Cara menyambung Kabel Headset yang putus dengan benar

Pelajari berbagai tips tentang cara menyambung kabel headset menggunakan panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti pada artikel ini, dan tutorial cara memperbaiki headset putus.

Kabel headset adalah salah satu bagian paling rapuh dari bagian headset manapun, tetapi juga salah satu yang paling diabaikan. Dengan setiap tarikan, putaran, dan belokan, kabel headset Anda akan lebih cepat aus dan sobek, menyebabkannya sobek atau benar-benar putus. Yang lebih buruk adalah jika Anda menemukannya digigit oleh tikus ataupun hewan peliharaan Anda. 

Jika itu terjadi, jangan buang headset Anda dulu! Montirbox akan memberikan panduan cara memperbaiki headset putus dengan mudah. Ada beberapa perbaikan DIY mudah yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kabel headset yang sobek/rusak. Dan artikel ini akan memandu Anda melalui semua itu tentang bagaimana cara menyambung kabel headset yang putus dengan benar.

Terkadang ada yang bertanya, apakah terkena kabel headset yang putus berbahaya? Jawaban umumnya adalah tidak. Walaupun kabel headset masih menggunakan listrik, kabel ini berjalan pada volt yang sangat rendah. Tingkat tegangan kabel ini tergantung pada impedansi headset. Tegangan pada kabel headset umumnya tidak pada tingkat yang cukup untuk menyebabkan sengatan listrik. 

Ini berarti Anda tidak akan merasakan apa-apa bahkan ketika Anda tidak sengaja menyentuhnya. Namun, meskipun kabel headset yang terbuka tidak terlalu berbahaya saat disentuh, ada baiknya jangan digunakan sebelum Anda memperbaikinya.

Cara Menyambung Kabel Headset

Kabel headset yang terbuka lebih rentan terhadap korsleting, ini sering terjadi ketika isolasi kawat sudah aus atau terbuka. Sirkuit pendek terjadi ketika muatan berlebihan mengalir ke kabel yang tidak diinginkan. Ini dapat menyebabkan panas berlebih yang dapat merusak headset dan sumber audio Anda.

Dengan demikian, ingatlah bahwa setiap kabel yang terbuka juga dapat menyebabkan percikan listrik. Dan, berapa pun tegangannya, percikan listrik ini berpotensi memicu kebakaran. Faktanya, bahkan pelepasan listrik statis cukup untuk menyalakan uap yang mudah terbakar di udara.

Kembali pada pembahasan awal tentang cara menyambung kabel headset, caranya tentu sangat mudah sekali, Anda hanya cukup menyambungkan sesuai dengan warna kabel headset yang dipotong, dan juga bagian kabel serat/serabut yang berfungsi sebagai grounding. Silahkan disimak cara menyambung kabel headset yang benar dibawah ini.

Cara Menyambung Kabel Headset

Sebelum menyambung dan memperbaiki kabel headset yang putus, Anda perlu mempersiapkan beberapa alat bantu seperti tang potong, selotip, kertas pasir (bisa diganti dengan pisau cutter), jika Anda memiliki solder dan timah akan lebih baik lagi, namun jika tidak punya cukup hanya tang potong dan selotip saja.

Sebelum melakukan hal lain, pastikan kabel headphone Anda bersih dan tidak ada bekas oli. Ini akan memastikan bahwa pita listrik Anda akan menempel pada kabel lebih lama dan lebih aman. Anda dapat melakukannya dengan mengambil kain bersih dan menuangkan sedikit cairan thinner atau sedikit alkohol isopropil di atasnya, bersihkan area tersebut dan biarkan kering.

Jika pembungkus kabel headset dibuka, pada setiap kabel headset biasanya terdapat 3 kabel yang terpisah, mereka umumnya berwarna merah, putih, dan kabel serabut (ground). Ada juga model kabel headset yang semuanya type serabut dan masing-masing kabel juga dibedakan berdasarkan warna.

Jadi cara menyambung kabel headset tersebut adalah kita sambung sesuai dengan warna kabelnya, kabel merah dengan merah, putih dengan putih, dan bagian kabel serabut dengan kabel serabut juga. Anda harus mengikis kabel dengan cutter atau kertas pasir terlebih dulu agar terjadi kontak yang sempurna ketika kabel headset disambungkan.

Dalam melakukan penyambungan jangan sampai terjadi terjadi kontak antara kabel yang satu dengan lainnya, caranya setelah melakukan penyambungan kabel headset yang berwarna merah, Anda langsung saja memberi selotip, begitu juga dengan kabel warna putih dan juga kabel untuk ground. Setelah masing-masing kabel di isolasi, Anda bisa memberi selotif lagi untuk memnggabungkan ketiga kabel agar lebih rapi, dan kabel headset sudah tersmbung dan headset sudah bisa digunakan kembali.

Baca Juga : Cara Menggunakan Headset Bluetooth i7S

Jika anda bertujuan ingin menambah panjang kabel headset dengan menyambungkan kabel tambahan lain (extension), Anda juga bisa menggunakan cara diatas, yang perlu diingat dalam penyambungan kabel headset adalah warna kabelnya, sambungkan kabel headset sesuai warna kabelnya.

Oke sobat Montirbox, itu tadi tutorial cara menyambung kabel headset dan memperbaiki headset yang putus dengan benar, semoga postingan ini sedikit banyak bisa bermanfaat.