Cara Membuat Google Form Dengan Cepat dan Mudah, Beserta Contohnya !!!

0 6

Cara Menggunakan Google Form Disertai Contoh Pembuatan Formulir Pendaftaran dengan Google Form – Kali ini admin membahas mengenai cara membuat google form dan cara menggunakan google form. Google Form adalah salah satu produk dari Google yang berguna untuk mempermudah dalam kebutuhan survey anda.

Google form dapat membuat semacam formulir pendaftaran online dan bisa juga sebagai tempat mengadakan kuis online. Saya akan berikan contoh mengenai cara membuat dan menggunakan google form ini.


Admin akan membahas :

Saya akan mencoba untuk membuat formulir pendaftaran online suatu lomba. Langkah pertama buka browser anda, pastikan anda telah login dengan email google anda dan setting bahasa anda. Lalu kunjungi situs google form.

Selanjutnya klik tanda ( + ) kosong. Lalu akan muncul halaman formulir tanpa judul dan pertanyaan tanpa judul. Pada kedua bagian tersebut anda dapat mengganti judul dan pertanyaan dengan cara klik pada salah satu bagian tersebut.

Dibawah judul terdapat deskripsi formulir. Anda dapat menambahkan sesuai dengan kebutuhan anda. Kita beralih ke bagian pertanyaan ( klik pada bagian tersebut ). Berikan pertanyaan bebas.

Kemudian untuk jawabannya, anda dapat memilih berbagai jenis tipe jawaban yang akan disajikan. Mulai dari jawaban singkat, paragraf (untuk jawaban panjang ), pilihan ganda, kotak centang, dan yang lainnya.

Pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Aktifkan ” wajib diisi ” jika memang itu perlu. Tools tipe pertanyaan ini dapat anda temukan di bagian pojok kanan atas pada bagian pertanyaan (Pilihan ganda). Tools tersebut dapat anda temukan dengan klik pada bagian ini.

Lalu untuk menambahkan pertanyaan dengan cara klik simbol ( + ) pada bagian kanan tampilan google form. Jika ingin menambahkan pertanyaan dengan tipe pilihan ganda anda tinggal ganti tipe jawaban dengan Pilihan Ganda.

Lalu akan muncul pernyataan Opsi 1. Anda dapat merubah Opsi 1 tersebut dengan klik bagian tersebut dan ganti sesuai keinginan anda. Jika ingin menambahkan opsi pilihan ganda anda tinggal klik “ Tambahkan Opsi ” .

Jika ingin menambahkan pertanyaan dengan tipe jawaban jawaban singkat. Contohnya untuk pertanyaan alamat?, asal sekolah? atau yang lain. Anda cukup klik lagi simbol ( + ) lalu ganti tipe jawaban dengan Jawaban Singkat.

Dan begitu seterusnya, anda menentukan berapa banyak pertanyaan yang akan anda ajukan. Setelah selesai menyusun pertanyaan. Oke lanjut lagi kita ke tahapan publikasi pada formulir online ini.

Setelah selesai kita tinggal klik button Kirim yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu akan ada 3 pilihan. Pertama kirim melalui email. Kedua kirim melalui alamat tautan (recommended). Ketiga melalui kode html.

Anda cukup pilih melalui alamat tautan yang terletak di tengah. Lalu klik centang untuk memperpendek link anda. Tanpa harus klik submit formulir yang anda buat otomatis telah tersimpan di google drive anda.

Jadi anda cukup menyalin alamat URL formulir online itu saja. Setelah itu anda dapat share link tersebut kepada orang yang akan anda data. Untuk melakukan peninjauan terhadap data formulir tersebut.

Anda dapat membuka kembali google form anda, lalu klik formulir pendaftaran yang baru anda buat tadi. Selanjutnya klik Menu Tanggapan disamping Menu Pertanyaan. Selesai sudah kita membuat formulir pendaftaran sederhana.

Contoh Untuk Membuat Google Form Kuis

Kedua kita akan membuat google form versi kuis. Caranya hampir sama seperti dengan cara diatas. Langkah pertama yang perlu diperhatikan dalam membuat kuis di google form adalah dengan membuat dua bagian formulir.

Bagian formulir pertama untuk menentukan identitas orang/siswa yang mengerjakan kuis seperti Alamat Email dan Nama Lengkap peserta. Bagian formulir kedua inilah yang digunakan untuk soal kuis anda.

Cara kerjanya seperti ini. Ketika peserta sudah membuka halaman web kuis. Peserta akan diminta untuk mengisi form email dan nama lengkap terlebih dahulu pada bagian 1. Lalu setelah selesai peserta baru akan mengerjakan soal.

Langkah ini digunakan untuk mempermudah penilaian antar individu. Cara menambahkan bagian formulir yaitu, anda cukup klik tombol “ Tambahkan Bagian ” dengan simbol dua persegi panjang kecil di samping kanan formulir.

Isikan pada bagian pertama formulir dengan Alamat Email ( klik setelan > beri centang “ kumpulkan alamat email > simpan ” ) dan Nama Lengkap peserta. Pada bagian formulir kedua tambahkan pertanyaan baik jawaban yang berjenis pilihan ganda maupun text jawaban singkat.

Setelah selesai menyusun ( langkah sama seperti contoh pertama tadi untuk menyusun pertanyaan dan jawabannya ). Klik Setelan dengan simbol jeruji yang terletak disamping kiri tombol Kirim.

Lalu akan ada menu Umum, Presentasi, dan Kuis. Pada bagian itu Klik menu Kuis, lalu aktifkan tombol “ jadikan ini sebagai kuis ” lalu anda dapat menyetel ketentuan yang ada.

Jika sudah klik Simpan. Lalu klik pada setiap pertanyaan yang anda buat tadi. Klik ” Kunci dan Jawaban ” lalu isikan jawaban yang benar dan jangan lupa juga isikan nilai point yang di dapat jika berhasil menjawab pertanyaan tersebut. klik ” Edit Pertanyaan ” untuk kembali.

Langkah terakhir klik Kirim, lalu pilih dengan tipe “ Tautan ” seperti yang saya contohkan sebelumnya tadi. Untuk melihat hasil di menu Tanggapan disebelah kanan Menu Pertanyaan.

Jika anda ingin mengganti tampilan formulir dengan gambar atau warna lain anda cukup klik simbol palette ( disebelah kiri simbol mata ). Anda dapat menjelajahi lebih banyak mengenai tool tool yang ada di google form ini.

Jadi Kesimpulannya

Dalam melakukan pembuatan formulir pendaftaran online atau membuat kuis dengan google form sangatlah mudah untuk dilakukan. Panduan diatas merupakan salah dua implementasi dari dibentuknya fitur google form ini.

Lihat juga : Cara Mengamankan Akun Google Anda

Jangan khawatir mengenai data formulir yang akan anda buat. Karena semua formulir yang anda buat secara otomatis telah tersimpan di google drive pada masing-masing akun google kalian.


Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Sekian dari artikel Cara Membuat Google Formulir Menggunakan Google Form . Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat, terima kasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.