4 Cara Menampilkan Angka 0 di Excel 2013 Terbaru

GuruNavara.com – Cara menampilkan angka 0 di Excel sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Bahkan bagi kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk melakukannya. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan, kamu bisa memilih cara mana saja yang kamu anggap mudah dan praktis untuk dilakukan. Beberapa cara ini sebenarnya bukan hanya bisa diterapkan di Ms. Excel 2013 saja, melainkan juga di versi Microsoft Excel lama dan terbaru.

Mengenai angka 0 di Ms. Excel, biasanya memang akan hilang dengan sendirinya ketika kita mengetiknya di awal cell atau sel. Hal ini terjadi karena settingan default dari Excel yang otomatis menyembunyikan angka nol (0). Untuk mengatasinya, kita perlu melakukan pengaturan ulang agar dapat menampilkan angka 0 di Ms Excel saat diketik di awal kata atau angka. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Menampilkan Angka 0 di Excel 2013 Terbaru

Cara Menampilkan Angka 0 di Excel 2013 Terbaru
Cara Menampilkan Angka 0 di Excel 2013 Terbaru

Terdapat 4 cara mudah menampilkan angka nol di Excel 2013 maupun versi lama dan terbaru. Keempat cara ini sama-sama mudah untuk diterapkan, bahkan bagi kamu yang masih pemula. Tinggal kamu pilih saja cara mana yang dianggap paling mudah untuk diterapkan, serta sesuaikan dengan kebutuhan.

Adapun cara menampilkan angka 0 di Excel 2013 dan versi Ms Excel lain selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menambahkan Tanda Petik di Depan Angka Nol “0”

Cara yang pertama ini merupakan trik paling mudah dan praktis untuk mengatasi angka nol hilang saat diketik di awal cell Ms. Excel. Cukup dengan menambahkan tanda petik satu di depan angka 0 yang kita tulis, maka angka 0 akan tidak akan hilang atau tersembunyi lagi.

Sebagai contohnya kamu akan menulis angka 081234567890 di cell pada Ms Excel. Maka, agar angka nol di depan tidak hilang, kamu menulisnya harus seperti ini ‘081234567890. Dalam hal ini bukan angka nol di depan akan tetap ada dan tanda petiknya saja yang menghilang atau tersembunyi.

2. Menampilkan Angka 0 di awal Sel Lewat Excel Options

Untuk cara yang kedua yakni kita dapat melakukan pengaturan dalam hal penggunaan angka nol di awal sel melalui halaman Excel Options. Cara ini cukup mudah dan praktis untuk diterapkan, bahkan tidak perlu langkah-langkah yang panjang. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka Microsoft Excel seperti biasa di perangkat PC atau laptop.
  2. Kemudian buat lembar dokumen baru atau bisa juga membuka dokumen yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Pada halaman kerja Ms Excel, kamu klik menu FILE yang ada di bagian pojok kiri atas tampilan.
  4. Kemudian pilih menu Options atau Opsi.
  5. Akan muncul jendela Excel Options di sana, selanjutnya klik pada menu Advanced atau Tingkat Lanjut yang ada di menu sebelah kiri tampilan.
  6. Gulir ke bawah sampai kamu menemukan opsi “Show a zero in cells that have zero value” atau “Perlihatkan nol dalam sel yang memiliki nilai nol”. Jika sudah ketemu, sekarang kamu berikan tanda centang pada kotak yang ada di sebelah kanan opsi tersebut dan simpan perubahan dengan klik OK.
  7. Selesai

Sekarang kamu bisa mencoba mengetik angka nol di awal sel pada Ms. Excel, maka angka nol tersebut akan tetap terlihat alias tidak hilang lagi.

3. Mengubah Format Sel Menjadi Teks

Cara menampilkan angka 0 di Excel 2013 selajutnya yakni dengan mengubah format sel yang ingin ditulis angka 0 dibagian depan. Cara ini hanya berlaku untuk cell yang dipilih saja, sementara cell di Excel yang tidak dipilih akan tetap tersembunyi angka nol-nya. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka Microsoft Excel di perangkat PC atau laptop.
  2. Kemudian buat dokumen baru atau membuka dokumen yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Sekarang pilih salah satu sel yang ingin diubah formatnya menjadi teks. Jika ingin mengubah beberapa sel sekaligus, maka kamu seleksi dengan cara tekan dan tahan salah satu sel dan tarik ke atas / ke bawah / ke samping sesuai kebutuhan.
  4. Jika sudah diseleksi, sekarang kamu arahkan pada sel yang diseleksi tersebut dan klik kanan pada mouse.
  5. Kemudian pilih opsi Format Cells, maka jendela baru akan muncul di sana.
  6. Selanjutnya pada tab Number, kamu pilih opsi Teks atau Text yang ada di bawahnya. Kemudian simpan dengan klik OK.
  7. Selesai.

Sekarang kamu sudah berhasil mengubah format cell menjadi teks sehingga saat mengetik angka nol, angka tersebut tidak akan hilang dengan sendirinya.

4. Melakukan Custom pada Format Sel di Excel

Jika kamu tidak ingin mengubah format sel ke teks, melainkan tetap ingin menggunakan format angka atau general, maka cara ini bisa dilakukan. Cara ini juga akan mencegah angka nol menghilang saat diketik di awal sel. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka Microsoft Excel seperti biasa di PC atau laptop.
  2. Kemudian buat dokumen baru atau membuka dokumen yang sudah dibuat sebelumnya.
  3. Sekarang pilih dan seleksi sel yang ingin dicustom ulang formatnya.
  4. Kemudian klik kanan pada sel yang diseleksi atau dipilih tersebut, lalu pilih opsi Format Cells.
  5. Jendela baru akan muncul, kemudian kamu klik pada tab Number.
  6. Di bawahnya kamu pilih opsi Custom. Lalu pada bagian Type, kamu ketik kode “0”# lalu simpan dengan klik OK.
  7. Selesai.

Sekarang kamu coba lagi mengetik angka nol di awal cell, sekarang angka nol tersebut tidak akan hilang atau tersembunyi lagi.

Itulah tadi beberapa cara menampilkan angka 0 di Excel 2013 dan versi lainnya yang mudah dan praktis bisa kalian terapkan sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat untuk pembaca semuanya.

Leave a Comment