Cara Setting Youtube Agar Aman Untuk Anak Dibawah Umur

0 5


Setting Youtube Agar Aman Untuk Anak – Hi friend ketemu lagi dengan saya di inponow, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai cara mengatur youtube untuk anak dibawah umur, kenapa saya memberikan informasi artikel mengenai hal ini?

Saya menulis artikel ini dengan tujuan agar kita dapat sama-sama saling menjaga anak, adik, atau manusia yang berada dibawah umur ( bagus benar bahasa ini ) agar terhindar dari tontonan yang tidak baik bagi anak. 
Dimana nantinya ditakutkan akan berdampak pada perilaku anak yang dapat meniru perbuatan yang telah ditonton di youtube.



Jika anda sering membiarkan anak, adik, ponakan anda yang masih dibawah umur dalam menggunakan handphone atau smartphone terlebih lagi jika anak mulai menggunakan youtube. 
Saat anak mulai menonton vidio dari youtube ( kartun misalnya ) sering kali ada saja vidio yang diluar konten yang telah dicari di youtube.
Kemungkinan dapat menampilkan beberapa konten vidio yang tidak baik untuk anak dibawah umur.
Untuk bisa menghindari dari dampak buruk tersebut terdapat beberapa cara yang sangat sederhana akan tetapi memiliki pengaruh yang sangat signifikan bagi pengguna youtube yang masih dibawah umur.

Membuat Akun Youtube Yang Dibawah Umur

Dengan membuatkan akun youtube dengan settingan umur dibawah 17 tahun, secara otomatis kegiatan yang dilakukan anak di internet ( dalam jangkauan google ) akan dibatasi oleh pihak google jika mengakses diluar konten dibawah umur. 

Pihak google akan memblokir sebagian besar konten yang tidak pantas untuk ditampilkan bagi pengguna dibawah umur.

Mengaktifkan Mode Terbatas Pada Akun Youtube

Melakukan langkah pengaktifan mode terbatas pada akun youtube atau google anda dapat membantu untuk menyembunyikan vidio yang memiliki potensi konten dewasa. 

Perlu diperhatikan dengan melakukan langkah ini tidak sepenuhnya pihak youtube dapat melakukan filter 100% akurat, akan tetapi filter ini dapat membatu anda terhindar dari sebagian besar dari jenis konten ini.

Baca juga : Cara Ganti Tema Dark Mode WhatsApp (Android)

Untuk mengaktifkan mode terbatas, pertama buka aplikasi youtube pada smartphone anda.

Pastikan anda telah login dengan akun google anda, kemudian pilih akun ( bagi yang belum tahu icon akun terdapat pada pojok kanan atas ) lalu pilih setelan.
Setelah itu pilih Umum, kemudian pada halaman Umum akan menampilkan beberapa pengaturan yang salah satunya terdapat mode terbatas pada bagian bawah. 
Lalu aktifkan mode tersebut dengan menggeser ke kanan lingkaran hingga linkaran akan berubah warna menjadi biru.

Untuk melakukan langkah pengaktifan pada versi website youtube, anda dapat mengaktifkannya dengan cara, pertama login dulu ke akun google anda. 

Pilih setting, lalu scroll halaman website youtube kemudian pilih pada bagian Restricted Mode lalu pilih on dan kemudian pilih save.

Pengecekan History Tontonan

Anda dapat melakukan pengecekan history penjelajahan youtube setelah anak, adik, ponakan atau manusia dibawah umur memainkan aplikasi youtube baik dari smartphone maupun komputer. 

Langkah ini bertujuan agar kita dapat mengetahui kemana saja anak menonton dan melakukan penjelajahan pada youtube. 
Untuk melakukan pengecekan anda dapat pergi ke menu kemudian pilihlah history.



Peran yang paling penting dalam menjaga anak, adik, ponakan atau manusia dibawah umur yaitu dengan berusaha melakukan pendekatan dengan anak banyak melakukan hal yang positif. 
Kita sama-sama berusaha untuk dapat meningkatkan pengawasan terhadapat anak, adik, ponakan kita.
Semoga kita dapat menggunakan kemajuan teknologi dengan baik dan dapat sebagai sarana pendidikan dan hiburan yang baik bagi kita semua. 
Sekian dari artikel Pentingnya Mengatur Youtube Untuk Anak Dibawah Umur , kuran-lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.
Leave A Reply

Your email address will not be published.