Cara Atasi Captcha Aplikasi BPJS Kesehatan Tidak Tampil

Aplikasi BPJS Kesehatan di perangkat smartphone saat ini menggunakan Captcha sebagai fitur keamanan untuk masuk (login) ke dalam aplikasi selain memasukkan username dan password.

Captcha berupa kode tantangan berisikan sederet huruf dan angka acak yang harus kamu ketik ulang. Fungsi captcha untuk memastikan hanya manusia yang bisa masuk, karena sistem atau biasa disebut bot akan kesulitan membaca captcha karena bentuk karakter yang unik.

Adanya captcha di aplikasi BPJS Kesehatan sebagai keamanan tambahan fungsinya cukup penting untuk mengamankan data pengguna, namun dalam beberapa kasus saat kamu akan login aplikasi BPJS Kesehatan, captcha tidak tampil yang menyebabkan kamu tidak dapat masuk ke dalam aplikasi.

Admin juga mengalami hal seperti ini dan sudah menemukan solusinya, kendala sepertinya bukan disebabkan bug atau kegagalan sistem di aplikasi BPJS Kesehatan, melainkan kita login secara tidak aman melalui sambungan VPN (Virtual Private Network).

Langkah-langkah atasi captcha tidak tampil di aplikasi BPJS Kesehatan

1. Matikan sambungan VPN kamu

Jika kamu menggunakan aplikasi VPN pada smartphone, matikan sementara aplikasi tersebut lalu buka kembali Aplikasi BPJS Kesehatan.

2. Jika belum berhasil, lakukan pembersihan data Aplikasi BPJS Kesehatan melalui menu pengaturan di smartphone kamu. Pada contoh ini, admin menggunakan smartphone Xiaomi dengan MI UI 11. Perbedaan merek dan tipe smartphone membuat langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda namun secara garis besar sama.

2.1 Masuk ke menu Setelan / Pengaturan.

2.2 Pilih menu Apl / Application.

2.3 Pilih Kelola Aplikasi.

2.4 Pilih aplikasi Mobile JKN.

2.5 Tap Hapus Data.

Sampai di sini coba buka kembali aplikasi BPJS Kesehatan, selamat kode captcha sudah tampil.