Mengenal WiFi Repeater dan Cara Kerjanya Yang Perlu Diketahui

0 0
Read Time:2 Minute, 58 Second

GURUNAVARA.com-WiFi Repeater bukanlah istilah asing lagi di kehidupan sehari-hari masyarakat sekarang. Terlebih lagi ketika sedang scroll marketplace di kategori produk router, pasti sering melihatnya. Apabila mau memperhatikan di sekeliling, perangkat ini biasa terpasang di tempat-tempat umum. Seperti kafe, restoran, hotel, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Belum tahu apa itu WiFi repeater dan cara kerjanya? Mari disimak pembahasan ringkas berikut.

Meskipun sudah menjadi bagian dari masyarakat modern yang serba internet, nyatanya masih banyak orang belum mengenal perangkat keras satu ini. Padahal, di toko online sudah banyak merk WiFi repeater dengan range beragam. Mulai dari harga murah sampai mahal semua tersedia

Untuk mengenal WiFi repeater dan cara kerjanya, silahkan baca baik-baik artikel dibawah mengutip laman Pickybest.id.

Apa itu WiFi Repeater?

WiFi repeater adalah sebuah perangkat yang didesain khusus untuk menambah jangkauan sinyal Wireless Router. Sehingga, sinyal dari Wireless Router bisa dipakai oleh pengguna internet dari jarak jauh.

Pengertian sederhananya alat ini dipakai untuk memperkuat sinyal WiFi di suatu tempat supaya lebih optimal. Secara umum, Wifi repeater mampu membantu menangkap sinyal dari Wireless Router yang jaraknya sekitar 20-25 meter. Dengan catatan area tersebut bebas dari hambatan.

Seberapa jauh sumber Wireless Router yang bisa dijangkau oleh WiFi repeater berbeda-beda, tergantung bagaimana kondisi tempat tersebut. Semakin banyak penghalang, maka jaraknya semakin pendek.

Apabila Anda menggunakan merk WiFi repeater terbaik, pastinya kualitas yang diberikan lebih bagus lagi dan kestabilan sinyal semakin terjaga.

Bagaimana Cara Kerja WiFi Repeater?

Untuk bisa menggunakan WiFi repeater, daerah yang hendak dipasang minimal masih menerima sinyal. Sehingga, perangkat satu ini tidak akan berfungsi apabila dipasang di tempat yang memang tidak terjangkau sinyal sama sekali.

Sesuai namanya “repeater”, itu berarti cara kerjanya adalah mengulang. WiFi repeater umumnya terdiri dari 2 antena yang berfungsi untuk menerima sinyal, mereplikasi, dan kemudian memperluas sinyal jaringan di area tertentu.

Cara kerja WiFi repater sebenarnya hanya menyiarkan ulang sinyal dari Wireless Router. Sehingga, area-area yang termasuk dead zone (tidak terjangkau sinyal) sekarang bisa ikut mengakses internet. Kehadirannya sangatlah dibutuhkan oleh banyak orang, karena tidak semua daerah memiliki kualitas sinyal bagus.

Jangankan bicara tentang satu wilayah, terkadang di dalam satu rumah sekalipun kualitas sinyalnya berbeda-beda. Sebagai contoh, Wireless Router di rumah Anda terletak di ruang tengah. Kamar di bawah dan lantai atas pasti memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Nah, untuk meratakan sinyal Wireless Router tersebut Anda membutuhkan WiFi repeater. Sehingga semua bagian didalam ruangan bisa terjangkau sinyal dengan kualitas yang bagus. Internet tidak khawatir lemot lagi dan bikin emosi.

Oh iya, perangkat WiFi repeater ini bekerja dengan selalu terhubung ke sumber listrik. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membelinya pastikan dahulu di ruangan Anda sudah tersedia stop kontak.

Cara Menggunakan WiFi Router

Teruntuk Anda yang berencana ingin membeli WiFi router, maka tidak perlu khawatir kesulitan menggunakannya. Karena hanya perlu mencolokkan WiFi router ke stop kontak, menekan tombol on/off, sudah selesai.

Seiring berkembangnya teknologi, beberapa merk WiFi router bisa dicolokkan ke power bank. Pemakaiannya jauh lebih praktis dan mudah.

WiFi router menjadi kebutuhan penting apabila koneksi internet sangat Anda butuhkan, sedangkan kualitasnya di ruangan tertentu kurang bagus. Tidak hanya di rumah saja, ruangan kantor yang penyebawan sinyal WiFi buruk sangat dianjurkan memakai perangkat keras jaringan ini.

Mungkin cukup sampai disini pembahasan tentang mengenal WiFi repeater dan cara kerjanya. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment