Cara Mendeteksi dan Menghapus Keylogger dari Perangkat

0 1

Apakah Anda khawatir keylogger yang mencuri informasi pribadi tanpa sepengetahuan Anda di komputer atau ponsel cerdas Anda? Keylogger hadir dalam berbagai kegunaan dan bentuk, dan pada awalnya dikembangkan untuk tujuan yang sah. Artikel ini akan menjelaskan pengetahuan yang benar tentang keylogger dan menunjukkan cara mengetahui apakah perangkat Anda saat ini terindikasi adanya keylogger. Jika ditemukan, Anda dapat mencegah kerusakan lebih lanjut dengan mengambil tindakan yang tepat.

Apa itu keylogger?

Keylogger adalah perangkat lunak yang mencatat informasi seperti klik mouse dan informasi karakter yang dimasukkan dari keyboard. Awalnya, ini digunakan untuk debugging dengan merekam informasi log yang dimasukkan dalam pekerjaan pengembangan perangkat lunak, dan untuk mengumpulkan log penggunaan terminal yang tidak sah, tetapi jika ini disalahgunakan, informasi pribadi dapat dicuri.

Oleh karena itu, awalnya, kata “keylogger” itu sendiri tidak memiliki citra yang buruk, tetapi baru-baru ini banyak perangkat lunak dan aplikasi yang mengkhususkan diri dalam mendeteksi, menghapus, serta mencegah adanya keylogger pada perangkat, dan saat ini keylogger telah dianggap sebagai salah satu ancaman.

keylogger

Jenis Keylogger

Ada dua tipe utama keylogger, salah satunya adalah jenis perangkat lunak, dan dalam banyak kasus sering kali diserang sebuah perangkat komputer yang menginstal perangkat lunak gratis. Jenis kelogger yang kedua adalah keylogger jenis perangkat keras, yang merekam operasi keyboard dan mouse oleh seseorang yang memasang perangkat khusus ke perangkat itu sendiri. Sebagian besar terhubung ke terminal USB, dan sulit dideteksi karena hanya dipasang di antara komputer dan keyboard. Karena ini bukan perangkat lunak, hampir tidak mungkin untuk mendeteksinya dari Software anti virus.

Apa yang terjadi jika keylogger dibiarkan tanpa pengawasan?

Keylogger, seperti namanya adalah untuk mengumpulkan informasi input keyboard. Terkait penggunaan berbahaya, informasi berikut ini terutama ditargetkan.

  •  Informasi login perbankan online
  • -Informasi yang dapat digunakan untuk berbelanja seperti nomor kartu kredit dan tanggal kadaluwarsa
  • Informasi login untuk SNS, layanan internet, dll.
  • Masukkan isi email yang akan dikirim, alamat email tujuan, dll.

Ada banyak informasi lain yang bisa menjadi masalah untuk diketahui orang lain, dan keylogger mencoba mencurinya langsung dari perangkat tempat mereka dimasukkan. Bahkan jika mereka terdaftar di sini, mereka serius jika menyebabkan kerusakan nyata seperti kerusakan finansial, hubungan antarmanusia, dan efek buruk pada komunikasi kerja.

Apakah ada cara untuk mengetahui apakah ada keylogger?

Hampir tidak mungkin untuk menemukan bahwa keylogger menjangkiti perangkat Anda, ini karena keylogger tidak menunjukkan tanda-tanda perilaku apa pun. Ibarat sebuah kuda Troya, sangat terselubung dan hampir tidak mungkin ditemukan oleh software antivirus.

Di sisi lain, dalam kasus jenis perangkat keras, tidak mungkin menyembunyikan apa yang terhubung ke terminal USB, jadi periksa apakah perangkat yang mencurigakan terhubung ke komputer Anda (terutama perangkat yang terhubung ke keyboard). jadi, dimungkinkan untuk menemukannya secara visual.

Namun, itu tidak dapat dideteksi oleh perangkat lunak keamanan, dan ada tempat-tempat yang biasanya tidak Anda pedulikan, seperti koneksi keyboard, dan jika Anda tidak menyadarinya, informasi input kunci akan dicuri tanpa henti.

