7 Cara Mengatasi Wifi Tidak Muncul di Laptop Windows 11

GuruNavara.com – Cara mengatasi wifi tidak muncul di laptop dengan dukungan OS Windows 11 banyak dicari oleh pengguna saat ini. Itu artinya tidak jarang dari mereka belum tahu cara untuk mengatasi permasalahan jaringan di laptop Windows 11 tersebut. Tidak perlu bingung lagi, pasalnya pada artikel kali ini akan menjelaskan cara mengatasi permasalahan tersebut dengan langkah yang mudah untuk diterapkan.

Internet memang sudah menjadi salah satu kebutuhan penting bagi sebagian besar masyarakat modern sekarang ini. Bahkan tidak jarang dari mereka yang tidak bisa terlepas dari penggunaan jaringan internet tersebut. Baik itu, untuk hal pendidikan, sarana bisnis atau pekerjaan dan lain sebagainya. Karena itulah, saat mendapati jaringan error pada perangkat yang digunakan, tentunya hal ini akan menimbulkan keresahan bagi pengguna.

Penyebab Jaringan Wifi Hilang di Laptop Windows 11

Penyebab Jaringan Wifi Hilang di Laptop Windows 11
Penyebab Jaringan Wifi Hilang di Laptop Windows 11

Sebelum lanjut ke cara memperbaiki masalah jaringan internet tidak muncul di laptop Windows 11, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menjadi penyebabnya. Hal ini sangat penting untuk diketahui demi mempermudah kita dalam mengatasinya. Selain itu, mengetahui penyebabnya ini juga bisa menjadi sarana untuk mencegah masalah yang sama terulang kembali.

Adapun beberapa penyebab jaringan wifi tidak bisa digunakan dan tidak muncul jaringan di laptop selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Sedang terjadi gangguan pada provider penyedia jaringan. Baik karena perbaikan ada kerusakan pada server maupun sedang dalam perbaikan.
  2. Bug atau error pada sistem operasi Windows di laptop.
  3. Password wifi yang sudah diubah dan di laptop masih menggunakan password lama.
  4. Cuaca buruk yakni hujan, badai dan petir yang membuat jaringan internet bermasalah.
  5. Sinyal jaringan wifi diluar jangkauan (terlalu jauh jarak perangkat laptop ke modem atau router).
  6. Modem atau router wifi yang bermasalah.
  7. Driver wifi yang sudah tidak kompatible atau perlu diupdate.

Dari beberapa penyebab di atas mungkin menjadi faktor utama yang membuat perangkat laptop milikmu tidak bisa terhubung ke jaringan wifi.

Cara Mengatasi Wifi Tidak Muncul di Laptop Windows 11

Cara Mengatasi Wifi Tidak Muncul di Laptop Windows 11
Cara Mengatasi Wifi Tidak Muncul di Laptop Windows 11

Untuk mengatasi masalah jaringan wifi tidak muncul di laptop Windows 11, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Yang pasti cara-cara yang kami bagikan ini cukup mudah diterapkan, serta ampuh untuk mengatasi permasalahan jaringan tersebut. Adapun cara mengatasi wifi tidak muncul di laptop windows 11 yang paling ampuh selengkapnya, sebagai berikut:

1. Matikan dan Hidupkan Lagi Wifi di Laptop

Cara pertama untuk mengatasi wifi tidak terhubung di laptop dengan dukungan Windows 11 yakni dengan mematikan fitur wifi-nya. Caranya yakni dengan menekan ikon Wi-Fi yang ada di sebelah kanan taskbar (bawah tampilan). Kemudian ketuk pada ikon Wi-Fi hingga nonaktif, ditandai dengan warnanya menjadi abu-abu.

Tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan lagi fitur wifi di laptop tersebut dengan cara yang sama. Yakni menekan ikon Wi-Fi di sebelah kanan taskbar dan klik lagi ikon Wi-Fi yang tersedia di sana hingga menjadi aktif. Biasanya laptop akan terhubung kembali ke jaringan wifi yang tersedia.

2. Mengganti Password Jaringan Wifi

Mungkin saja jaringan wifi yang kamu gunakan di laptop sebelumnya sudah diganti kata sandi atau passwordnya. Jika benar demikian, tentu saja hal ini membuat laptop tidak dapat terhubung. Kalaupun masih ada tanda terhubung, namun terdapat tanda seru di ikon Wi-Fi yang ada di taskbar.

Sebaiknya kamu melakukan update password wifi dengan yang terbaru dan digunakan saat ini. Untuk mengganti password wifi di laptop Windows 11 tersebut, yakni:

  1. Pertama klik ikon Windows di taskbar, kemudian pilih menu Pengaturan atau Settings.
  2. Kemudian masuk ke menu Jaringan dan Internet atau Network and Internet.
  3. Gulir ke bawah dan pilih opsi Pengaturan Jaringan Lanjutan atau Advanced Network Settings.
  4. Gulir lagi ke bawah dan pilih opsi Opsi Adapter Jaringan Lainnya atau Other Network Adapter Options.
  5. Sekarang klik kanan pada opsi Wi-Fi, lalu pilih Status.
  6. Pada jendela baru yang muncul, kamu klik pada opsi Wireless Properties.
  7. Jendela baru lagi akan muncul, kemudian klik pada tab Security.
  8. Sekarang ubah password wifi pada bagian kolom Network Security Key.
  9. Agar lebih mudah, tampilkan password dengan memberi tanda centang pada bagian opsi Show Character. Dan simpan password baru yang digunakan dengan klik OK.
  10. Selesai.

