Disdukcapil Kota Tangerang Bikin Terobosan, Buka Booth Layanan di Mal 

0 0
Read Time:1 Minute, 56 Second

GURUNAVARA.com-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) membuka Booth Layanan Dukcapil di pusat perbelanjaan atau mal untuk mempermudah pelayanan bagi masyarakat Kota Tangerang dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Mal tersebut di antaranya di Tangcity Mall, Icon Walk Mall, dan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangerang. 

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Kota Tangerang, Sri Warsini mengatakan, hal ini menjadi pengembangan layanan karena sebelumnya ketiga lokasi mal tersebut telah disediakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM). 

“Kalau sebelumnya, ADM hanya melayani pengambilan atau pencetakan KTP dan KIA. Sekarang lewat Booth Layanan Dukcapil, semua layanan administrasi kependudukan telah tersedia,” ungkapnya, Senin 10 Januari 2022.

Terlebih, lanjut dia, dipasangnya dua petugas di masing-masing lokasi untuk memberikan layanan tatap muka sehingga mempermudah masyarakat  yang kesulitan mengikuti proses online.

Adapun sebagai tahap uji coba kuota 30 pemohon setiap harinya, yang dibuka setiap Senin hingga Jumat, pukul 11.00-16.00 WIB. Booth Layanan Dukcapil memberikan layanan Kartu Keluarga, KTP Elektronik, Kartu Identitas Anak, Pindah dan Datang Penduduk, Akta Kelahiran. 

 

“Ini sebagai tahap uji coba, Disdukcapil sedang membuat skema Booth Layanan Dukcapil juga dibuka pada Sabtu dan Minggu,” ucapnya. 

Bahkan, sambung Sri, karena ini di mal maka nantinya Sabtu dan Minggu menjadi hari wajib buka dibanding hari kerja, sehingga bisa diburu bagi warga yang liburan di mal, atau mereka yang kesulitan mengurus dokumentasi di hari kerja.

Menurut Sri, secara aturan semua persyaratan sama seperti pelayanan di kelurahan, kecamatan, kantor Dukcapil atau melalui online. Pastinya, tidak lagi dibutuhkan surat pengantar RT-RW, kecuali mereka yang tidak punya dokumentasi kependudukan sama sekali. 

“Secara SOP untuk KK akan selesai empat hari kerja, e-KTP dan KIA rusak atau hilang bisa langsung jadi, Surat Pindah dan Datang Penduduk juga langsung jadi, serta Akta Kelahiran juga langsung jadi,” katanya.

Sri berharap, melalui Booth Layanan Dukcapil ini dapat mempermudah dan memperluas pilihan masyarakat dalam memilih proses pengurusan administrasi kependudukan. “Bisa urus adminduk sambil belanja, sehingga perekonomian juga meningkat. Selain itu, urus adminduk jadi nggak bosan karena bisa sambil jalan-jalan,” tutur dia.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment