Cara Membuat Export Excel di PHP Codeigniter

Cara Membuat Export Excel di PHP Codeigniter – Artikel ini akan membahas Tutorial cara export data dari database ke excel dengan PHP_XLSXWriter di framework codeigniter. Admin akan menggunakan library dari PHP_XLSXWriter. Anda dapat mengunduhnya di github resmi PHP_XLSXWriter.

Size file zip dari library tersebut sangat kecil yaitu kurang lebih 55 kb. Lalu extract file tersebut kemudian cari file dengan nama xlsxwriter.class.php lalu letakkan file tersebut di applicationthird_partyxlsxwriter.class.php.

Karena kita hanya membutuhkan file tersebut untuk dapat mempermudah melakukan export excel.  Untuk informasi saja sebenarnya juga terdapat library lain selain PHP_XLSXWriter yaitu library PHPExcel.


Baca juga : Cara Upload File Dengan Ajax (Upload file tertanpa reload) 

Kenapa admin lebih memilih menggunakan library PHP_XLSXWriter? Karena ukurannya yang kecil, lebih cepat dan cara penggunaannya yang simple. Ok kita lanjut lagi, saat anda mengunduh library PHP_XLSXWriter dan kemudian mengextraknya, di dalam folder tersebut terdapat folder dengan nama examples.

Script function export excel di controller php codeigniter

Dimana di dalam folder examples tersebut terdapat contoh contoh penggunaan library export excel tersebut. ok itu hanya sekedar informasi untuk anda, kita lanjut. Pertama kita buat function dengan nama exportExcelGan() *nama bebas sebenarnya.

Lalu lakukan konfigurasi seperti contoh dibawah ini.

Penjelasan singkat script function export excel php codeigniter

Ok saya akan sejelaskan sedikit mengenai code di function exportExcelGan(). $data = $this->M_inponow->getData(); script ini digunakan untuk mengambil data dari satu table yang ada di database. Berikut merupakan table database yang akan admin export ke excel.

Contoh database
Ditable tersebut saya hanya akan mengambil kolom nama no_induk dan jurusan. lanjut ke script include_once APPPATH.’/third_party/xlsxwriter.class.php’; script tersebut digunakan untuk melakukan load library phpxlsxwriter.



$filename = “report-“.date(‘d-m-Y-H-i-s’).”.xlsx”; script ini digunakan untuk memberikan nama file excel kita. Saya menambahkan date(‘ d-m-Y-H-i-s’) agar setiap file export diberi nama sesuai waktu terakhir dalam melakukan export tsb.

Kemudian untuk isi di variable $styles dan $styles2 digunakan untuk styling kolom pada file excel. $header terdapat array dimana di phpxlsxwriter menggunaan nama index menjadi isi header kolomnya dan di isi masing masing index mendeklarasikan type kolom yang digunakan apakah bertype string, integer atau date.


$writer->writeSheetHeader(‘Sheet1’, $header, $styles); script tersebut digunakan untuk meletakkan isi dari $header; Pada script $writer->writeSheetRow(‘Sheet1’, [$no, $row[‘nama’], $row[‘no_induk’], $row[‘jurusan’]], $styles2); admin melakukan looping untuk menampilkan semua data yang ada di table database yang tentunya sesuai dengan kolom yang ingin ditampilkan.

Setelah selesai membuat function export excel. Kita lanjut untuk membuat script di folder view untuk membuat button export excel. Berikut ini merupakan contoh script bagian view.

Simple Layout

Hasil akhir export excel di php codeigniter

Ok sekarang coba hasil coding kalian, semoga berhasil. Dan dibawah ini merupakan contoh hasil export excel yang admin berhasil buat.

Hasil Export

Itu saja yang dapat saya tulis untuk artikel Cara Membuat Export Excel Di PHP Codeigniter 3, kurang lebihnya admin mohon maaf. Sekian dan terima kasih.