Cara Menghilangkan Gambar Headset di Hp

Setelah menggunakan headset lalu mencabutnya icon headset masih muncul dilayar hp? Lalu bagaimana cara menghilangkan gambar headset di hp? Terkadang, mencabut headphone dari ponsel Anda tidak akan menghasilkan apa-apa, alih-alih merutekan audio melalui speaker internal ponsel seperti biasa, ponsel akan berperilaku seolah-olah masih memiliki headset yang terpasang, dan hp Anda akan dibiarkan dengan setengah berfungsi.

Ikon headset/headphone di smartphone di bilah notifikasi telepon tidak bisa hilang, ini bisa membuat frustasi, karena telepon yang macet dalam mode headset bisa sangat mengganggu, dan parahnya untuk memecahkan masalah ini terkadang Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan. Untungnya, ada berbagai metode yang tersedia untuk menyelesaikan masalah, inilah solusi cara menghilangkan gambar headset di hp.

Telepon terjebak dalam mode Headphone

Jika simbol headphone di telepon tidak hilang setelah mencabut headphone dari perangkat, kemungkinan smartphone mengalami macet dalam mode headphone. Meskipun ini bisa membingungkan, terutama pada model ponsel baru yang telah melepas jack headphone 3,5 mm, ada penjelasan untuk apa yang terjadi, ketika ponsel macet dalam mode headphone, perangkat keras ponsel gagal mengenali sinyal yang dikirim oleh jack headphone.

Pada dasarnya, panggilan tidak terjawab untuk beralih kembali ke mode speaker dan berlanjut di bawah kesan bahwa Anda memiliki headphone yang terpasang. Biasanya, memecahkan masalah ini sederhana, dan dapat dilakukan dalam waktu kurang dari lima menit.

Cara Menghilangkan Gambar Headset di Hp

Cara menghilangkan gambar headset di hp (Dasar)

Jika ponsel Anda macet dalam mode headphone, solusi termudah sering kali adalah mencolokkan kembali headphone ke perangkat, lalu melepasnya secara perlahan. Dalam kebanyakan kasus, di mana telepon hanya melewatkan sinyal, ini akan menyebabkan jack mengirim sinyal baru dan akan menyelesaikan masalah.

Anda juga dapat mencapai tujuan yang sama dengan menghubungkan dan memutuskan sambungan telepon Anda ke speaker atau headset Bluetooth. Namun, jika masalah berlanjut, disarankan untuk mematikan telepon Anda dan menyalakannya kembali. Di sebagian besar model ponsel Android dan iOS, ini akan mengatur ulang status perangkat keras dan mengirim ponsel kembali ke mode speaker.

Baca Juga : Headset Tidak Terdeteksi di Laptop? IniSolusinya!

Cara menghilangkan gambar headset di hp (Tingkat Lanjut)

Jika masalah dengan mode headphone tidak teratasi dengan mengatur ulang perangkat, mungkin ada masalah di perangkat keras (hardware}. Jika ponsel Anda memiliki jack headphone, periksa dengan senter, jika ada debu atau kotoran lain di dalamnya, keluarkan, baik dengan udara bertekanan atau dengan hati-hati menggunakan benda tipis seperti jarum pentul untuk menghilangkan sumbatan. Anda kemudian dapat mencoba memasang dan mencabut headset kembali.

Jika ini masih tidak berhasil, untuk cara menghilangkan gambar headset di hp, Anda mungkin perlu mendekati masalah dari sisi perangkat lunak (software}. Di iPhone, ini dapat dilakukan dengan membuka aplikasi Pengaturan, lalu menavigasi ke “General”, diikuti oleh “Accessibility” lalu “Interaction”. Gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Call Audio Routing”, lalu setel perangkat ke “Automatic” jika setelannya berbeda.

Jika perangkat sudah disetel ke otomatis, setel ke “Speaker” dan coba lakukan panggilan. Jika audio masuk melalui speaker, ubah pengaturan kembali ke “Automatic”. Pada perangkat Android, aplikasi seperti SoundAbout dapat digunakan untuk beralih secara manual dari mode headphone ke speaker.

Itu tadi beberapa tips dan cara menghilangkan gambar headset di hp, baik untuk smartphone Android ataupun iPhone, semoga bermanfaat.