Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke hp

Berikut ini merupakan tutorial cara mengaktifkan headset Bluetooth dan menyambungkan headset Bluetooth ke hp

Headset nirkabel mulai mengambil alih pasar, tetapi tidak selalu jelas bagaimana cara mengaktifkan headset bluetooth serta menghubungkannya ke perangkatnya, baik untuk cara menyambungkan headset bluetooth ke hp, komputer, TV, konsol game, atau apa pun. Headset nirkabel telah ada sejak lama, tetapi ketika jack headset menghilang dari ponsel kita, produk Bluetooth menjadi lebih prioritas. 

Tapi bagaimana Anda menghubungkan headset bluetooth baru ke ponsel Anda? Dan jika Anda sekarang telah berinvestasi dalam sepasang headset bluetooth yang sangat keren, selain menyambungkan headset bluetooth ke hp, Anda mungkin juga ingin menggunakannya untuk sesuatu selain ponsel. Misalnya, dapatkah Anda menghubungkannya ke televisi atau konsol game? Di sini Anda mendapatkan semua bantuan yang Anda butuhkan.

Dalam panduan kami, kami menunjukkan cara menghubungkan sepasang headphone nirkabel atau headset bluetooth ke berbagai produk. Kami menemukan beberapa solusi khusus, tetapi titik awalnya adalah Anda harus dapat menggunakan headset favorit Anda di mana pun Anda mau.

Cara Menyambungkan Headset Bluetooth ke hp

Cara kerja headset nirkabel

Ada berbagai jenis teknologi nirkabel untuk headset, tetapi yang paling dominan saat ini adalah Bluetooth. Untuk ponsel dan komputer, dalam praktiknya hanya Bluetooth yang digunakan untuk headset nirkabel.

Bluetooth sendiri tersedia dalam beberapa versi yang berbeda. Versi yang berbeda fokus pada aplikasi yang berbeda, tetapi dalam headset, versi Bluetooth tidak memainkan peran utama. Tetapi menarik untuk mengetahui sesuatu tentang setidaknya dua teknologi terkait Bluetooth.

A2DP (Advanced Audio Distribution Profile), semua headset Bluetooth mendukung ini, tetapi mungkin tidak demikian untuk perangkat yang seharusnya mengirim suara (PlayStation 4 misalnya).

AptX adalah teknik untuk mengompresi audio. Ini memungkinkan kualitas suara yang lebih baik melalui Bluetooth, sementara transfer lebih cepat, misalnya, menarik untuk mendapatkan sinkronisasi sebaik mungkin antara gambar dan suara dalam sebuah film. Agar ini berfungsi, baik headset maupun perangkat yang terhubung harus mendukung teknologi tersebut.

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke hp Android

Menghubungkan sepasang headset Bluetooth ke Android itu mudah dan sesuatu yang didukung oleh semua ponsel dan table, dan didukung oleh sistem. Adapun untuk cara menyambungkan headset bluetooth ke hp android ini pertama sekali Anda Buka menu Settings di hp, temukan menu pengaturan Bluetooth, menu Bluetooth sebagian besar berada di antara opsi pertama atau juga ditempatkan di bawah judul ‘Wireless and Network’. 

Anda juga dapat menggunakan pintasan dengan menyeret ke bawah dari atas layar, tempat Anda akan menemukan pesan dan pintasan, untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode. Karena Anda membutuhkan settingan Bluetooth, tahan tombol Bluetooth dan Anda akan dibawa langsung ke koneksi. Tergantung pada modelnya, telepon akan segera mencari perangkat saat Anda membukanya. Jika tidak, tekan tombol cari. Pilih headset Anda dari daftar yang muncul dan konfirmasikan pemasangan.

Selain cara menyambungkan headset bluetooth ke hp, dibawah ini Montirbox juga akan memberikan info tentang cara menyambungkan headset bluetooth ke iPhone dan iPad, Macbook, Windows, TV, PS4/PS5, Xbox One, dan Nintendo Switch. Mari simak caranya dibawah ini:

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke iPhone dan iPad

iPhone dan iPad tidak memiliki masalah saat menyambungkan ke headset nirkabel, dan Prosedurnya akan sama untuk iPhone dan iPad, dan berfungsi seperti ini:

– Buka pengaturan dan klik Bluetooth.

– Nyalakan Bluetooth jika mati. Setelah beberapa saat, daftar perangkat yang tersedia akan ditampilkan.

– Pilih perangkat Anda dari daftar. Kemudian headset terhubung.

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke Macbook

Semua komputer Mac memiliki Bluetooth bawaan dan dukungan penuh untuk headset nirkabel, dan tentu saja menghubungkannya sangatlah mudah. Buka System Preferences, baik dari A dipple bilah menu di bagian atas atau melalui launchpad. Selanjutnya buka Bluetooth, komputer sekarang secara otomatis mencari perangkat Bluetooth dalam mode pairing (berpasangan). 

Tunggu sebentar dan headset Anda akan muncul, klik untuk memasangkan headset dengan komputer. Dalam beberapa kasus, PIN diperlukan untuk menghubungkan, dan hampir selalu “0000” (empat nol). Jika Anda ingin dapat membuka Bluetooth dengan mudah di masa mendatang, cukup klik pada bidang tampilkan Bluetooth di bilah menu, maka Anda tidak perlu membuka pengaturan lain kali.

