Waspada, Pasien Pertama Omicron Tanpa Gejala dan Sudah Negatif Covid-19

0 0
Read Time:1 Minute, 19 Second

GURUNAVARA.com-Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat waspada dan patuh terhadap protokol kesehatan terkait temuan kasus pertama varian baru Covid-19 Omicron di Indonesia. 

“Yang terpenting menjaga kewaspadaan dengan patuh pada protokol kesehatan. Terutama memakai masker dan menjaga jarak. Jangan berkerumun di tempat ramai,” ujar Budi saat menyampaikan keterangan pers perkembangan Covid-19, Kamis 16 Desember 2021.

Budi juga meminta masyarakat untuk menghindari aktivitas perjalanan ke luar negeri sebab kasus Omicron di beberapa negara sedang melonjak dengan cepat. “Omicron berpotensi memberikan tekanan di fasilitas pelayanan rumah sakit karena karakteristiknya yang cenderung cepat menular,” kata Budi.

Dalam konferensi pers tersebut, Budi melaporkan kasus pertama Omicron di Indonesia dialami seorang petugas kebersihan di Rumah Sakit Wisma Atlet Jakarta, berinisial N yang pasien tersebut tanpa gejala dan dikarantina di Wisma Atlet.

Budi mengatakan bahwa pasien Covid-19 varian Omicron itu sudah negatif Covid-19.

“Dikarantina di Wisma Atlet dan tanpa gejala. Sudah di-PCR kedua dan negatif,” ungkap Budi. 

Lebih lanjut Budi juga mengajak partisipasi masyarakat dalam upaya survailens bila memiliki riwayat kontak erat maupun perjalanan dari daerah terjangkit Omicron.

“Kita juga harus percepat vaksinasi terutama pada lansia yang ke luar negeri. Pemerintah akan siapkan infrastrukturnya, rumah sakit, obat-obatan Molnuvirapir akan datang di akhir tahun ini,” tuturnya.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment