Cara Setting Mikrotik Dengan Winbox Beserta Penjelasan

Cara Setting Mikrotik Dengan Winbox – Kali ini admin akan membahas cara setting mikrotik dengan winbox. Mikrotik merupakan salah satu vendor perangkat keras jaringan yang cukup banyak digunakan. Mikrotik cukup banyak digunakan karena memiliki banyak fitur.

Berikut admin kutip sedikit mengenai perusahaan mikrotik. MikroTik adalah perusahaan Latvia yang didirikan pada tahun 1996 untuk mengembangkan router dan sistem ISP nirkabel. MikroTik sekarang menyediakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk konektivitas Internet di sebagian besar negara di dunia.

Cara Setting Mikrotik Dengan Winbox

Admin akan memberitahu bagaimana cara setting router mikrotik. Untuk bisa melakukan konfigurasi pada mikrotik kita memerlukan aplikasi winbox. Winbox merupakan software yang digunakan untuk memudahkan dalam melakukan pengaturan perangkat jaringan mikrotik seperti router.


Admin akan melakukan setting router mikrotik jenis RB941-2nD. Admin akan memberikan tutorial mulai dari :
  • Cara Setting Username Dan Password Pada Login Mikrotik;
  • Cara Setting IP Address Di Mikrotik;
  • Cara Setting Dhcp Server Di Mikrotik;
  • Cara Mendapatkan Akses Internet di Mikrotik;
  • Cara Membuat Wlan ( Wireless Local Area Network ) Di Mikrotik;
  • Cara Redirect Website Mikrotik.
  • Cara Setting Nama dan Username di Mikrotik
Sebelum memulai dalam melakukan konfigurasi lebih dalam di router mikrotik kita perlu mensetting username dan memberikan password. Agar konfigurasi yang anda lakukan tidak dapat di ubah oleh orang lain.

Pertama hubungkan komputer atau laptop anda ke router mikrotik dengan kabel UTP. Kemudian buka aplikasi winbox kalian > lakukan scan router mikrotik > lalu pilih (klik) mac address router yang akan anda konfigurasi dan klik connect.

Setelah itu akan muncul tampilan winbox. Kita akan ubah nama mikrotik menjadi nama kita masing-masing. Lihat pada tool dibagian kiri, klik tool System > lalu klik Identity > ganti nama MikroTik dengan nama yang lain (bebas).
Lalu kita akan mengubah username dan password login router. Klik System lagi > Klik Users di bagian bawah > lalu klik admin > ubah nama (Bebas) > berikan password dengan klik Password di bagain pojok kanan bawah. > Berikan password dan konfirmasi. Logout winbox anda kemudian login lagi.

Cara Setting Ip address di Mikrotik

Kali ini kita akan membuat 2 ip address yaitu 192.168.100.1/24 dan 192.168.200.1/24. IP 192.168.100.1/24 saya gunakan untuk jaringan berkabel. IP 192.168.200.1/24 saya gunakan untuk jaringan nirkabel (Wireless). Dimana kedua ip tersebut akan menjadi gateway ke jaringan yang berada dibawahnya.

Cara settingnya yaitu klik IP > klik Addresses > klik tombol + biru > isikan kolom Address (192.168.100.1/24) > lalu pilih interfacenya ether2 > klik apply > klik OK. Perlu diperhatikan dalam penggunaan interface ether2 dikarenakan switch untuk membangun jaringan berkabel saya, terhubung pada port ethernet 2 di router mikrotik.

Lanjut kita setting IP yang ke dua. Caranya sama seperti langkah sebelumnya, ip disetting dengan 192.168.200.1/24 dan penggunaan interfacenya yang kita gunakan sebagai Wlan1. Kenapa WLAN? Karena ip tersebut akan kita gunakan sebagai gateway untuk jaringan wireless (tanpa kabel).

Cara Setting DHCP Client di Mikrotik

Sebelum kita membuat dhcp server kita akan membuat dhcp client terlebih dahulu. Dhcp client yang kita buat bertujuan agar router mikrotik kita mendapatkan ip address dari ISP (Internet Service Provider).

Caranya : klik IP > lalu klik DHCP Client > lalu klik tombol + biru > kemudian pilih Interface ether1 > lalu klik apply dan klik OK. Perlu diperhatikan lagi kenapa kita memilih port ether 1? Karena ether 1 merupakan sumber internet dari isp dan ini port khusus untuk akses internet. Pastikan sudah bound dhcp clientnya.

Lanjut kita konfigurasikan dns-nya dengan cara : klik IP > Klik DNS > Anda cukup beri centang pada Allow Remote Request dan biarkan settingan lainnya > klik Apply dan klik OK.

Saya jelaskan sedikit mengenai remote access. Saya kutip dari muhamadfungkyblog remote access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatunetwork sentral dari suatu lokasi.

