Cara Instan Buat Invoice Keren dengan Invoice Generator

Membuat invoice tidak selalu menggunakan Ms. Excel dengan membuat kerangka tabel terlebih dahulu yang membutuhkan waktu untuk design nya. Ada cara lebih cepat membuat invoice yaitu dengan Invoice Generator.

Invoice Generator dapat diakses melalui https://invoice-generator.com

Invoice Generator tidak membutuhkan akun untuk mendaftar maupun akses login, jadi bisa lebih cepat untuk membuat invoice.

Pada halaman awal Invoice Generator langsung dihadapkan pada template invoice yang bisa kamu isi dengan logo, tanggal, tanggal jatuh tempo, item, nominal jumlah dan sebagainya.

Pertama kamu perlu ubah Currency ke IDR untuk nominal invoice menggunakan mata uang rupiah. Secara bawaan currency dalam mata uang USD.

Selanjutnya kamu bisa isi kolom-kolom yang tersedia sesuai dengan data invoice yang kamu punya. Kolom yang bertanda (required) wajib kamu isi.

Berikut adalah penjelasan beberapa kolom di Invoice Generator:

  1. + Add Your Logo, kamu bisa menambahkan logo unit usaha kamu dalam bentuk file gambar.
  2. # (nomor invoice), nomor invoice yang bisa kamu tentukan dan urutkan sebagai penanda.
  3. Who is invoice from? (required), bisa diisikan nama perusahaan kamu sebagai penerbit invoice.
  4. Bill to (required), alamat invoice ditujukan.
  5. Ship to (optional), alamat barang ditujukan.
  6. Item, rincian barang atau jasa yang kamu tagihkan beserta jumlah dan nominalnya.
  7. Terms, ketentuan yang ditulis pada invoice.

Kamu tidak perlu khawatir salah hitung, secara otomatis Invoice Generator melakukan kalkulasi jumlah harga dan tax yang kamu tentukan. Tax bisa disesuaikan apakah flat dalam bentuk nominal atau persen semisal 10% yang bisa kamu atur besarannya.

Bisa juga menambahkan biaya ongkos kirim dan discount pada invoice. Kesemuanya langsung terkalkulasi secara otomatis dan tertotal pada Balance Due.

Setelah mengisi data invoice pada kolom tersedia, kamu bisa klik Download Invoice. Selanjutnya akan ter-download invoice dalam bentuk file .pdf, kamu bisa membukanya menggunakan Adobe Reader atau browser internet kamu seperti Google Chrome. Setelah terbuka kamu bisa langsung mencetaknya melalui fitur print di aplikasi tersebut.

Apakah Invoice Generator Gratis?

Ya, berdasar penjelasan 100% free dan setelah Caraprima.com coba, Invoice Generator gratis untuk digunakan. Namun untuk mendapatkan fitur lebih seperti Autopilot, Pembayaran Online dan Tracking, kamu perlu upgrade dengan biaya berlangganan USD 30 per bulan.

Apakah Aman?

Invoice Generator tidak menyalin data kamu, data tersimpan pada cache di browser yang kamu gunakan. Kamu masih bisa melihat histori invoice berdasar data pada cache tersebut. Inilah kenapa kamu masih bisa mengakses invoice sebelumnya meskipun tidak terdapat akses login.

Invoice Generator juga sudah menggunakan protokol HTTPS yang merupakan standar keamanan data terenkripsi.

Baca juga:

Cara Buat Flowchart Online Menggunakan App Diagrams

Cara Mudah Ubah Foto Gelap Menjadi Terang