7 Cara Memunculkan Keyboard di Laptop Windows 11 Terbaru

GuruNavara.com – Cara memunculkan keyboard di laptop atau PC biasanya diperlukan ketika keyboard fisik tidak berfungsi atau error. Layaknya di perangkat smartphone, pada perangkat laptop Windows khususnya kita dapat menampilkan keyboard virtual. Pada laptop dengan dukungan layar touchscreen, tentunya kita dapat mengetik dengan mudah pada keyboard virtual hanya dengan menyentuh layarnya.

Sementara untuk perangkat laptop yang tidak dibekali layar sentuh, maka dapat menekan tombol di keyboard virtual ini menggunakan kursor mouse. Keyboard virtual di Windows 11 khususnya tampilannya dibuat sama dengan keyboard fisik pada umumnya. Setiap tombol yang disediakan dibuat sama sehingga bisa dijadikan alternatif terbaik saat keyboard fisik laptop rusak atau tidak berfungsi optimal.

Cara Memunculkan Keyboard di Laptop Windows 11 Terbaru

Cara Memunculkan Keyboard di Laptop Windows 11 Terbaru
Cara Memunculkan Keyboard di Laptop Windows 11 Terbaru

Pada perangkat laptop yang dibekali dengan OS Windows, biasanya dibekali dengan keyboard virtual bawaan yang diberi nama Keyboard On-Screen atau Keyboard Layar. Fitur ini sudah tersedia secara otomatis sehingga kita tidak perlu memasangnya secara manual. Untuk fungsinya sama seperti keyboard fisik pada umumnya, yakni sebagai komponen inputan.

Sayangnya, masih banyak pengguna Windows 11 yang belum tahu cara menampilkan keyboard on screen di laptopnya tersebut. Setidaknya terdapat 8 cara memunculkan keyboard di laptop Windows 11 tersebut, antara lain:

1. Menampilkan Keyboard Virtual Lewat Taskbar

Cara yang pertama untuk memunculkan keyboard virtual di laptop Windows 11 yakni dengan melalui Taskbar. Jika kalian belum tahu taskbar, ini adalah tampilan di bawah layar laptop Windows yang biasanya berisi ikon di sebalah kanan, ikon aplikasi di tengah dan ikon Windows di sebelah kiri.

Untuk langkah-langkah menampilkan keyboard layar di Windows 11 melalui taskbar tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu klik kanan pada area kosong di Taskbar.
  2. Kemudian pilih opsi Pengaturan Taskbar.
  3. Akan ditampilkan jendela Pengatutan Tasbar di sana.Kemudian gulir ke bawah dan aktifkan fitur Keyboard Sentuh dengan menggeser tombol slidernya yang ada di sebalah kanan hingga berubah warna menjadi biru.
  4. Nantinya pada bagian sisi kanan tasbar akan muncul ikon baru, yakni berupa ikon Keyboard Sentuh. Klik pada ikon Keyboard Sentuh tersebut untuk memunculkan keyboard virtual di layar laptop.
  5. Selesai.

Sementara untuk menghilangkan keyboard virtual di layar tersebut, cukup klik ikon X yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan keyboard. Keyboard virtual satu ini merupakan bawaan dari laptop, bukan keyboard on screen Windows. Saya menerapkannya di laptop Lenovo Thinkpad.

2. Menampilkan Keyboard Virtual Lewat Menu Pencarian

Sementara untuk cara yang kedua ini kita akan menampilkan keyboard virtual bawaan dari Windows, bukan keyboard layar bawaan laptop Lenovo seperti cara pertama di atas. Jadi, cara ini bisa diterapkan di semua merek dan tipe laptop, yang terpenting sudah menggunakan OS Windows semua versi.

Untuk langkah-langkah menampilkan Keyboard On Screen di Windows 11 tersebut, yakni:

  1. Langkah pertama kamu klik pada menu Pencarian yang ada di Taskbar.
  2. Kemudian pada kolom pencarian kamu ketik “keyboard layar” atau “On-screen Keyboard”.
  3. Nantinya akan muncul menu Keyboard Layar atau On Screen Keyboard di hasil pencarian. Kamu klik saja pada menu Keyboard Layar tersebut.
  4. Secara otomatis keyboard virtual akan ditampilkan di layar dan kamu bisa menggunakannya.
  5. Selesai.

Untuk menonaktifkan kembali keyboard layar di laptop Windows tersebut, kamu cukup klik ikon X yang ada di sebelah pojok kanan atas tampilan keyboard virtual.

