3 Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di HP Samsung

GuruNavara.com – Banyak yang belum tahu cara memindahkan aplikasi ke SD card di HP Samsung semua tipe atau seri. Padahal cara ini sangat mudah diterapkan, bahkan bagi kalian yang masih awam. Hanya dengan beberapa langkah saja, data aplikasi akan dipindahkan seluruhnya ke memori eksternal atau kartu microSD. Hal ini bisa dilakukan untuk menghemat ruang penyimpanan internal di HP Samsung.

HP Samsung sendiri biasanya dibekali dengan kapasitas memori internal yang bervariasi, mulai dari 8GB, 16GB, 32GB, 64GB, hingga 128GB. Untuk HP Samsung dengan ukuran memori internal besar mungkin tidak begitu memikirkan ruang penyimpanan. Berbeda lagi jika ruang memori internal HP tidak terlalu besar, sehingga mudak penuh. Memindahkan data aplikasi terinstall di HP Samsung menjadi solusi terbaik untuk dilakukan. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di HP Samsung

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di HP Samsung
Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card di HP Samsung

Sangat mudah untuk memindahkan aplikasi ke memori eksternal di HP Samsung, bahkan kamu yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk melakukannya. Setidaknya ada 3 cara mudah untuk pemindahan data aplikasi terinstall di Samsung ke memori eksternal tersebut.

Adapun cara memindahkan aplikasi ke SD card di HP Samsung selengkapnya, sebagai berikut:

1. Memindahkan Aplikasi ke microSD di Samsung Lewat Pengaturan

Cara yang pertama untuk memindahkan penyimpanan data aplikasi terpasang ke memori eksternal atau microSD di HP Samsung yakni lewat menu Pengaturan atau Settings. Cara ini diklaim sebagai cara termudah untuk dilakukan saat ini. Hampir semua seri HP Samsung sudah menyediakan fitur semacam ini, baik Samsung keluaran lama maupuan baru.

Adapun cara memindahkan aplikasi di penyimpanan internal ke kartu SD lewat Pengaturan Samsung tersebut, yakni:

  1. Langkah pertama kamu buka menu Pengaturan atau Settings di HP Samsung.
  2. Gulir ke bawah lalu masuk ke opsi Aplikasi atau App.
  3. Selanjutnya cari dan pilih aplikasi yang ingin dipindahkan penyimpanan datanya ke SD Card atau Kartu SD tersebut.
  4. Halaman Informasi Aplikasi akan ditampilkan di sana, selanjutnya klik pada opsi Penyimpanan atau Storage.
  5. Kemudian klik menu Ubah yang ada di bawah nama aplikasi yang dipilih tadi. Lalu pilih opsi Nama microSD (memori eksternal) yang kamu gunakan.
  6. Konfirmasi dengan klik tombol Pindah dan tunggu hingga proses pemindahan data aplikasi ke kartu SD berhasil. Lakukan cara yang sama untuk memindahkan aplikasi lainnya.
  7. Selesai.

Selama proses pemindahan data, aplikasi yang dipindahkan datanya tersebut tidak akan bisa diakses. Dan sebaiknya jangan keluar dari halaman tersebut sebelum proses pemindahan data aplikasinya selesai.

2. Memindahkan Aplikasi ke microSD di Samsung Layar Utama

Sebenarnya cara ini hampir sama dengan cara pertama di atas, bedanya cara mengakses fiturnya yang berbeda. Pastikan kamu telah memasang kartu SD yang ingin digunakan untuk penyimpanan data di HP Samsung milikmu. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah pertama kamu buka layar kunci HP hingga masuk ke layar menu utama HP Samsung.
  2. Sekarang cari ikon aplikasi yang ingin kamu pindahkan penyimpanannya ke memori eksternal atau microSD.
  3. Jika sudah ketemu, sekarang kamu tekan dan tahan pada ikon aplikasi yang ingin dipindahkan ke kartu SD tersebut hingga muncul beberapa opsi di sana.
  4. Selanjutnya pilih opsi Info Aplikasi, maka kamu akan dibawa ke halaman Informasi Aplikasi.
  5. Kemudian klik menu Ubah yang ada di bawah nama dan ikon aplikasi. Lalu pilih nama memori eksternal yang tersedia di sana.
  6. Lanjutkan dengan klik tombol Pindah dan tunggu hingga proses pemindahan data aplikasi berhasil.
  7. Selesai.

Cara memindahkan aplikasi ke SD card di HP Samsung ini cukup mudah dilakukan. Sayangnya, beberapa tipe HP Samsung mungkin belum menyediakan fitur tersebut. Selain itu, terdapat beberapa aplikasi yang tidak bisa dipindahkan data penyimpanannya, misalnya saja aplikasi sistem dan aplikasi bawaan HP Samsung.

3. Memindahkan Aplikasi ke microSD di Samsung dengan Aplikasi Tambahan

Sementara untuk cara yang ketiga atau terakhir ini, kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pemindahan data aplikasi dari memori internal ke memori eksternal. Ada banyak jenis aplikasi yang bisa digunakan, salah satunya adalah AppMgr III (App 2 SD) yang bisa diinstall melalui Google Play Store.

Aplikasi untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD satu ini bisa digunakan secara gratis. Termasuk aplikasi paling populer, tercatat saat ini ada sekitar 50 juta lebih pengguna aktif dari aplikasi tersebut. Untuk langkah-langkah memindahkan aplikasi ke memori eksternal dengan apliaksi AppMgr III (App 2 SD) tersebut, yakni:

  1. Langkah yang pertama kamu download dan install aplikasi AppMgr III (App 2 SD) di HP androidmu.
  2. Jika sudah, sekarang kamu jalankan aplikasi tersebut.
  3. Berikan izin akses pada aplikasi ini agar dapat berfungsi optimal, caranya klik opsi Izinkan.
  4. Nantinya aplikasi akan melakukan scanning dan memisahkan beberapa aplikasi sesuai tempat penyimpanannya. Sekarang kamu masuk ke tab atau menu MOVABLE.
  5. Kemudian pilih menu AppMgr III yang ada di sana.
  6. Akan ditampilkan beberapa aplikasi yang dapat dipindahkan ke kartu SD. Sekarang kamu pilih salah satu aplikasi yang ingin kamu pindahkan penyimpanannya ke memori eksternal, lalu konfirmasi pemindahan.
  7. Selesai.

Kamu bisa melakukan cara yang sama untuk memindahkan aplikasi lainnya ke memori eksternal milikmu. Untuk melihat aplikasi apa saja yang sudah berhasil dipindah ke kartu SD, kamu bisa melihatnya pada menu ON SD CARD.

Itulah tadi beberapa cara memindahkan aplikasi ke SD card di HP Samsung semua tipe yang mudah bisa kalian terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Leave a Comment