Instalasi dan konfigurasi FTP Server di Debian

0 3
Cara Install dan Konfigurasi FTP Server di Debian 8 dan 9 – FTP ( File Transfer Protokol ) digunakan untuk mempermudah dalam melakukan trasfer file antara windows dan linux, kita dapat menggukana software proftp yang ada di Debian. FTP merupakan protokol yang digunakan untuk mempermudah dalam proses transfer file tertama antara windows dan debian, mempermudah saat kira meng-upload ataupu men-download.

Konfigurasi IP address pada Debian dan Windows


Berikut merupakan langkah-langkah Instalasi dan konfigurasi FTP Server di Debian, Langkah pertama buka debian CLI. Kemudian kita buat alamat static untuk debian, saya beri alamat 192.168.2.2, dan pastikan itu menggunakan jaringan adapter hanya host.


Instalasi dan konfigurasi FTP Server di Debian

auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.2.2
netmask 255.255.255.0
network 192.168.2.0

Selelah itu save, dan setelah itu kita restart jaringan. dengan memasukan perintah ” service networking restart “. Selelah itu membuat alamat ip address di windows, saya berikan alamat 192.168.2.3, subnet mask 255.255.255.0, dan untuk default gateway 192.168.2.2 (seperti ip pada debian). Setalah debian dan windows telah diberikan ip address, setelah itu lakukan pengecekan jaringan dengan cara menge-ping kedua ip tersebut. Baik dari windows maupun debian.

Konfigurasi FTP


Pertama tama install proftpd  sebagai software FTP server.dengan mengetik “apt-get install proftpd” pada dvd 2, kemudian anda akan dimintai persetujuan,ketik “y ” untuk melanjutkan. Setelah itu akan ada pertanyaan seperti dibawah ini,pilih “standalone” lalu enter. Kemudian konfigurasi file proftpd.conf dengan mengetik “nano /etc/proftpd/proftpd.conf” seperti dibawah ini. Kemudian cari server namenya dan ubah namanya menjadi domain ftp anda.

ServerName “aldipradana.com”
ServerType  standalone
DeferWelcome off

Kemudian pada bagian paling bawah tambahkan perintah seperti yang ada di bawah dan tentukan usernya sesuai dengan username saat pertama kali login. Langkah ini digunakan untuk melakukan authentication atau melakukan pengamanan pada folder sharing pada server.


Instalasi dan konfigurasi FTP Server di Debian

<Anonymous /fileftp>
user aldipradana
</Anonymous>

Ketik “ /etc/init.d/proftpd restart ” untuk merestart proftpd-nya. Buatlah direktori tempat file-nya (nama direktori sama dengan nama yang ada disamping script anonymous) dengan mengetikan perintah ” mkdir /fileftp “. Kemudian Ketikan konfigurasi ” chmod -R 777 /fileftp ” agar file-nya dapat diread,diwrite,diexecute. Lalu buatlah direktori dengan konfigurasi ” mkdir testftp “.



Pengujian pada browser windows


Kemudian bukalah browser anda dan ketik ftp://domain dengan domain atau ip anda.dan masukan password dan username anda jika di minta.dan akan ditampilkan direktori yang berada di debian(folder fileftp).


Langkah ini di tujukan untuk mengecek apakah subdomain pada ftp. Saya menggunakan domain karena saya telah melakukan konfigurasi dns server. Jika belum anda dapat mengetikan alamat ip address pada debian server. Contohnya yaitu ftp://192.168.2.1.
Tahap terahir yaitu pengecekan transfer file menggukan winscp, masukan username dan password root pada debian kalian masing-masing. setelah itu anda dapat melakukan pertukaran file antara windows dan linux cukup dengan drag and drop file yang akan kalian kirim atau terima.

Dalam mengkonfigurasi FTP SERVER kita harus mengkonfigurasi dengan akurat dan tepat. FTP merupakan protokol yang digunakan untuk mempermudah dalam proses transfer file tertama antara windows dan debian. Sekian dari artikel Instalasi dan konfigurasi FTP Server di Debian semoga dapat bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.