Cara Membuat Blog Gratis dan Mudah (Khusus Untuk Pemula)

Cara Membuat Blog/Web dengan WordPress dan Blogger Secara Gratis dan Mudah – Cara membuat blog itu mudah sekali karena banyak website terpercaya yang menyediakan layanan ini. Tidak sedikit dari pengguna internet banyak orang yang ingin mempunyai blog sendiri. Oleh karena itu admin akan membahas mengenai cara mudah untuk membuat blog dengan mudah.

Topik yang akan admin bahas :



Sebelum kalian belajar mengenai cara membuat blog. Admin akan berikan sedikit penjelasan mengenai blog itu sendiri. Blog ( web log ) adalah suatu halaman berisi kumpulan informasi yang bisa diakses oleh semua pengguna internet yang disimpan di sebuah web server.

Cara Membuat Blog/Web dengan WordPress dan Cara Membuat Web dengan Blogger Untuk Pemula


Web server inilah yang digunakan sebagai tempat penyimpanan blog/website anda. Sebelum anda membuat website anda harus tentukan dulu, akan digunakan sebagai apa situs web anda? Apakah sekedar website informasi, website online shop, website oraganisasi, atau website lainya.

Jika anda hanya sekedar membuat blog informasi. Anda juga harus menentukan topik utama ( niche ) apa yang akan dimuat. Contohnya niche tentang teknologi, bisnis, internet marketing, tutorial masak, atau niche yang lain. Jadi tentukan baik baik ya.

Admin akan memberitahu bahwa ada website penyedia layanan website yang telah menyediakan kemudahan dalam membuat website cukup klik dan klik. Dua penyedia layanan website tersebut adalah blogger.com dan wordpress.com/wordpress.org. Admin akan memberitau bangaimana cara membuat website dengan dua langkah ini.

Cara Membuat Blog Dengan Menggunakan Blogger/Blogspot (Gratis)

Blogger.com adalah penyedia layanan blog dari google yang dapat digunakan secara gratis. Blog ini biasanya menggunakan tambahan sub domain blogspot.com. Cara pemuatannya pun cukup mudah. Persyaratanya hanya subuah akun gmail (email google).

Cara pembuatan melalui blogger adalah siapkan email anda > pergi ke blogger.com > kemudian akan muncul halaman “ konfirmasi profil anda ” anda cukup masukan nama anda. Nama tersebut akan muncul pada nema penulis artikel pada blog yang akan anda buat.

Kemudian klik tombol orange “ buat blog baru ” > berikan judul blog anda (contoh : blogku) > kemudian berikan nama url blog anda (contoh : blogku.blogspot.com) > lalu pilih tema sesuai yang kalian sukai > klik buat blog.
Kemudian akan muncul jendela dengan pertanyaan “ Cari nama domain untuk blog Anda dan hubungkan langsung ” klik lain kali. Selesai, sekarang anda dapat mulai menulis artikel di blog anda. Perlu anda ketahui di blogger ada 7 menu penting yang berada di sebelah kanan.

Saya akan jelaskan sedikit mengenai itu. Pertama ada Postingan digunakan untuk membuat artikel baru dan melakukan pengeditan artikel. Statistik digunakan untuk melihat berapa banyak pengunjung anda dan berasal dari negara mana pengunjung anda.

Menu Halaman untuk membuat halaman seperti (about me, contact, disclaimer, sitemap, dan lain-lain). Tata Letak untuk mengatur posisi tampilan website anda. Tema untuk mengatur / mengganti tema sesuai keinginan anda.

Tema dapat dipilih dari blogger itu sendiri atau menggunakan template gratis untuk blogger yang bagus lainnya. Anda dapat search di google (free template blogger). Setelan untuk melakukan pengaturan nama website anda, pengaturan HTTPS, izin penulis, dan lain-lain.

Itu perupakan sedikit tool penting dari blogger. Blogger merupakan situs penyedia pembuatan web yang paling mudah menurut saya. Komentar jika anda menginginkan request artikel mengenai dunia blog.

Jika anda membuat blog di blogger.com dan wordpress.org kita dapat mendaftarkannya di google adsense lo. Anda dapat menghasilkan uang dari google adsense jika website anda telah memenuhi kebijakan yang di terapkan oleh google adsense.

Baca Juga : Cara agar blog diterima google adsense

Cara Kedua Dengan Menggunakan CMS WordPress (Gratis / Berbayar)

WordPress adalah subuah sistem manajemen konten seperti blogger yang dapat diperoleh secara gratis maupun berbayar. WordPress terdapat dua jenis yaitu wordpress.org dan wordpress.com.

Bedanya disini, jika wordpress.com anda dapat membuatnya secara gratis. Sedangakn wordpress.org anda juga dapat mendapatkannya dengan gratis. Akan tetapi itu masih dalam bentuk website offline. Jika anda ingin mengaktifkan cms wordpress.org anda membutuhkan domain dan hosting agar dapat di akses di internet.

Yang pertama saya akan jelaskan tentang bagaimana cara membuat blog dengan wordpress.com. Pertama pergi ke wordpress.com lalu pilih mulai > isi form pendaftaran > tentukan topik situs > tentukan alamat situs (pilih yang gratis ya) > lalu pilih “mulai dengan gratis” > lengkapi cek list (mulai dari vertifikasi email sampai selesai) > website dari wordpress.com berhasil dibuat.
Untuk yang kedua yaitu wordpress.org, untuk membangun website atau blog di cms jenis ini anda harus menyiapkan domain, hosting, dan SLL (ini sunnah). Contoh penggunakan domain top level yaitu .com, .id, .net, .info dll. Untuk hosting sendiri berperan sebagai media penyimpanan blog anda.

Hosting adalah tempat penyimpanan web anda baik itu untuk file cms wordpress, artikel, gambar, vidio, template, dan file lainya. Selanjutnya ssl ini merupakan langkah pengamanan website anda, contohnya website yang mengguanakan ssl yaitu dengan menggunakan awalan https di depan alamat domain seperti https://inponow.blogspot.com.

Penggunaan domain, hosting dan ssl sendiri dapat menambah kepercayaan pembaca blog anda. Ketiga komponen itu memiliki harga yang berbeda beda, tapi ada juga yang sudah dalam bentuk paketan.

Untuk tutorial membuat website dengan menggunakan cms wordpress anda dapat mengunjungi di sini. Bukan hanya domainesia saja yang sebagai penyedia layanan hosting dan domain ada lagi niagahoster, rumahweb, idwebhost, dan lain-lain.

Kesimpulan

Jadi terdapat 2 pilihan yaitu menggunakan blogger.com / wordpress.com jika ingin membuat website gratis. Atau justru anda lebih menginginkan menggunakan wordpress.org yang membutuhkan biaya untuk proses pembuatan website anda.


Itu semua tergantung kebutuhan anda, jika anda menginginkan membuat blog hanya sebagai catatan harian belajar anda saya sarankan anda cukup membuat blog di (blogger.com). Tapi itu semua tergantung pilihan anda.

Jangan lupa untuk selalu konsisten jika ingin blog anda banyak pengunjungnya. Cukup sekian dari artikel Cara Membuat blog di WordPress dan Blogger semoga dapat bermanfaat bagi saya maupun kalian semua. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih.