Cara Membuat Toko Menjadi Ramai

0 2
Cara Membuat Toko konvesional menjadi sangat ramai sebenar nya mudah asal anda paham faktor apa saja yang harus anda perbaiki dari toko anda. Mau tidak mau abad 21 ini banyak toko toko offline yang semakin mengecil karena kalah persaingan dengan toko yang lebih besar dan toko-toko online. Nah karena hal itu lah maka anda sebagai sang pemilik toko harus tau Cara Membuat Toko Menjadi Ramai yang akan kami jelaskan secara detail di bawah ini. 

Perlu anda pahami, toko yang ramai tentu karena banyak faktor ya, dan jangan jadi orang sok mistis …karena ada sebagian masyarakat indonesia yang masih suka hal hal yang berbau mistis misal nya:

“Itu toko A ramai banget, pasi pakai penglaris”

” Toko ku kok selalu sepi ya, pasti ada yang jahilin pake ini itu, kalau gitu jangan jangan ada yang buang tanah kuburan lagi di depan toko ini deh? “

Ingat….jauh kan pikiran anda dari hal hal yang mirip dengan 2 contoh di atas, intinya jika anda pemilik toko maka pastikan anda rajin ibadah, banyak berdoa dan sedekah, plus ikuti trik di bawah ini, hehehe

Pertama untuk langkah membuat toko menjadi ramai kita pastikan dulu toko apa yang menjadi contoh nya, anggap dalam kasus ini kita ambil contoh toko sembako atau kelontong lah ya, karena kebanyakan toko adalah toko sembako, untuk toko yang lain perlakuan nya juga sama kok…tapi lebih mudah nya dan banyak nya toko di sekitar kita, kita ambil contoh toko sembako, yang mana di dalam nya menjual banyak aneka barang kebutuhan keluarga alias toko lengkap, hehehehe

Jadi simak baik baik Trik Membuat Toko ramai pengunjung di bawah ini

1. Pastikan kebersihan nya

Oke point yang penting pertama kali bagi anda yang pengen tau tips meramaikan toko adalah “KEBERSIHAN”. Ingat..kebersihan dalam hal ini adalah bersifat umum ya….

Kebersihan pakaian, kebersihan tempat dan peralatan serta dagangan, ini penting. Bayangkan semisal anda membeli ke sebuah toko di mana pemilik nya tampak jorok, atau ingusan mungkin atau dekil atau yang lain nya, bagaimana rasanya? Apakah nyaman? Yup sangat tidak nyaman. Jadi ini penting sekali dan merupakan hal pertama yang harus anda lakukan.

Jadi, ketika anda mulai membuka toko pastikan anda telah mandi, dan wangi. Jika anda memiliki karyawan pastikan juga demikian. Pastikan juga toko dalam ke adaan bersih. Pagi pagi sekali toko harus telah di sapu bersih, bahkan di pel jika perlu. Ingat….ada sebagian orang yang benar benar pecinta kebersihan, dan siapa tau mereka salah satu pelanggan anda.

Selanjut nya selain pakaian kerja dan tempat kerja yang harus bersih, maka yang tak kalah penting lain nya adalah semua dagangan harus bersih.

Saya pernah belanja di sebuah toko, saat itu saya ingin membeli susu kaleng dan sardines. Ketika mau tak ambil di rak, tak lihat sardines nya kaleng nya berdebu dan kaleng susu nya juga full dengan debu. Alhasil saya tidak jadi belanja. Paham?

Jadi bersihkan debu debu dari dagangan anda. Lap lap semua kaleng kaleng susu, sarden, atau barang barang yang laen dari debu. 

Jika hal di atas telah anda lakukan, maka pelanggan saya jamin 100% betah masuk toko anda.

2. Ramah terhadap semua pelanggan

Belajar nya dari alfa mart atau indomart. Senyum selalu menghiasi pegawai, ramah, dan wangi. Ini penting untuk anda. Pastikan anda murah senyum dan tidak berlebihan.