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke PC yang menjalankan Windows 10

Sebagian besar laptop dan tablet dengan Windows 10 memiliki Bluetooth bawaan, tetapi ini belum tentu berlaku untuk desktop. Dalam kasus tersebut, adaptor Bluetooth mungkin diperlukan. Aktifkan Bluetooth pada PC, klik ikon ‘Action Center’ (mirip dengan speech bubble atau gelembung ucapan) di kanan bawah bilah tugas. Jika Anda tidak dapat menemukan pengaturan Bluetooth di sini, tekan tombol ‘Settings’ -> ‘Devices’ -> ‘Bluetooth and other devices’ dan aktifkan.

Kembali ke ‘Action Center’ (gelembung suara) dan pilih ‘Connect’. Komputer sekarang mencari semua jenis perangkat yang siap untuk dihubungkan. Klik headset Anda saat muncul di daftar.

Cara menghubungkan headset Bluetooth ke TV (dengan atau tanpa Bluetooth)

TV bisa bermasalah untuk dipasangkan dengan headset nirkabel, tetapi tidak selalu. Saat ini, banyak Smart TV dari sebagian besar produsen memiliki dukungan Bluetooth bawaan untuk menghubungkan headset atau keyboard.

Periksa manual pengguna untuk TV Anda untuk melihat seperti apa model TV Anda. Atau Anda dapat membuka pengaturan dan mencari di bawah item menu seperti ‘Wireless devices’, ‘Accessories’ atau yang serupa.

Jika TV Anda memiliki Bluetooth bawaan:

  • Buka pengaturan Bluetooth
  • Cari perangkat baru
  • Klik headset Anda saat muncul

Jika TV Anda tidak memiliki Bluetooth atau tidak mendukung headset nirkabel, diperlukan aksesori. Anda akan membutuhkan Bluetooth transmitter dengan jack headset (3,5 mm). Ini adalah perangkat kecil yang berjalan dengan baterai atau daya tetap dan terhubung ke jack headset di TV Anda. Dari sana, suara ditransmisikan secara nirkabel ke headset Anda.

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke PS4 dan PS5

PlayStation 4 adalah kasus khusus. Ini memiliki Bluetooth built-in, tetapi hanya untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Teknologi A2DP yang diperlukan tidak ada dan oleh karena itu konsol sayangnya tidak dapat bekerja dengan headset Bluetooth biasa.

Ada beberapa solusi.

Jika Anda sering bermain online dan menginginkan opsi obrolan suara, maka satu-satunya jalan keluar adalah headset khusus untuk PlayStation 4, tetapi jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih baik untuk obrolan dan game, Anda harus berinvestasi dalam headset, yang terhubung ke port headset pada stik atau controller Anda. Headset nirkabel PlayStation yang dibuat khusus juga dijual.

Jika Anda masih ingin terhubung langsung ke PS4 Anda, tetapi tanpa obrolan suara, Anda dapat membeli adaptor Bluetooth untuk stik PlayStation 4.

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke Xbox One

Xbox One tidak memiliki kemampuan untuk menghubungkan headset Bluetooth, tetapi masih dapat dilakukan. Kontroler Xbox memiliki jack headset 3,5 mm untuk headset dan headset berkabel standar.

Banyak headset memiliki konektor dengan kabel, sehingga Anda dapat menghubungkannya langsung ke stik. Ini tidak sepenuhnya nirkabel, tetapi berfungsi. Namun, ini hanya berlaku untuk pengontrol yang lebih baru untuk Xbox One. Stik model lama tidak memiliki jack headset standar, tetapi memerlukan Adaptor Headset Stereo untuk dapat menggunakannya.

Baca Juga : Cara Ngecas Headset Bluetooth yang benar agar baterai awet

Cara menyambungkan headset Bluetooth ke Nintendo Switch

Fitur yang sangat portabel dari Nintendo Switch seharusnya untuk headset dimasukkan dalam perhitungan pabrikan Jepang, tetapi sayangnya tidak demikian. Nintendo Switch memiliki jack headset standar sehingga Anda dapat menghubungkan headset kabel Anda. Jika headset Anda nirkabel, tetapi dengan opsi untuk menggunakan kabel, Anda dapat menggunakannya untuk suara, meskipun tidak menjadi 100% nirkabel.

Jika Anda memiliki Nintendo Switch dalam mode terpasang dengan TV, pemancar Bluetooth yang terhubung ke TV Anda adalah solusi termudah. Baca Cara menghubungkan headset Bluetooth ke TV di bagian atas tadi untuk mempelajari lebih lanjut tentang ini. Jika Anda memainkan Switch dalam mode portabel, sebenarnya teknologi yang digunakan sama. Banyak pemancar Bluetooth memiliki baterai internal, jadi isi dayanya, colokkan ke jack headset Switch, dan lakukan hal yang sama seperti TV Anda.

Bagaimana sobat, mudah bukan untuk cara mengaktifkan headset bluetooth nya?. Oke sobat Montirbox, itulah tutorial cara menyambungkan headset bluetooth ke hp, iPhone dan iPad, Macbook, Windows, TV, PS4/PS5, Xbox One, dan Nintendo Switch. Semoga artikel ini bermanfaat.