terbaru. Ini akan secara otomatis restart sesudahnya.

4. Coba sambungkan kembali headset Bluetooth Anda dan putar musik untuk memeriksa apakah masalah telah diperbaiki.

Putuskan dan sambungkan kembali headset Bluetooth Anda

Memutuskan dan menyambungkan kembali headset Bluetooth Anda memungkinkan koneksi baru yang “Fresh”, secara efektif menyelesaikan masalah konektivitas apa pun yang dapat menyebabkan masalah tanpa suara. Coba langkah-langkah berikut di iOS saat berikutnya Anda tidak mendapatkan audio apa pun dari headset Bluetooth Anda.

1. Buka Settings, lalu ketuk Bluetooth. 

2. Matikan Bluetooth dengan mengklik tombol sakelar hijau di sebelah kanan.

3. Matikan headset Bluetooth Anda dengan mengetuk tombol sakelar. Kemudian, hidupkan lagi.

4. Sambungkan kembali headset Anda dan coba putar audio untuk memeriksa apakah itu memperbaiki masalah.

Nonaktifkan Automatic Ear Detection (untuk Airpods)

Fitur ini memungkinkan AirPods berhenti sejenak saat sensornya mendeteksi bahwa Anda menarik salah satu earbud dari telinga Anda. Saat kedua earbud dilepas, semua audio berhenti sepenuhnya. Meskipun ini membantu dalam beberapa kasus, itu berarti Anda tidak akan mendapatkan suara apa pun dari AirPods Anda jika sensornya bekerja.

Apabila tidak mengeluarkan suara apa pun dari AirPods Anda meskipun telah tersambung dengan benar, coba langkah-langkah berikut.

1. Buka Pengaturan —-> Bluetooth 

2. Ketuk “i” di sebelah AirPods Anda untuk melihat opsi.

3. Pada layar berikutnya, matikan fitur Automatic Ear Detection dengan mengklik tombol hijau.

Periksa headset Anda

Jika Anda sudah mencoba setiap tips yang kami sebutkan di atas tetapi masih tidak berhasil mengeluarkan suara dari headset Bluetooth Anda, mungkin masalahnya ada pada headset itu sendiri.

Cara tercepat untuk memeriksa apakah headset Bluetooth Anda yang harus disalahkan adalah dengan menghubungkannya ke gadget atau komputer lain untuk melihat apakah mereka akan berfungsi atau tidak.

Anda juga dapat mencoba mengatur ulang cepat untuk melihat apakah itu memperbaiki masalah. Coba cara dibawah ini.

Lakukan Reset headset Bluetooth cepat

Dalam kebanyakan kasus, Anda dapat dengan mudah mengatur ulang headset Bluetooth Anda melalui langkah-langkah berikut:

1. Pergi ke tombol power.

2. Tekan selama beberapa detik.

3. Semua indikator LED harus mati menandakan perangkat dalam keadaan OFF.

4. Tekan tombol power lagi selama beberapa detik untuk mem-bootnya kembali.

Cukup mudah, bukan?

Namun meskipun langkah-langkah di atas akan bekerja hampir sepanjang waktu, beberapa merek dan model memerlukan serangkaian langkah yang berbeda untuk menyetel ulang headset Bluetooth. Selain memperbaiki masalah tidak adanya suara dari headset Anda, menyetel ulang headset Bluetooth Anda juga dapat memperbaiki masalah saat lampu headset tidak berhenti berkedip merah dan biru, sound delay, atau gangguan audio 

Jika semuanya gagal, Ganti headset Anda

Anda mungkin tidak ingin mendengarnya, tetapi jika Anda terus-menerus tidak mendapatkan suara apa pun dari headset Bluetooth Anda, mungkin inilah saatnya untuk menggantinya. Mudah-mudahan, Anda masih memiliki garansi sehingga Anda dapat dengan mudah meminta penggantian. Jika tidak, maka Anda benar-benar tidak punya pilihan lain selain membeli headset Bluetooth baru. 

Baca Juga : Kenapa Headset Bluetooth Tidak Terdeteksi?

Kesimpulan

Kenyamanan dan kebebasan (dari kabel) adalah apa yang membuat headset Bluetooth bersinar di atas rekan-rekan kabelnya. Sayangnya, itu ada harganya — dalam bentuk gangguan sesekali yang disebabkan oleh teknologi Bluetooth yang (masih) tidak sempurna.

Tapi sementara kita semua masih menunggu pengalaman mendengarkan nirkabel yang sempurna, kami berharap tips yang kami bagikan di sini akan membantu memperbaiki beberapa masalah kenapa headset tidak ada suaranya, seperti yang Anda alami saat ini.

Oke sobat Montirbox, itu tadi beberapa tips dan pembahasan mengenai kenapa headset tidak ada suaranya. Semoga seluruh info di artikel ini dapat membantu memecahkan masalah yang Anda hadapi.