Instalasi Dan Konfigurasi CMS WordPress di Debian

Konfigurasi CMS WordPress di Debian – Kali ini saya akan berbagi ilmu seputar CMS. CMS (Content Management System) Adalah sebuah aplikasi website yang berguna untuk memudahkan dalam mengelola konten dalam sebuah website/blog tanpa harus belajar lebih tentang bahasa pemrograman web yang rumit hehe.
WordPress merupakan salah satu CMS ( Content Management System ) bersifat open source yang digunakan untuk membuat website. Sifatnya yang open source membuat WordPress memiliki banyak komunitas dan dukungan. Berikut merupakan langkah-langkah Instalasi Dan Konfigurasi CMS WordPress di Debian  :

Instalasi CMS WordPress

Langkah pertama  buka debian CLI, Kemudian kita buat alamat static untuk debian, saya beri alamat 192.168.2.2, dan pastikan itu menggunakan jaringan adapter hanya host, dan siapkan juga dvd 1 2 3 untuk mengistal paket paket yang akan kita gunakan nantinya. 

auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.2.2
netmask 255.255.255.0
network 192.168.2.0

Selelah itu save, dan setelah itu kita restart jaringan dengan memasukan perintah ” service networking restart “. Selelah itu buat alamat ip address di windows secara static, saya berikan alamat 192.168.2.3 .

Setalah debian dan windows telah diberikan ip address, ubah IP Address ke static dan ubah jaringan ke Host-Only juga pastikan antara IP debian dan windows bisa saling ping. Langkah selanjutnya Download cms wordpress, di wordpress.org . 

Kemudian lakukan drag and drop pada file drupal dari windows ke debian dengan perantara winscp untuk bisa melakukan transfer file antara windows dan linux kita butuhkan ftp untuk melakukannya. Setelah itu buka dan unzip wordpress. Dengan perintah ” unzip wordpress.zip ” jika kalian tidak bisa melakukan unzip maka kalian instal dulu dengan perintah ” apt-get install unzip “.

Baca : Instalasi dan konfigurasi FTP Server di Debian

Konfigurasi Cms WordPress

Langkah berikutnya pindahkan folder wordpress tersebut ke /var/www folder yang bernama wordpress tersebut dengan menuliskan perintah ” mv /home/aldipradana/wordpress /var/www “.Tambahkan host (wordpress) kedalam virtual host. caranya, ” edit file etc/apache2/enable-site/wordpress.conf ” lalu tambahkan perintah berikut ini tampa menggunakan #.

ServerName aldipradana.com
ServerAdmin webmaster@localhost
DocumentRoot /var/www/wordpress

<Directory /var/www/wordpress>
Options Indexes FollowSysLinks MultiViews ExecCGI
AllowOverride All
Oreder allow,deny
Allow from all
</Directory>

Kemudian tambahkan permission pada pada folder wordpress yang terbentuk pada saat kita extract hasil download tadi. Ketikkan perintah ” chmod -R 777 wordpress ” pada terminal, kemudian klik enter untuk mengeksekusi perintah.

Lalu buka dengan browser dengan alamat 192.168.2.2/phpmyadmin (sebelumnya saya telah menginstal phpmyadmin, mysql), login dengan username dan password yang telah dibuat saat melakukan penginstalan phpmyadmin. Kemudian buat database untuk wordprass. Disini saya berikan nama database dengan nama “wordpressaldi” .

Setelah itu buka di browser dengan alamat 192.168.2.2/wordpress. Lalu Klik let’s go dan isikan form seperti yang telah kita buat pada saat instalasi phpmyadmin lalu submit. Database diisi seperti yang kita buat sebelumnya, submit Kemudian klik Installing Now. Kemudian akan muncul form seperti gambar di bawah ini. Lalu isi semua form sesuai dengan perintah. Lalu klik instal now!

Kemudian jika sudah klik Log in,  Isi form Login, sesuai yang dibuat sebelumnya. Lalu kita akan disajikan tampilan dashboard wordpress. Disana kita dapat membuat web atau membuat front end website dengan mudah dan kita bisa mengedit tema sesuai dengan keinginan pada menu appearance.

Dalam menginstalasi dan mengkonfigurasi CMS WORDPRESS kita harus mengkonfigurasi dengan akurat dan tepat. Dengan menggunakan drupal developer dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website mulai dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Sekian dari artikel Instalasi Dan Konfigurasi CMS WordPress di Debian hari ini semoga dapat bermanfaat.