2 Perbedaan Antara HTTP Dan HTTPS


Pernjelasan Singkat Mengenai Perbedaan Protokol HTTP dan Protokol HTTPS – Kali ini saya akan berbagi ilmu mengenai perbedaan http dengan https. Kita dapat mengetahui protokol http dan https yaitu pada seluruh alamat website yang ada pada internet. Protokol tersebut biasa kita jumpai pada bagian address bar pada browser kita masing-masing.


Ternyata jika anda mengira tentang keberadaan protokol http dan https itu hanya sebagai nama pada website tertentu berarti anda salah besar. Saya akan berbagi sedikit ilmu yang saya miliki yang merupakan hasil dari sebuah pembelajaran yang saya lakukan baik di internet maupun dunia pendidikan formal.

Pernjelasan Lengkap Mengenai Perbedaan Protokol HTTP dan Protokol HTTPS

Penjelasan HTTP

Saya akan membahas mengenai protokol http terlebih dahulu. Protokol http menggunakan port 80 secara default dan pertama diperkenalkan pada tahun 1991 yaitu HTTP V0.9. Secara umum http singkatan dari Hyper Text Transfer Protocol yang merupakan protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antara jaringan komputer client dengan web server atau bisa disebut model komputasi client – server.

Protokol ini memungkinkan pengguna atau client Word Wide Web untuk melakukan transfer data dan informasi yang dapat berupa gambar, teks, vidio, musik dan file – file lain di halaman website. Sebagai contoh saat anda membuka website dengan menggunakan protokol http.

( contoh : http://www.inicontoh.com ) pada browser anda dan kemudian browser akan mengirim perintah http ke server web untuk mengambil dan segara menampilkan halaman website yang anda minta, pada keadaan ini web browser anda sebagai client dan situs website yang anda minta sebagai server.

Penjelasan HTTPS

Protokol https singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure, protokol ini berjalan pada port 443 yang secara default untuk mentranfer informasi dan pertama kali digunakan dalam HTTPS V1.1. Secara definisi hampir mirip dengan protokol http akan tetapi pasti anda akan mengetahui perbedaannya ketika membaca singkatan tersebut.

Ya terdapat tambahan kata secure atau aman yang berarti menunjukan bahwa website yang telah menggunakan protokol https telah mengalami proses enkripsi oleh kemanan lapisan transport.

Dimana pada protokol https data yang telah ditransmisikan tidak bisa dipahami oleh pihak lain karena data yang ditransmisikan telah di enkripsi. Pada saat client dapat bertukar informasi dengan pihak server diperlukan kemanan tinggkat tinggi untuk mengamankan pertukaran data informasi agar terhindar dari beberapa masalah peretasan.

Hubungan SSL Dengan HTTPS

Untuk dapat menggunakan protokol https anda diwajibkan untuk memiliki sertifikat SSL. Penggunaan protokol https merupakan nama lain dari Website SSL, jika website anda telah mendaftarkan di sebuah platform penyedian SSL.

SSL singkatan dari Secured Socket Layer yang merupakan standar internet untuk mengamankan koneksi antara web server dengan client pada browser, melalui SSL ini semua data yang ditransmisikan akan dienkripsi sebelum melakukan transmisi di internet.

Dengan menggunakan protokol HTTPS anda akan mendapatkan banyak keuntungan diantaranya yaitu website yang anda miliki akan dapat meningkatkan kepercayaan pengunjung website anda serta dapat memperoleh peringkat SEO yang baik dari google, dengan kata lain website anda akan mudah ditemui disitus pencarian google, bing, search, yahoo, dan lain – lain.


Singkatnya hal yang paling mendasar antara perbedaan http dengan https terletak pada tingkat keamanan yang lebih baik pada protokol https yang telah menggunakan teknologi SSL. Sekian dari artikel Perbedaan Http dan Https, kurang lebihnya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.