7 Cara Mengatasi HP Realme Layar Mati Paling Ampuh

GuruNavara.com – Kamu sedang mencari cara mengatasi HP Realme layar mati yang mudah dan ampuh? Beruntung sekali, karena pada artikel ini kami akan menjelaskan tutorial memperbaiki masalah HP Realme mati dan tidak bisa dihidupkan tersebut. Tutorial yang diberikan ini cukup mudah untuk diterapkan, serta hasilnya sangat ampuh untuk membuat HP Realme berfungsi normal kembali.

Jika memang masih dimungkinkan, kamu tidak perlu membawa HP Realme layar tidak menyala tersebut. Dengan langkah-langkah mudah kamu bisa memperbaikinya sendiri, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk jasa perbaikannya. Informasi selengkapnya mengenai cara mengatasi HP Realme layar tidak bisa nyala bisa kalian simak di bawah ini.

Penyebab Layar HP Realme Mati yang Paling Umum

Penyebab Layar HP Realme Mati yang Paling Umum
Penyebab Layar HP Realme Mati yang Paling Umum

Terdapat beberapa faktor yang membuat HP Realme tidak dapat menyala, di mana layar HP tampak hitam tidak ada gambar sama sekali. Penting untuk mengetahui penyebabnya ini supaya kita bisa lebih mudah melakukan perbaikan. Adapun beberapa penyebab HP Realme layar mati selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Daya baterai HP Realme habis atau drop sehingga tidak bisa dinyalakan sama sekali.
  2. HP hang atau macet, dan ketika terus dipaksa oleh pengguna hal ini membuat layar hitam. Pada kondisi ini mesin HP Realme masih nyala, hanya layarnya saja yang hitam seperti mati.
  3. HP terlalu panas atau overheat yang dikarenakan menjalankan terlalu banyak perintah atau menjalankan aplikasi dan game berat.
  4. Layar atau LCD HP bermasalah atau rusak. Bisa karena efek dari HP terjatuh, terkena dan kemasukan air, faktor usia, atau jenis kerusakan lainnya.
  5. Baterai HP bermasalah yang membuatnya tidak dapat menyalurkan daya sehingga HP Realme tidak dapat menyala.
  6. Sistem Android yang bermasalah sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
  7. Kabel fleksible atau penghubung LCD HP bermasalah / rusak.

Dari beberapa penyebab di atas tentunya kita bisa lebih mudah untuk melakukan perbaikan HP Realme layar hitam tapi nyala atau tidak nyala sama sekali. Selain itu, kita juga dapat melakukan pencegahan agar kondisi serupa tidak di alami lagi.

Cara Mengatasi HP Realme Layar Mati Paling Ampuh

Cara Mengatasi HP Realme Layar Mati Paling Ampuh
Cara Mengatasi HP Realme Layar Mati Paling Ampuh

Merujuk pada beberapa faktor yang menjadi penyebab layar HP Realme mati di atas, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Cara-cara ini sangat mudah dilakukan, bahkan bagi kalian yang masih awam atau pemula.

Adapun cara mengatasi HP Realme layar mati yang paling ampuh dan mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Matikan Paksa HP Realme (Restart)

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah HP Realme layar mati tapi mesin nyala yakni dengan mematikannya secara paksa. Pada kondisi ini HP Realme sedang dioperasikan seperti biasa, namun layar tiba-tiba mati dikarenakan beberapa hal. Misalnya saja, karena hang atau macet, menjalankan aplikasi atau game berat, atau aktivitas lainnya.

Untuk mengatasinya cukup dengan mematikan daya HP secara paksa dengan cara menekan dan tahan tombol Power atau Daya selama beberapa detik. Biasanya HP akan bergetar setelah tombol Power tersebut ditekan lama, menandakan HP sudah mati. Diamkan beberapa saat, kemudian nyalakan kembali HP Realme dengan menekan dan tahan tombol Power lagi.

2. Mengecas HP Hingga Penuh 100%

Cara yang kedua ini bisa dilakukan jika layar HP Realme mati tiba-tiba dikarenakan daya baterai habis atau nge-drop. Daya baterai sampai habis tidak tersisa dikarenakan pengguna terus mengoperasikannya. Atau bisa juga karena faktor usia sehingga membuat daya baterai cepat habis dan membuatnya drop.

Untuk masalah satu ini solusinya dengan mencharging HP Realme menggunakan charger original. Pada awalnya mungkin layar HP tetap mati dan tidak muncul apa-apa. Akan tetapi, jika sudah dibiarkan selama beberapa saat biasanya akan muncul indikator baterai yang menandakan HP sedang mengisi daya.

