Cara Install Ulang Sistem Operasi Windows Dengan Flashdisk

0 10

Cara Mudah Membuat Bootable Windows/Linux Dengan Flashdisk – Bootable adalah membuat tempat penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat meletakan suatu file instalasi sistem operasi yang nantinya akan di instal pada komputer/laptop. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara membuat bootable menggunakan flashdisk.

Dengan menggunakan flasdisk kita dapat membuat bootable sistem operasi dengan mudah dan cepat, cara ini sangat efektif dilakukan bagi orang-orang yang senang sistem operasi linux, tapi tenang bootable ini juga dapat di terapkan pada sistem opersi Windows dan Mac OS (kalau yang Mac belum pernah coba wkwk).

Cara Install Windows Dengan Flashdisk

Mempersiapkan file sistem operasi

Saya akan melakukan pembuatan bootable untuk sistem operasi windows 10 home dan untuk kalian yang belum mempunyai dvd windows download saja dulu, untuk melakukan sebuah kegiatan ini pertama terdapat software yang harus kita download yaitu dengan menggunakan software Unetbootin. Unetbootin merupakan software yang gratis yang dapat anda download di Sini.

Sebelum melakukan penginstalan sistem operasi pada flashdisk/drive usb pastikan anda memiliki flashdisk yang telah di format sebelumnya dan anda harus mengubah type file system pada flashdisk kalian dengan fat 32 untuk sistem operasi linux dan NTFS untuk sistem operasi windows agar ter hindar dari serang virus.

Melakukan instalasi pada Unetbootin

Setelah melakukan download software tersebut install dan kemudian jalankan, pilih opsi diskimage/citradisk pada pojok kiri bawah karena kita akan memasukan file iso pada flashdisk kita, setelah itu cari lokasi iso dvd yang ingin kalian jadikan bootable jika saya windows 10 yang terletak pada Disk (H:).

Baca Juga : Cara Instalasi Debian di Virtual Box

Dan untuk mencari file iso tersebut kalian cukup klik button yang terdapat tiga titik (…) pada bagian pojok kanan bawah. Jika anda telah memasukan file iso tersebut langkah selanjutnya adalah dengan mencocokkan lokasi flashdisk yang ingin kalian jadikan bootable jika saya lokasi flashdisk berada di Drive J: kalian dapat menyesuaikan lokasi disk kalian masing-masing.

Langkah terakhir dalam melakukan bootable sistem operasi dengan flashdisk yaitu dengan klik button OK kemudian software Unetbootin akan memproses, tunggu proses yang sedang berjalan dan biasanya proses ini memakan waktu yang cukup lama.

Setelah selesai klik finish, perlu kalian ketahui berasama jika anda ingin memasang dengan mode drive usb / flashdisk setelah melakukan reboot pada komputer anda biasanya melibatkan penekanan tombol tertentu pada keyboard agar bisa masuk ke mode boot / bios. Jika saya menggunakan fn+f12 karena saya menggunakan laptop lenovo anda dapat menyesuaikan ya.

Pastikan anda membaca langkah demi langkah agar anda terhindar dari kegagalan dalam melakukan bootable sistem operasi dengan flashdisk. Sekian untuk artikel Membuat Bootable Sistem Oparasi dengan Flashdisk pada kesempatan hari ini semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.