Instalasi dan Konfigurasi NTP Server pada Debian 8

0 4

Cara Install dan Konfigurasi NTP Server pada Debian – NTP merupakan singkatan dari Network Time Protokol. NTP merupakan sebuah protokol yang ditujukan untuk mensingkronisasikan waktu tanggal dan tahun pada server agar sama dengan semua komputer yang terhubung pada server tersebut. Baik dalam jaringan internet maupun intranet. Berikut merupakan langkah-langkah dalam Instalasi dan Konfigurasi NTP Server pada Debian :

Konfigurasi NTP Server pada Debian 8

Konfigurasi IP address

Langkah pertama  buka debian CLI, kemudian kita buat alamat static untuk debian, saya beri alamat 192.168.2.2 dengan mengetikan perintah ” nano /etc/network/interfaces “, dan pastikan itu menggunakan jaringan adapter hanya host.

Untuk melakukan konfigurasi jaringan ketikan perintah Ketikan nano /etc/network/interfaces kemudian lakukan konfigurasi ip address.

auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.2.2
netmask 255.255.255.0
network 192.168.2.0

Perlu diketahui sebelumnya penggunaan eth1 dapat disesuaikan dengan port ethernet yang anda gunakan contoh (eth0, eth1, eth2). Selelah itu save, dan setelah itu kita restart jaringan, dengan memasukan perintah ” service networking restart “.

Kemudian membuat alamat ip address di windows pada internet protokol version 4 kemudian berikan alamat ip address 192.168.2.3, subnet mask 255.255.255.0, default gateway 192.168.2.2 (ip pada debian). Setalah debian dan windows telah diberikan ip address, setelah itu lakukan pengecekan jaringan dengan cara menge-ping kedua ip tersebut. Baik dari windows maupun debian.

Konfigurasi pada NTP

Setelah kita mengatur jaringan kedua sistem operasi, lalu lakukan pengistalan ntp server yang berada pada dvd 1 debian, dengan mengetikan ” apt-get install ntp “. Setelah melakukan pengistalan ntp server dan berhasil lalu kita ketikan perintah ” nano /etc/ntp.conf ” untuk membuka konfigurasi ntp server. Setelah itu mulai mengkonfigurasi ntp server dimulai mengkonfigurasi  dengan menghilangkan tanda # pada server dan fudge dan menambahkan perintah :

server 127.127.1.0
fudge 127.127.1.0 stratum 1

Setelah aturan hapus tanda pagar (uncomment) pada baris script “#restrict ..”, kemudian ganti “192.168.2.0” dan “255.255.255.0” dengan network dan netmask yang kamu gunakan pada komputer server tersebut, serta ganti kata ”notrust” dengan “nomodify notrap”. contoh perintah ” restrict 192.168.2.0 mask 255.255.255.0 nomodify notrap “.

Konfigurasi NTP Server pada Debian 8

Setelah itu simpan ctrl+x y , kemudian restart ntp, dengan memasukan perintah ” service ntp restart “. Setelah di restart lalu kita coba buka dengan perintah ntpq -pn. Jika sudah seperti gambar dibawah ini itu tandanya sudah berhasil terinstal.

Konfigurasi Date and Time pada Windows

Setelah itu kita ketikan perintah ” dpkg-reconfigure tzdata ” pada Debian. Kemudian pilih kawasan jakarta karena kita berada di indonesia. Untuk memastikan sama waktu pada debian dan windows. Setelah itu kita ke control panel lalu pilih lalu pergi ke Date and Time kemudian klik Internet Time Setting.

Lihat Juga : Cara Konfigurasi SSH Server Debian 8

Setelah itu klik change setting lalu isikan ip debian yang kita buat sebelumnya yaitu 192.168.2.2 setelah itu klik update now lalu klik ok, lakukan dua atau 3 kali sampai successfully. Jika sudah success berarti sudah berasil. Hasil pada Windows (client) dan Debian Server.


NTP Server berguna untuk melakukan pengaturan waktu yaitu dengan melakukan singkronisasi antara waktu yang ada di server dengan waktu yang ada di komputer client, dalam melakukan konfigurasi NTP SERVER kita harus mengkonfigurasi dengan akurat dan tepat. sekian untuk artikel Instalasi dan Konfigurasi NTP Server pada Debian semoga dapat bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.