Biarkan HP dicharging selama beberapa waktu, sekitar 2 hingga 3 jam sampai daya baterainya penuh 100%. Jika sudah penuh, selanjutnya kamu bisa melepas charger dan menghidupkan HP Realme seperti biasa.

3. Mendiamkan HP Selama Beberapa Waktu

Kondisi lainnya HP Realme layar tidak mau menyala sama sekali meskipun ditekan tombol Powernya selama beberapa detik. Untuk masalah satu ini, kemungkinan HP tidak bisa memproses perintah yang diberikan oleh pengguna. Bisa juga dikarenakan HP suhu-nya terlalu panas sehingga tidak dapat berfungsi optimal.

Untuk mengatasinya bisa dengan mendiamkan HP selama beberapa saat, sekitar 10 hingga 30 menit. Pada langkah ini kamu bisa melepas kartu SIM dan microSD yang terpasang di HP. Jika memungkinkan kamu juga dapat melepas baterai HP Realme, akan tetapi ini perlu membongkar bodi belakang HP.

Jika suhunya sudah normal kembali, selanjutnya pasang semua komponen eksternal yang dilepas tadi. Kemudian hidupkan HP seperti biasa, maka masalah layar mati pada HP Realme sudah teratasi.

4. Melakukan Flashing Ulang HP Realme

Tutorial cara mengatasi HP Realme layar mati berikutnya yakni dengan melakukan flashing atau pemasangan firmware ulang pada HP tersebut. Cara ini biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah berat pada HP, termasuk HP Realme mati total atau matot. Sayangnya, melakukan cara ini akan membuat semua data di HP akan terhapus secara permanen.

Untuk melakukan flash ulang HP Realme layar mati total, kamu perlu menyiapkan PC atau laptop, driver USB Realme for Windows, file firmware sesuai tipe HP Realme, dan software Realme Flash Tool atau RFT. Sementara untuk tutorial flashing ulang HP Realme bisa kalian lihat di Youtube, misalnya di sini >> Servis Realme Mati Total

5. Periksa LCD HP Realme

Realme yang tidak bisa dinyalakan layarnya bisa diindikasikan telah terjadi masalah kerusakan pada LCD HP. Komponen LCD ini memang sangat rawan mengalami kerusakan, apalagi jika terjadi insiden yang tidak diinginkan. Misalnya HP Realme terjatuh, terkena air dan air masuk ke HP, layar HP tertekan dan lain sebagainya.

Solusinya periksa kondisi LCD HP Realme dengan cara membongkarnya terlebih dahulu. Jika memungkinkan, kamu coba ganti LCD lain untuk memastikan apakah LCD Realme tersebut rusak atau tidak. Jika memang rusak, tentunya satu-satunya cara untuk mengatasinya yakni dengan ganti layar LCD.

6. Periksa Kabel Fleksibel ke LCD HP Realme

Kabel fleksibel berfungsi untuk mengubungkan LCD HP dengan komponen di HP, sehingga layar dapat menampilkan gambar dan dapat disentuh. Jika kabel fleksibel LCD ini rusak atau tidak berfungsi, tentunya membuat HP tidak dapat dinyalakan. Meskipun dalam kondisi ini mesin HP Realme masih dapat dinyalakan seperti biasa, hanya saja layar HP Realme blank hitam.

Tentunya kamu perlu melakukan pembongkaran HP untuk memastikan fungsi dari kabel fleksibelnya ini. Cobalah untuk memeriksa bagian konektor, mungkin layar mati karena konektor kabel fleksibel kurang menancap sempurna. Atau jika masih tetap, kamu bisa mencoba mengganti kabel fleksibel dengan yang lain. Jika bisa, maka dapat dipastikan kabel flaksibel sebelumnya memang sudah rusak.

7. Periksa Baterai HP Realme

Baterai bisa diibaratkan sebagai nyawa dari HP android, termasuk pada HP Realme semua tipe. Jika baterai HP mengalami masalah kerusakan, tentunya ini akan berdampak pada fungsi dari HP. Beberapa masalah kerusakan yang membuat layar HP tidak bisa nyala seperti, baterai kembung, baterai soak, baterai hangus dan lain sebagainya.

Jika terjadi hal semacam ini, solusi paling tepat adalah mengganti baterai dengan yang baru. Dengan demikian masakan HP Realme layar mati akan segera teratasi.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP Realme layar mati paling ampuh dan mudah bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Leave a Comment