Counterpoint: Samsung Adalah Rajanya Smartphone Foldable!

0 0
Read Time:1 Minute, 57 Second

Jakarta, GURUNAVARA – Pasar smartphone yang dapat dilipat telah tumbuh secara konsisten selama dua tahun terakhir. Tetapi hingga saat ini, belum banyak produsen smartphone yang memiliki ponsel yang dapat dilipat. Samsung dan Huawei adalah perusahaan paling awal yang merilis smartphone lipat.

Namun, melihat dari situasi Huawei saat ini, Samsung jelas memimpin kursi tertinggi di pasar smartphone yang dapat dilipat. Samsung adalah salah satu dari sedikit produsen yang memproduksi secara massal dan menjual smartphone yang dapat dilipat secara global. Pabrikan asal Korea Selatan itu kini mendominasi pasar smartphone lipat.

Menurut Counterpoint Research, Samsung akan menempati 88% pangsa pasar smartphone lipat pada tahun 2021. Ukuran pasarnya diperkirakan akan meningkat 2 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Laporan terbaru dari lembaga riset menunjukkan bahwa Samsung bakal menjadi “raja” mutlak di pasar ini. Saat ini, Samsung tak memiliki lawan yang kuat di pasar smartphone lipat. Perlu dicatat pula, bahwa dalam waktu dekat ini, yakni tepatnya pada 11 Agustus 2021, Samsung akan meluncurkan dua smartphone lipat, yaitu Samsung Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3.

Berdasarkan laporan yang sudah banyak beredar, Samsung Galaxy Z Fold3 akan mengusung layar internal 7,55 inci dan layar eksternal 6,23 inci. Smartphone lipat ini juga akan menjadi ponsel Samsung pertama yang menggunakan kamera di bawah layar.

Jika dibandingkan dengan produk generasi sebelumnya, layar eksternal Samsung Galaxy Z Fold3 akan lebih besar. Artinya, ini akan sangat meningkatkan ketidaknyamanan sempitnya layar eksternal. Dengan desain tersebut, smartphone ini akan terlihat seperti ponsel biasa jika sedang tidak dilipat.

Selain itu, desain tersebut juga akan meningkatkan pemanfaatan layar eksternal. Peningkatan terbesar perangkat ini adalah kompatibilitasnya dengan stylus S Pen Samsung. Lebih lanjut, perangkat ini juga akan menjadi smartphone lipat pertama Samsung yang mendukung S Pen bawaan.

File FCC menunjukkan bahwa S Pen Pro kompatibel dengan Samsung Galaxy Z Fold3. Selain itu, juga akan kompatibel dengan Galaxy S21 Ultra, Note20 duo, Note10 Lite, seri Tab S7, dan Tab S6. Namun sayangnya, sepertinya S Pen tak akan tersemat pada saudaranya, yaitu Galaxy Z Flip 3. Spekulasi ini muncul lantaran Z Flip 3 tak terlihat dalam daftar perangkat kompatibel,

Kemudian menyoal S Pen Pro sendiri, ia akan diisi daya melalui USB-C dan ditenagai oleh baterai 100 mAh, dengan tegangan pengenal 5.0V. Samsung Galaxy Z Fold3 juga dapat mendukung pengisian nirkabel terbalik dari stylus, mirip dengan cara kerja seri Galaxy Tab.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Leave a Comment