Kerusakan keylogger di smartphone, bukan hanya PC

Dalam beberapa tahun terakhir, karena kinerja smartphone yang lebih tinggi, banyak orang menggunakan layanan yang sama seperti komputer pribadi. Penggunaan layanan yang berkaitan dengan uang seperti belanja online, perbankan online, investasi saham, dan investasi FX, dan penggunaan konten pribadi seperti browsing dan memposting di SNS semakin meningkat. 

Tidak heran jika keylogger menargetkan ID dan kata sandi yang digunakan untuk mengautentikasi dengan layanan ini. Khususnya di Android, banyak keylogger yang dapat diperoleh dengan mudah telah dikembangkan, dan penting untuk diperhatikan bahwa ada banyak peluang bagi penyerang untuk mendapatkannya.

Tindakan pencegahan untuk mencegah keylogger berbahaya mencuri informasi

Seperti yang disebutkan di awal, keylogger pada awalnya tidak dikembangkan untuk penyalahgunaan. Keylogger yang seharusnya disalahgunakan sekarang dikenali sebagai ancaman, bukan yang digunakan untuk tujuan yang sah.

Berikut enam tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mencegah keylogger berbahaya mencuri informasi Anda.

1. Instal dan aktifkan software security

Untuk mendeteksi dan menghapus perangkat lunak dan aplikasi yang mencurigakan termasuk keylogger, dan untuk mencegah gangguan baru, penting untuk menginstal software security. Ini juga memberikan perlindungan terhadap malware selain keylogger.

2 Gunakan alat manajemen kata sandi

Keylogger memantau dan mengumpulkan informasi input keyboard. Meskipun keylogger tetap tidak dapat dilepas, risiko dicuri sangat berkurang jika Anda tidak memasukkan kredensial penting dari keyboard. Alat manajemen kata sandi adalah cara yang efektif untuk menangani risiko ini.

3. Gunakan keyboard keamanan (Security Keyboard)

Sebagai ukuran keylogger, lembaga keuangan dan perusahaan kartu mungkin memiliki security keyboard. Tidak perlu memasukkan keyboard karena informasi otentikasi dimasukkan dengan mengklik (mengetuk) tombol di layar. Ini mencegah kebocoran informasi oleh keylogger.

4 Jangan memasukkan informasi pribadi di ruang publik

Komputer warnet adalah perangkat yang digunakan bersama oleh banyak orang, sehingga penyerang dapat dengan mudah mengatur keylogger untuk perangkat lunak dan perangkat keras. Hindari memasukkan informasi pribadi sensitif pada perangkat yang dibagikan di ruang publik.

Selain itu, ini mirip dengan konsep keamanan bahwa Anda tidak boleh memasukkan informasi rahasia saat tersambung melalui LAN nirkabel publik. Meskipun tidak terkait langsung dengan keylogger, tindakan pencegahan untuk LAN nirkabel publik juga penting.

5 Jangan menginstal perangkat lunak atau aplikasi yang meragukan

Banyak pengguna masih terinfeksi perangkat lunak perusak dengan memasang perangkat lunak dan aplikasi yang meragukan, perangkat lunak dan aplikasi yang diunduh dari situs mencurigakan, file yang diunduh secara ilegal, dll., sadarilah bahwa itu berisiko seperti makan tanpa berpikir.

6. Periksa komputer Anda untuk perangkat yang mencurigakan

Keylogger jenis perangkat keras berkembang dari tahun ke tahun karena miniaturisasi dan kamuflase yang terampil. Hanya karena Anda mencarinya dan tidak menemukan sesuatu yang mencurigakan, bukan berarti aman untuk masa depan.

Anda disarankan untuk membiasakan diri memeriksa terminal USB, dll. Secara teratur untuk melihat apakah ada barang yang mencurigakan yang terpasang.

Ringkasan

Bagi yang belum familiar dengan kata keylogger mungkin tampak seperti ancaman baru, namun nyatanya keylogger sendiri memiliki sejarah yang panjang dan telah digunakan untuk berbagai keperluan cukup lama.

Keylogger pasti telah berkembang sepanjang sejarah mereka, dan taktik mereka menjadi lebih canggih. Informasi rahasia setelah bocor tidak dapat dipulihkan. Kami berharap informasi dalam artikel ini berguna bagi Anda untuk memiliki pemahaman yang benar tentang keylogger dan mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah kerusakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.