3. Menampilkan Keyboard Virtual Lewat Pengaturan

Pada perangkat laptop yang mengadopsi OS Windows 8, 10, 11 dan yang terbaru memiliki tampilan layaknya perangkat mobile. Di sana kita bisa menemukan menu Pengaturan atau Settings yang memuat semua opsi untuk mengatur fitur dan fungsinya. Dalam hal ini kita dapat memunculkan keyboard virtual melalui menu Pengaturan atau Settings tersebut.

Adapun langkah-langkah menampilkan keyboard layar di laptop melalui Pengaturan tersebut, yakni:

  1. Pertama kamu klik ikon Windows di Taskbar atau tekan tombol Windows di Keyboard.
  2. Kemudian klik pada menu Pengaturan atau Settings.
  3. Selanjutnya pilih opsi Aksesibilitas atau Accessibility.
  4. Kemudian pilih opsi Keyboard yang ada di tampilan sebelah kanannya.
  5. Untuk memunculkan keyboard layar, kamu klik tombol slider yang ada di sebelah kanan opsi Keyboard Layar.
  6. Selesai.

Sama seperti cara di atas, untuk menghilangkan lagi keyboard layar cukup dengan menekan ikon X yang ada di pojok kanan atas tampilkan keyboard layar tersebut.

4. Menampilkan Keyboard Virtual Menggunakan Kombinasi Tombol

Khusus bagi kamu yang lebih suka dengan cara praktis, cara keempat ini bisa dipilih. Cara memunculkan keyboard di laptop Windows selenjutnya yakni dengan menggunakan kombinasi tombol di keyboard fisik.

Kombinasi tombol keyboard untuk menampilkan keyboard virtual di layar tersebut yakni Ctrl + Windows + O. Secara otomatis Keyboard Layar akan langsung ditampilkan di layar laptop.

5. Menampilkan Keyboard Virtual Lewat Menu Run

Pintasan untuk mengeluarkan keyboard virtual di layar laptop Windows 11 lainnya adalah dengan melalui menu Run. Cara ini cukup praktis untuk dilakukan dan hanya memerlukan 2 langkah saja untuk menampilkan keyboard on screen tersebut.

  1. Langkah yang pertama buka menu Run dengan cara menekan kombinasi tombol Windows + R.
  2. Jendela Run akan di tampilkan di pojok kiri bawah tampilan.
  3. Selanjutnya ketik perinta “osk” (tanpa tanda petik dua) di kolom yang tersedia.
  4. Lalu tekan Enter atau OK. Maka On Screen Keyboard akan langsung ditampilkan.
  5. Selesai.

Sementara untuk mengeluarkan lagi On Screen Keyboard, cukup tekan ikon X di pojok kanan tampilan keyboard layar.

6. Menampilkan Keyboard Virtual Lewat Command Prompt

Trik untuk memunculkan on screen keyboard di laptop Windows 11 lainnya yang tidak kalah mudah yakni melalui jendela CMD atau Command Prompt. Cara ini sangat mudah dilakukan dan tidak butuh langkah-langkah yang panjang.

  1. Pertama kamu buka jendela CMD atau Command Prompt dengan klik menu Pencarian di Taskbar.
  2. Kemudian ketik “cmd” (tanpa tanda petik dua) dan menu Command Prompt akan muncul di hasil pencarian. Kamu klik pada menu Command Prompt tersebut untuk membukanya.
  3. Pada jendela Command Prompt yang ditampilkan, sekarang kamu ketik perintah “osk” (tanpa tanda petik dua).
  4. Jika sudah, selanjutnya tekan tombol Enter di keyboard. Maka On Screen Keyboard akan langsung ditampilkan.
  5. Selesai.

7. Menampilkan Keyboard Virtual Lewat Control Panel

Dan cara memunculkan keyboard di laptop Windows 11 yang terakhir yakni melalui jendela Control Panel atau Panel Kontrol. Untuk langkah-langkah mengaktifkan keyboard virtual di layar Windows melalui Control Panel tersebut, yakni:

  1. Buka menu Pencarian yang ada di Taskbar.
  2. Kemudian ketik “control panel” atau “panel control di kolom pencarian.
  3. Maka menu Panel Kontrol atau Control Panel akan muncul di hasil pencarian, kamu klik pada menu tersebut.
  4. Pada jendela Control Panel, kamu masuk ke opsi Kemudahan Akses atau Easy Access.
  5. Kemudian masuk ke opsi Pusat Kemudahan Akses atau Easy Access Centre.
  6. Dan klik menu Aktifkan Keyboard Layar atau On Screen Keyboard Activated.
  7. Selesai.

Itulah tadi beberapa cara memunculkan keyboard di laptop Windows 11 yang mudah dan praktis bisa kalian terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Leave a Comment