Cara Setting Dhcp Server di Mikrotik

Lanngkah ini digunakan agar komputer client yang terhubung dengan jaringan ethernet maupun WLAN dapat mendapatkan ip address secara otomatis. Kita buat ip dhcp server sesuai ip address yang kita buat sebelumnya yaitu pada ether2 dan wlan1.

Pengaturan DHCP Server pada ethernet 2 yaitu : klik IP > klik DHCP Server > klik tombol DHCP Setup > untuk DHCP Server interface pilih ether2, klik next > DHCP Address Space, isikan ip network (192.168.100.0/24), klik next > Gateway for DHCP Network, isikan 192.168.100.1 (sama seperti ip address ether2), klik next.

Address to Give out, isikan range ip yang bisa diguanakan (192.168.100.2-192.168.100.50), klik next > DNS Server (biarkan otomatis) klik next > Lease Time (biarkan otomatis), klik next > klik OK.

Baca juga : Pengertian dan Fungsi Router

Pengaturan DHCP Server pada wlan 1 . Caranya sama seperti pengaturan dhcp server pada ethernet yang membedakan hanya interface dan ip yang diguanakan. Interface yang di pilih yaitu Wlan 1. Jika berwarna merah tidak apa-apa itu tandanya belum ada yang terhubung dalam jaringan wireless tersebut.

Ok saya akan jelaskan mengenai range ip yang kita gunakan tadi. Pada ethernet 2 kita setting range ip dengan 192.168.100.2-192.168.100.50. Artinya ip yang dapat kita gunakan yaitu mulai dari 192.168.100.2 sampai 192.168.100.50 anda dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan anda. Tapi jangan sampai lebih dari 254.

Cara Mendapatkan Akses Internet di Mikrotik

Router akan mendapatkan internet lewat jalur port ether 1 yang telah kita setting. Agar router mendapatkan akses internet yaitu dengan cara : klik IP > Pilih firewall > klik Tab NAT > klik tombol + biru > pada tab General cukup 2 konfigurasi yang kita lakukan yaitu Chain pilih scrnat dan Out. Interface pilih ether 1.
Lanjut kita pindah ke Tab Action. Pada Action kita pilih masquerade > klik apply dan klik OK. Pemilihan Masquerade digunakan untuk mengizinkan ip private untuk terkoneksi ke internet dengan menggunakan bantuan sebuah ip public.

Cara Membuat Wlan ( Wireless Local Area Network ) Di Mikrotik

Untuk membuat wlan pada mikrotik dengan cara : klik Interface > klik wlan1 (biasanya di bawah sendiri) > aktifkan wlan dengan cara klik tombol centang biru (enable) > klik 2 kali wlan1 > pindah ke tab Wireless.

Ubah Mode menjadi ap bridge dan ubah SSID yang semulanya Mikrotik menjadi nama yang lain bebas > klik Apply dan klik OK. Seketika wireless anda akan aktif, dan tanpa melalui sebuah autentikasi.

Bagaimana cara memberikan password untuk wireless kita? Caranya : klik IP > klik hotspot > klik Hotspot Setup > pilih hotspot interfacenya dengan wlan1 > klik next terus > Untuk DNS isikan mikrotik.com (bebas) > lalu berikan nama dan password untuk mengakses hotspot anda > klik OK.

Cara Redirect Website di Mikrotik

Contoh kasus kali ini yaitu ketika seorang admin jaringan yang menginginkan jika user mengakses web mikrotik.com akan di alihkan ke web bsnp-indonesia.org. Kita memerlukan konfigurasi pada web proxy dan firewall untuk itu.

Kita mulai, pertama klik IP > klik Web Proxy (berada bawah) > pada tab general centang Enable dan anda dapat mengganti nama webmaster pada Chace Administrator dengan yang lain > klik apply dan OK.

Masih di menu Web Proxy kita klik Access > klik tombol + biru > pada dst. Host isikan *mikrotik.com (web yang ingin dialihkan), Action pilih deny, dan Redirect To isikan web yang ingin menjadi sasaran pengalihan web yaitu bsnp-indonesia.org > klik apply dan OK.
Lanjut lagi pilih IP > klik firewall > klik tab NAT > klik tombol + biru > pada tab general kita cukup konfigurasikan chain = dstnat dan protokol = 6(tcp) > lalu klik tab Action > pilih action :redirect dan to port : 8080 > klik apply lalu klik OK.

Kesimpulan

Melakukan setting router mikrotik di winbox cukup rumit bagi pemula. Perlu waktu untuk memahami konfigurasi mikrotik. Admin hanya memberikan sebagian kecil mengenai konfigurasi mikrotik ini.


Masih ada banyak fitur lainnya yang dimiliki mikrotik. Anda dapat belajar di situs resmi mikrotik yaitu di mikrotik.co.id atau mikrotik.com. Sekian dari Cara Setting Mikrotik Dengan Winbox. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.