Cara Menghemat Kuota Internet, Untuk Semua Kartu

Inilah Cara Agar Kuota Internet Kalian Menjadi Hemat – Kali ini admin akan berbagi informasi tentang cara efektif untuk hemat kuota internet kamu pada smartphone android. Kuota data internet menjadi kebutuhan pokok pada zaman sekarang terutama bagi remaja yang sangat banyak menggunakan internet.

Kebutuhan dalam penggunaan data internet sangatlah bervariasi ada yang menggunkan hanya untuk sekedar bisa melakukan komunikasi, browsing, nonton vidio di youtube, upload, download, dan untuk kegiatan sosial media.

Untuk bisa mengakses internet diperlukan layanan khusus dari perusahaan ISP ( seperti xl, indosat, telkomsel ) untuk bisa memberikan akses internet pada kita, yaitu salah satunya kuota data bagi pengguna smartphone dengan jumlah dan harga tertentu. Banyak uang terkuras hanya untuk bisa online, untuk dapat menggunakan kuota internet dengan efektif dan hemat saya akan berikan beberapa tips untuk menghemat kuota data internet anda.

Matikan Update Otomatis Pada Setiap Aplikasi Yang Terinstal Di Smartphone Anda

Untuk mematikan update pada aplikasi anda dapat melakukannya dengan cara masuk ke google playstore pilih menu, kemudian pilihlah setelan, kemudian pada bagian setelan umum anda akan menemukan pernyataan “ update aplikasi secara otomatis. ” pilih saja pernyataan tersebut, lalu akan muncul tiga pilihan yaitu pertama “ jangan update aplikasi secara otomatis ”.

Kedua “ update secara otomatis kapan saja. Mungkin dikenakan biaya data. ” dan pernyataan ke tiga “ update aplikasi secara otomatis hanya melalui WI-FI. ” kemudian pilihlah pada pernyataan yang pertama dan simpan.

Baca juga : Mendapatkan Bitcoin Dengan Mudah Tanpa Mengeluarkan Uang

Gunakan Browser yang hemat kuota

Untuk hanya sekedar mencari informasi di internet anda cukup menggukan aplikasi browser yang terbukti hemat dapat menghemat kuota anda, yaitu dengan menggunankan Browser Opera Mini. Opera mini hanya berukuran kurang lebih 5,9 MB, meskipun memiliki ukuran yang kecil aplikasi ini terbukti menghemat kuota data anda.


Saat melakukan browsing di internet browser ini hanya membutuhkan sedikit kuota data karena pada aplikasi ini seluruh tampilan website yang di munculkan akan di ubah menjadi tampilan yang sederhana agar dapat mempercepat dan menghemat kuota anda. Pada aplikasi ini juga memiliki pemblokir iklan yang sangat efektif untuk mengurangi penggunaan data anda.

Mengurangi Penggunaan Data Dengan NetGuard

Netguard merupakan aplikasi bermanfaat untuk membatasi penggunaan internet dengan efektif, aplikasi ini dapat memblokir akses ke internet yang terdapat pada aplikasi yang terpasang pada smartphone anda dan hebatnya lagi aplikasi ini dapat berjalan tanpa harus melakukan root pada smartphone anda. Ada beberapa kelebihan juga yaitu tidak ada iklan, dan merupakan aplikasi yang open source (gratis).

Maksud dari simbol yang terdapat pada Netguard dibagian kanan aplikasi dengan gambar simbol WI-FI dan simbol Data Seluler ( jaringan kuota milik pribadi ) yaitu jika kita menginginkan suatu aplikasi yang terdapat pada smartphone kita tidak menggunakan kuota data pribadi kita (memblokir penggunaan akses kuota data), anda cukup tekan simbol data seluler yang berada di sebelah simbol WI-FI.

Dan secara otomatis simbol seluler berubah menjadi orange itu tandanya saat kita membuka aplikasi misalnya instagram, maka instagram tidak akan terhubung dengan jaringan internet dan hanya bisa terhubung ke jaringan internet dengan menggunakan jaringan WI-FI saja karena kita telah melakukan pemblokiran penggunaan data pada aplikasi instagram.

Anda dapat mengatur aplikasi-aplikasi mana yang anda izinkan untuk diberikan layanan internet tanpa harus uninstal aplikasi tersebut. Dengan begitu anda dapat mengurangi penggunaan kuota data anda dengan kata lain lebih hemat data dan juga lebih hemat baterai. aplikasi ini dapat anda dowload di google play store, dan untuk dapat menginstall aplikasi ini diperlukukan sistem operasi minimal android 4.0 .

Cara di atas merupakan cara yang menurut saya efektif untuk menghemat kuota data internet, tapi lain lagi jika anda sering nonton vidio dari youtube. Kuota anda akan cepat terkuras habis jika anda memutar vidio dari youtube dengan kualitas vidio yang HD atau lebih dari 720 p.


Untuk itu jika anda sering menonton vidio dari youtube saya sarankan untuk menggunakan WI-FI yang memiliki kuota unlimitid atau jika tidak ada WI-FI anda dapat menonton vidio dari youtube dengan kualitas vidio yang standar yaitu 240 p atau 360 p saya rasa ukuran tersebut cukup baik untuk ukuran layar pada smartphone. Sekian dari artikel Cara Efektif Untuk Menghemat Kuota Internet, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.