2 Cara Mengecek Garansi Asus Smartphone Masih Berlaku atau Tidak

GuruNavara.com – Cara mengecek garansi Asus smartphone bisa dilakukan secara online maupun offline, bahkan melakukannya cukup mudah. Melakukan cara ini akan memungkinkan kita tahu kapan tanggal berakhir masa garansi dari HP Asus yang kita miliki. Jika masih berlaku masa garansinya, tentunya kita bisa mengajukan atau klaim garansi untuk kerusakan pada HP yang dialami.

Kita tahu komponen hardware HP Asus memiliki harga yang lumayan mahal, termasuk juga biaya untuk perbaikannya. Untuk itu, memanfaatkan masa garansi HP Asus yang masih berlaku menjadi cara terbaik untuk mengatasi permasalahan kerusakan pada HP dengan biaya yang tidak terlalu mahal, bahkan gratis. Informasi selengkapnya mengenai cara cek garansi HP Asus masih berlaku atau sudah habis tersebut bisa kalian simak di bawah ini.

Berapa Lama Masa Garansi HP Asus yang Diberikan?

Berapa Lama Masa Garansi HP Asus yang Diberikan?
Berapa Lama Masa Garansi HP Asus yang Diberikan?

HP Asus keluaran baru maupun lama biasanya akan diberikan masa garansi yang bisa diklaim dengan mudah oleh pengguna. Umumnya HP Asus ini diberikan masa garansi selama 12 bulan atau 1 tahun. Masa garansi ini berlaku jika kamu membeli HP Asus lewat toko resmi Asus, baik online maupun offline.

Berbeda ceritanya jika kamu membeli HP Asus lewat pihak ketiga atau distributor, biasanya akan berlaku garansi distributor. Pada distributor ini bervariasi dalam memberikan masa garansi, mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan, tergantung hak masing-masing distributor.

Cara Mengecek Garansi Asus Smartphone Masih Berlaku atau Tidak

Cara Mengecek Garansi Asus Smartphone Masih Berlaku atau Tidak

Terkadang ada kerusakan yang ditemukan pada HP Asus yang membuat fungsinya tidak optimal. Untuk mengatasinya kita perlu melakukan perbaikan pada HP sehingga dapat berfungsi normal kembali. Ada kalanya perbaikan yang dilakukan pada HP Asus memakan biaya yang besar. Karena itulah, solusi terbaiknya memanfaatkan masa garansi produk jika memang masih berlaku.

Sayangnya, masih belum banyak orang yang tahu cara mengecek garansi Asus smartphone tersebut. Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui masa garansi HP Asus masih berlaku atau sudah habis / hangus, yakni pengecekan secara online dan offline. Adapun cara mudah cek garansi HP Asus berlaku atau tidak selengkapnya, sebagai berikut:

1. Cek Masa Garansi HP Asus Secara Online

Cara termudah untuk mengetahui garansi HP Asus masih berlaku atau sudah hangus yang pertama yakni melalui website resmi Asus. Tentunya untuk melakukan cara ini kita perlu menghubungkan perangkat yang digunakan ke jaringan internet. Untuk langkah-langkah pengecekan garansi HP Asus tersebut, yakni:

Langkah 1. Menyiapkan Nomor Seri HP Asus

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum mengecek status garansi HP Asus masih berlaku atau tidak yakni dengan menyiapkan Nomor Seri atau SN / Serial Number. Nomor seri ini sendiri tersusun dari angka dan huruf yang bersifat unik, sama seperti IMEI. Untuk mengetahui nomor seri HP Asus tersebut bisa melalui:

  1. Pada kotak atau dus HP Asus. Letaknya di bawah barcode batang yang diawali dengan kata S/N.
  2. Pada kartu garansi HP Asus, biasanya terdapat di dalam kotak atau kemasan HP. Nomor seri di kartu garansi ini tertera pada label atau stiker yang tertempel di sana.
  3. Pada bagian belakang bodi HP Asus dan biasanya tertera dalam bentuk stiker barcode batang.

Nomor seri HP Asus ini sifatnya unik, sehingga tidak akan sama SN dari satu HP Asus dengan HP Asus lainnya.

Langkah 2. Cek Garansi Asus Smartphone di Website Resmi

  1. Langkah yang pertama kamu buka browser pada HP atau laptop/PC yang kamu gunakan. Pastikan perangkat tersebut sudah terhubung ke jaringan internet.
  2. Sekarang kunjungi halaman Pengecekan Status Garansi HP Asus melalui LINK INI.
  3. Pada halaman website tersebut, kamu masukkan nomor seri atau SN HP Asus yang telah disiapkan tadi.
  4. Kemudian beri tanda centang kotak yang ada di sebelah informasi bertulis “Saya setuju untuk memberikan……..”. Lalu klik tombol Kirim.
  5. Halaman baru akan muncul dan hasil pencariannya juga ditampilkan di sana. Pada halaman tersebut memuat informasi dari HP Asus sesuai nomor seri yang dimasukkan.
  6. Untuk mengetahui status garansi HP Asus masih berlaku atau tidak, kamu lihat pada kolom Status Garansi. Jika tertulis “Dalam Masa Garansi”, berarti garansinya masih berlaku. Lihat juga pada bagian Tanggal Berakhirnya Masa Garansi untuk mengetahui tanggal terakhir berlakunya garansi Asus tersebut.
  7. Selesai.

Dengan demikian kamu sudah bisa tahu apakah masa garansi HP Asus masih berlaku atau tidak. Cara di atas bisa kamu lakukan pada semua seri maupun tipe HP Asus. Yang terpenting jangan sampai salah saat memasukkan nomor seri HP.

2. Cek Masa Garansi HP Asus Secara Offline

Sementara untuk metode yang kedua ini bisa dilakukan secara offline alias tanpa koneksi internet. Cara mengecek garansi Asus smartphone berikutnya yakni dengan menghubungi nomor call center Asus. Kita akan terhubung ke Cs. Service Center Asus dan bisa menanyakan perihal masa garansi HP Asus milikmu.

Nomor call center Asus yang bisa kamu hubungi tersebut yakni 1500128 atau 021-50988888 melalui ponsel atau telepon rumah. Tentunya akan ada biaya nelpon yang harus ditanggung jika sudah berhasil terhubung ke customer service Asus Center tersebut.

Itulah tadi 2 cara mengecek garansi Asus smartphone masih berlaku atau tidak yang mudah bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Leave a Comment