Cara install Nodejs di Linux Mint 19 Terbaru

Cara Install nodeJS

Cara instalasi nodejs di Linux Mint 19 – Artikel kali ini akan membahas tetang cara melakukan install Nodejs Terbaru di LinuxMint 19. Kita ulik dulu mengenai apa itu node js? NodeJs adalah aplikasi web server berbasis bahasa pemrograman javascript. NodeJs dapat digunakan untuk memproses konten dan traksaksi dinamis yang dapat dikirimkan oleh browser aplikasi mobile.

Nodejs biasanya digunakan untuk membangun aplikasi web server restfull API dan Nodejs menggunakan prinsip Non Blocking I/O (Asynchronous I/O). Saya kutip dari wikipedia Non Blocking I/O atau Asynchronous I/O adalah bentuk pemrosesan input / output yang memungkinkan pemrosesan lain untuk melanjutkan sebelum transmisi selesai.


Untuk bahasa gampangannya yaitu dimana proses tidak harus menunggu sebuah request selesai terlebih dahulu, untuk melayani request berikutnnya. Itulah sedikit mengenai pengertian singkat yang saya dapatkan ilmu tersebut dari channel youtube arkademy dan wikipedia .

Baiklah kita balik ke pembahasan utama mengenai cara installasi Nodejs dan berikut merupakan langkah instalasi Nodejs yang dilakukan di terminal linux kalian masing – masing (tidak perlu $ ya kalau ingin menyalin) :

Petama Anda perlu PPA node.js dan perlu menginstal paket properti python-software, anda dapat memilih dari kedua jenis dibawah ini.

Versi rilis terbaru 

$ sudo apt-get install curl python-software-properties
$ curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_13.x | sudo bash –

Versi LTS 

$ sudo apt-get install curl python-software-properties
$ curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_12.x | sudo bash –

Kemudian lakukan installasi nodejs di linuxmint kalian

$ sudo apt-get install nodejs

Setelah selesai melakukan instalasi anda dapat cek versi nodejs dan npm anda

$ node -v
$ npm -v 

Ok sekian untuk artikel  Cara install Nodejs Terbaru di LinuxMint, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih.
*Sumber di ambil dari hasil pengalaman belajar di arkademy, wikipedia dan tecadmin.