Dengan demikian jaringan wifi yang sebelumnya tidak terhubung karena password sudah diganti, sekarang sudah bisa terhubung kembali.

3. Mengaktifkan Jaringan Wi-Fi di Laptop

Jaringan wifi yang tidak terdeteksi dan tidak muncul di laptop juga bisa disebabkan karena firur Jaringan Wi-Fi yang saat ini sedang Disabled atau dinonaktifkan. Untuk memunculkan jaringan wifi yang tersedia, kamu perlu mengaktifkan dulu layanan Jaringan Wi-Fi di laptop tersebut.

Untuk langkah-langkah mengaktifkan layanan Jaringan Wi-Fi di laptop Windows 11 tersebut, yakni:

  1. Langkah pertama klik pada menu Windows di taskbar atau tekan tombol Windows di keyboard.
  2. Kemudian pilih menu Settings atau Pengaturan yang ada di sana.
  3. Selanjutnya masuk ke opsi Jaringan dan Internet atau Network and Internet.
  4. Lanjutkan dengan klik pada opsi Pengaturan Jaringan Lanjutan atau Advanced Network Settings.
  5. Kemudian klik opsi Opsi Adapter Jaringan Lainnya atau Other Network Adapter Options.
  6. Pada menu Wi-Fi, kamu klik kanan di mouse lalu pilih opsi Enable. Jaringan wifi di laptop sudah aktif dan biasanya akan muncul jaringan wifi yang tersedia di lokasimu saat ini.
  7. Selesai.

Jika sudah muncul nama jaringan wifi yang terdeteksi di laptop, selanjutnya kamu tinggal menghubungkan laptop ke salah satu jaringan wifi yang tersedia.

4. Pindah Posisi yang Lebih Dekat dengan Router

Modem atau router wifi yang lokasinya agak jauh dari perangkat laptop membuatnya tidak bisa terdeteksi sehingga tidak muncul nama jaringannya. Meskipun tidak terlalu jauh, terkadang karena ada penghalang sehingga membuat laptop tidak bisa menjangkau sinyal wifi. Misalnya saja, terhalang tembok, arah antena router yang salah, terlalu dekat dengan perangkat elektronik lain, dan lain sebagainya.

Sebaiknya taruh router wifi tersebut di area yang memiliki jangkauan luas serta tidak ada penghalang apa pun. Selain itu, jangan menaruh router wifi di dekat barang elektronik lain karena akan mengganggu kualitas sinyalnya, misalnya saja televisi. Dan juga arahkan antena router ke atas atau ke arah depan agar dapat menjangkau semua area di dalam ruangan.

5. Restart Perangkat Modem atau Router

Cara mengatasi wifi tidak muncul di laptop Windows 11 dan Windows versi lain selanjutnya yakni dengan melakukan restart router wifi. Sama halnya seperti perangkat elektronik lainnya, router wifi bisa saja mengalami error sehingga tidak dapat memancarkan sinyal wifi dengan baik.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, solusinya dengan melakukan restart pada perangkat router atau modem wifi tersebut. Caranya cukup dengan menekan tombol Power yang ada di bagian belakang bodi router hingga perangkat tersebut mati. Tunggu beberapa saat, kemudian hidupkan lagi router dengan menekan tombol yang sama.

6. Update Driver Wifi di Laptop

Driver merupakan sarana penghubung antara perangkat keras dengan perangkat lunak komputer. Dengan adanya driver ini perangkat keras atau hardware yang terpasang di laptop khususnya dapat dideteksi dan berfungsi sebagaimana mestinya. Termasuk juga komponen adapter wifi di laptop, perlu driver agar dapat berfungsi secara optimal.

Ada kalanya driver yang sudah dipasang di perangkat laptop perlu diperbarui ke versi teranyar. Kamu download dulu versi driver wifi terbaru untuk laptop-mu (sesuai merek dan tipe), kemudian lakukan penginstalan di dalamnya. Dengan demikian masalah jaringan wifi tidak muncul di Windows akan teratasi.

7. Reset Router atau Modem Wifi

Mungkin masih kurang ampuh mengatasi masalah error di router atau modem wifi dengan cara restart. Lebih lanjut kita bisa melakukan reset pada perangkat router wifi tersebut, sehingga masalah error akan teratasi. Termasuk juga error yang membuat perangkat lain tidak dapat mendeteksi dan terhubung pada jaringan wifi yang dipancarkannya.

Untuk cara mereset router wifi sendiri cukup dengan menyiapkan tusuk gigi atau benda runcing semacamnya. Kemudian colokkan ke lubang kecil (lubang reset) yang ada di bagian belakang router atau di sebelah tombol Power. Biasanya pada lubang tersebut di bawahnya terdapat tulisan “Reset”. Tekan hingga terdengar bunyi klik dan lampu indikator router mati dan menyala lagi dengan sendirinya. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi wifi tidak muncul di laptop windows 11 dan penyebabnya yang harus kamu tahu. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Comment