Cara Menyimpan Video dari DM Instagram ke Galeri HP

GuruNavara.com – Banyak orang yang bertanya cara menyimpan video dari DM Instagram ke galeri HP Android. Sayangnya, tidak jarang dari mereka yang masih belum tahu cara melakukan hal tersebut. Padahal, untuk mendownload video yang dikirim lewat DM Instagram ke galeri HP ini sangat mudah dilakukan. Bahkan bagi kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk melakukannya.

Terkadang kita menerima kiriman video dari teman, pacar, atau orang lain di DM IG. Kiriman video tersebut dapat diputar langsung dari halaman direct messege Instagram. Akan tetapi, beberapa dari kalian mungkin merasa kurang puas dan berkeinginan untuk menyimpan video tersebut di galeri HP. Misalnya saja, kita ingin membagikan ulang video yang diterima di DM ke akun pribadi. Tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tutorialnya untuk kalian semua. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Cara Menyimpan Video dari DM Instagram ke Galeri HP

Cara Menyimpan Video dari DM Instagram ke Galeri HP
Cara Menyimpan Video dari DM Instagram ke Galeri HP

Instagram merupakan platform berbagi foto dan video dalam bentuk feed yang lagi populer hingga sekarang ini. Instagram yang secara resmi diakuisisi oleh Facebook Inc, berkembang dengan sangat pesat hingga saat ini. Ditambahkan beragam fitur canggih dan menarik, menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang untuk bergabung di dalamnya.

Salah satu fitur penting dalam Instagram yakni Direct Messege atau yang disingkat DM. Melalui DM ini kita memungkinkan untuk saling mengirim pesan ke sesama pengguna Instagram. Berkirim pesan di DM IG juga memungkinkan untuk kita saling mengirim video, baik video postingan ataupun video dari Galeri HP.

Mendapatkan kiriman video lewat DM Instagram, mungkin kamu ingin menyimpan video tersebut ke menu Galeri HP. Sayangnya, masih banyak pengguna Instagram yang belum tahu cara download video dari DM Instagram tersebut. Tidak perlu bingung lagi, pasalnya pada artikel kali ini akan dijelaskan cara simpan video di DM IG tersebut ke memori HP.

Adapun cara menyimpan video dari DM Instagram ke Galeri HP Android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama kamu buka aplikasi Instagram di HP Android. Pastikan kamu sudah login ke akun IG milikmu yang ingin didownload kiriman videonya.
  2. Pada halaman Beranda Instagram, selanjutnya kamu klik ikon Pesan yang ada di pojok kanan atas tampilan.
  3. Daftar chat atau DM akan ditampilkan di sana, kemudian pilih salah satu DM yang ingin didownload video kirimannya.
  4. Pada halaman obrolan / DM tersebut, kamu tekan dan tahan pada kiriman video yang ingin disimpan ke memori internal HP.
  5. Nantinya akan muncul beberapa opsi di sana, selanjutnya pilih opsi Simpan atau Save.
  6. Akan muncul notifikasi yang menyatakan kalau video sudah berhasil disimpan ke penyimpanan HP.
  7. Selesai.

Cara di atas bukan hanya bisa digunakan untuk menyimpan kiriman video di DM Instagram saja. Kamu yang mencari cara menyimpan foto dari DM Instagram juga bisa menerapkan langkah-langkah yang sama seperti di atas. Cukup tekan dan tahan pada foto atau gambar kiriman, lalu klik opsi Simpan.

Cara Melihat Video yang Disimpan dari DM Instagram

Cara Melihat Video yang Disimpan dari DM Instagram
Cara Melihat Video yang Disimpan dari DM Instagram

Sudah berhasil melakukan langkah-langkah di atas, mungkin kamu masih bingung bagaimana cara melihat video yang sudah didownload dari DM Instagram tersebut. Setidaknya ada 2 cara mudah untuk melihat hasil video atau gambar yang didownload dari DM Instagram, di antaranya:

1. Lihat Hasil Video yang Disimpan dari DM Instagram Lewat Menu Galeri

Cara yang pertama untuk melihat hasil kiriman video di DM Instagram yang sudah didownload atau disimpan yakni melalui menu Galeri. Cara ini bisa dibilang yang paling mudah dan praktis, serta tidak memerlukan langkah-langkah panjang. Untuk cara melihat hasil video download-an dari DM Instagram tersebut, yakni:

  1. Buka menu Galeri di HP android milikmu.
  2. Pada kemudian masuk ke tab Album.
  3. Cari dan pilih album Instagram.
  4. Di sana kamu akan melihat foto maupun video yang didownload melalui Instagram, termasuk video dari DM-nya.
  5. Selesai.

Sebenarnya kamu bisa melihat hasil video yang didownload dari DM IG ini langsung di halaman depan menu Galeri. Akan tetapi, terkadang video yang sudah lama didownload akan tertutup oleh file media yang baru didownload setelahnya.

2. Lihat Hasil Video yang Disimpan dari DM Instagram Lewat File Berkas

Cara kedua yakni dengan melihat melalui menu Pengelola File atau File Berkas di HP android. Semua merek maupun tipe HP android sudah dibekali dengan aplikasi bawaan ini. Namun, jika masih belum ada maka kamu bisa mengunduh aplikasi File Manager lewat Google Play Store.

Untuk langkah-langkah melihat hasil video yang didownload melalui DM Instagram tersebut, yakni:

  1. Buka aplikasi File Berkas atau File Manager di HP androidmu.
  2. Kemudian masuk ke menu Memori Internal atau Penyimpanan Internal / Penyimpanan Ponsel.
  3. Selanjutnya masuk ke folder Pictures atau Gambar.
  4. Kemudian masuk ke folder Instagram. Maka di sana kamu sudah bisa melihat file video atau foto yang didownload melalui Instagram tadi.
  5. Selesai.

Kenapa File Video yang Disimpan dari DM Instagram Tidak Muncul?

Kenapa File Video yang Disimpan dari DM Instagram Tidak Muncul?
Kenapa File Video yang Disimpan dari DM Instagram Tidak Muncul?

Ada beberapa kasus pengguna yang tidak dapat menemukan file foto atau video yang sudah ia download atau simpan melalui DM Instagram. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena sistem yang terlambat merespon.

Untuk solusi paling mudahnya cukup dengan melakukan Restart atau Mulai Ulang HP android. Namun, sebelumnya kamu perlu memastikan terlebih dahulu kalau file video di DM Instagram sudah disimpan atau didownload seperti cara di atas. Jika sudah, kemudian bisa lanjut melakukan Restart HP. Setelah Restart biasanya file hasil download dari DM Instagram akan langsung muncul di Galeri maupun Memori Internal.

Itulah tadi cara menyimpan video dari DM Instagram ke Galeri HP android yang mudah dan praktis bisa kamu terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Leave a Comment