Instalasi Dan Konfigurasi Proxy Server di debian 8 Terbaru !!!

0 5

Konfigurasi Proxy Server di debian 8 – Proxy server merupakan sebuah server yang menyediakan layanan untuk menghubungkan antara komputer dengan meneruskan setiap permintaan user dari server satu ke server lainnya yang terdapat pada jaringan internet. Proxy server memiliki 3 fungsi utama yaitu Fungsi conecting sharing Fungsi filtering ( sebagai firewall, dapat memblock website yang kita inginkan ), Fungsi caching. Berikut merupakan langkah instalasi dan konfigurasi proxy server :

Konfiguarasi Jaringan DHCP Server di Debian

Langkah pertama kita akan mensetting konfigurasi DHCP karena saya menginginkan alamat ip dapat secara otomatis diberikan kepada client dan agar mempercepat proses konfigurasi. Jika anda masih bingun dalam melakukan konfigurasi dhcp.

Baca Juga : Instalasi dan konfigurasi DHCP server

Instalasi dan Konfigurasi Squid3

Sebelum kita dapat menggunakan aplikasi proxy server squid kita perlu melakukan proses instalasi package squid dengan mengetikkan perintah apt-get install squid3 “. Sebelum itu anda harus memasukkan DVD 2 yang diminta untuk melakuakan instalasi squid3.

Kemudian edit file /etc/squid3/squid.conf dengan mengetikkan perintah “ nano /etc/squid3/squid.conf ” dan ketikan konfigurasi di bawah ini.

acl local src 172.16.10.0/24 
acl blokir dstdomain “/etc/squid3/domain” 
acl blokkey url_regex -i “/etc/squid3/kata” 
acl download urlpath_regex .mp3$ .avi$ .mkv$ .3gp$ .mp4$ 

http_access deny blokir
http_access deny blokkey
http_access deny download

Lalu ubah baris http access deny all menjadi http access allow all dan hilangkan tanda # dalam squid.conf . Coba untuk melakukan ping dengan mengetikan perintah “ ping 172.16.10.6 ” ip tersebut merupakan ip client yang telah diberikan melalui dhcp server. Cek apakah squid berjalan atau tidak dengan memasukan perintah “ systemctl status rc.lokal ”.

Jika sudah mendapatkan peringantan berupa tulisan hijau “ active (exited) ” kemudian bukalah konfigurasi pada rc.lokal dengan perintah ” nano rc.local ” dan ketikan konfigurasi seperti gambar di bawah ini.

iptables -t nat -A PREROUTING -s 172.16.10.0/24 -p tcp –dport 80 -j REDIRECT -$ exit 0 

Setelah itu buka konfigurasi pada sysctl.conf dengan menggunakan perintah nano /etc/sysctl.conf dan pada bagian forwading for IPv4, ketikan konfigurasi dibawahnya dengan perintah “ net.ipv4.ip forward=1 ” tampa # . Ketikkan “ squid3 -z ” (pakai spasi) untuk memastikan bahwa  squid sudah berjalan, jika berjalan biasanya akan mencul peringatan “ Squid is already running ! Process ID 775 ”.

Baca Juga : Cara Instalasi dan Konfigurasi Mail Server di Debian

Mengatur alamat website yang akan di block

Setelah itu bukalah konfigurasi squid3 dengan mengetikkan konfigurasi “ nano /etc/squid3/domain ” dan isikan alamat proxy yang akan di block nantinya, tenang sebelumnya teman memang tampilan halaman pertama kosong hitam untuk itu kita beri alamat alamat website yang akan di block.
Contoh :

.jd.id
.kucing.com
youtube.com

Cobalah untuk menguji pada Client dengan membuka control panel > network and interface > network conetion, kemudian buka ethernet dan cek apakah sudah mendapatkan ip dhcp dari server yang kita buat sebelumnya. lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini.

Kemudian untuk mengecek coba lakukan ping di Command prompt. Lalu buka browser yang terdapat di komputer client. Lalu coba isikan alamat domain yang kira block dari server proxy, pada kasus ini kita akan mengakses alamat  jd.id dan jika muncul gambar seperti contoh dibawah maka instalasi dan konfigurasi pada proxy server sudah berhasil.

Proxy Server sangat di perlukan untuk memblock situs website yang dirasa dapat menimbulkan dampak negatif bagi banyak orang. Ok sekian untuk artikel Instalasi Dan Konfigurasi Proxy Server di debian 8 hari ini semoga dapat bermanfaat dan kurang lebihnya saya mohon maaf, jika terdapat kesalahan mohon koreksinya.
Leave A Reply

Your email address will not be published.