3. Ambil peluang se kecil mungkin

Terkadang pelanggan menjadi kesal karena gara gara tidak bisa membeli barang dalam jumlah kecil, misal nya beli tepung 1 kg, beli telur 5 ribu dll….

Intinya jika anda ingin toko yang semula sepi jadi ramai maka ambil lah peluang se kecil mungkin. Apapun yang dibutuhkan pelanggan, asal anda masih mampu melayani dan dalam batas wajar maka ambil peluang itu, karena itu akan menciptakan kenangan tersendiri bagi pelanggan.

Misal, ada pelanggan yang ingin beli gula, karena saat ini tidak punya uang maka dia hanya beli 1/2 kg. Maka layani saja, timbangkan. Siapa tau suatu saat dia beli 10 kg..siapa tau tau… MAKA ambil peluang se kecil mungkin ini penting. Paham?

4. Sering sering lah survey perbandingan harga

Nah dari semua hal di atas yang telah saya jabarkan, maka point 4 ini perlu anda garis tebal kan, yaitu survey harga. Mengapa? Karena jangan sampai anda menjual jauh lebih tinggi dari pada toko toko yang lain. Patokan nya adalah harga kurang lebih sama, selisih dikit tidak jadi soal, asal tidak jauh selisih nya. Kalau bisa ya sama, bahkan lebih murah sedikit.

Cara Membuat Toko Menjadi Ramai

Contoh pada suatu ketika saya ingin membeli Al quran samsia A5 khot usmani. Lalu saya cari cari di toko besar di kota saya. Berapa harganya?  90 ribu per satu nya …fantastis bukan beda nya? cek di online di bawah ini.

Cara Membuat Toko Menjadi Ramai

Di shoppe harga AL quran yang sama dengan besar yang sama adalah 30 ribuan paling mahal. Lalu di tambah ongkir total menjadi 45 ribu cuma per satu nya.

Cara Membuat Toko Menjadi Ramai

Kemudian saya putuskan membeli AL quran tersebut 4 buah, dan total yang harus saya bayar plus ongkos kirim adalah 153.950, kalau kita bagi 4 maka per satu nya adalah cuma 38 ribuan.

Cara Membuat Toko Menjadi Ramai
Bukti pembelian AL quran saya

Satu contoh lagi, cek di bawah ini bukti saya membeli lampu aquarium secara online dimana harga plus ongkir adalah 86 ribuan. Mengapa saya membeli secara online? Karena saya cek di toko daerah saya tinggal, dengan lampu yang sama dan merek yang sama adalah 120 ribu pas. Bayangkan 120 ribu dengan 86 ribu, jauh bukan? 

Cara Membuat Toko Menjadi Ramai

Apa yang bisa anda ambil dari contoh di atas? Yup cek dan survey harga itu penting. Baik dengan kompetitor offline maupun online. Minimal sama lah harga nya, atau beda sedikit tidak masalah. Tapi jangan wow sekali beda nya.

5. Buat lah perbedaan dengan toko yang lain

Perbedaan dalam artian servis ya, bukan berbeda dalam hal harga. Misal, ketika belanja banyak maka anda siap antar sampai kerumah. ini penting, karena misal ada orang yang ingin belanja untuk acara hajatan atau ada acara penting, maka dia pasti belanja banyak. Jika anda bisa maka antarkan sampai depan pintu belanja nya.

Intinya apa yang bisa anda lakukan dan itu tidak dimiliki orang lain maka anda memiliki nilai plus tersendiri. Ini sekilas hanya sederhana namun ini merupakan cara rahasia membuat toko ramai pengunjung, karena ada nilai beda anda dengan yang lain.

6. Cek semua barang yang telah mendekati kadaluarsa atau expired

Melakukan cek tanggal expired suatu barang secara berkala itu penting. Jangan sampai ada pelanggan yang membeli roti yang sudah ada jamur nya, atau beli indomie yang expired hari itu juga. karena sekali saja pelanggan kecewa maka akan di ingat sepanjang masa, bahkan terkadang ada yang di gosipkan kemana mana..jadi cek tanggal kadaluarsa barang barang anda secara berkala.

Leave A Reply

Your email address will not be published.