100% AMPUH!, Cara mengatasi WIFI terhubung tapi tidak bisa akses internet

0 1

Cara Mengatasi WIFI Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet – Saat menggunakan terminal yang dapat terhubung ke Internet, seperti smartphone atau komputer, Anda mungkin mengalami gejala “Wi-Fi terhubung tetapi tidak terhubung …”. Meskipun tanda Wi-Fi ditampilkan di terminal, ini adalah situasi di mana Anda tidak dapat benar-benar terhubung ke Internet. Mengapa saya tidak dapat terhubung ke Internet melalui Wi-Fi meskipun tanda sudah ditampilkan? Montirbox akan menjelaskan kemungkinan penyebab dan cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet.

Mengapa Wi-Fi terhubung tetapi tidak terhubung?

Pertama, mari kita buat daftar kemungkinan penyebab ketika Anda tidak dapat terhubung ke Internet meskipun Anda terhubung ke Wi-Fi. Seringkali ini adalah salah satu dari yang berikut:

・ Router Wi-Fi 

・ Kerusakan terminal 

・ Failure

・ Pengaturan router Wi-Fi 

・ Kesalahan otentikasi

・ Penggunaan router Wi-Fi lebih dari satu

・ Mencoba menghubungkan ke sinyal Wi-Fi yang salah

・ Kesalahan dari operator 

・ Kegagalan Penyedia di sisi vendor

・ Masalah keamanan 

・ Kegagalan Firewall

・ Terbalik menyambungkan Port LAN ataupun port WAN

・ Kegagalan sisi WAN (sisi Internet)

cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet

Apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet? Berikut solusinya, Anda bisa mencoba beberapa metode dibawah ini:

Cara Mengatasi WIFI Terhubung Tapi Tidak Bisa Akses Internet

1. Matikan daya router / terminal Wi-Fi lalu hidupkan kembali

Jika Anda memiliki masalah dengan router Wi-Fi atau perangkat Anda, Anda mungkin dapat menyambung ke Internet dengan mematikan daya dan menyalakannya kembali. Router Wi-Fi sering kali tidak memiliki tombol daya, jadi dalam hal ini, cabut kabel daya dari stop kontak, tunggu 30 detik hingga 1 menit, lalu sambungkan ke stopkontak dan hidupkan kembali. Ini dapat memperbaiki banyak masalah router. Gejala dapat membaik ketika daya terminal seperti telepon pintar dimatikan dan kemudian dihidupkan ulang.

2. Alihkan mode pesawat perangkat dari aktif ke nonaktif

Jika terjadi malfungsi atau kegagalan fungsi terminal, Anda mungkin dapat terhubung ke Internet hanya dengan mengalihkan mode pesawat dari hidup ke mati dan kemudian menyalakannya lagi tanpa harus menghidupkan ulang. Ini karena jika Anda memutus Wi-Fi lalu menyambungkannya kembali, Anda mungkin dapat menyambung secara normal. Anda bisa mendapatkan efek yang sama dengan mematikan koneksi Wi-Fi dari pengaturan dll, tanpa menggunakan mode pesawat.

3. Ubah tujuan koneksi router Wi-Fi

Sebagian besar router Wi-Fi modern memiliki dua pita frekuensi, 5GHz dan 2.4GHz. Jika Anda melihat ke router Wi-Fi itu sendiri, Anda akan sering melihat dua lampu, 2.4GHz dan 5GHz, berbaris, jadi silakan periksa. Ini berarti ada dua jenis gelombang radio yang bekerja pada router.

Dari jumlah tersebut, 2.4GHz relatif kurang rentan terhadap rintangan seperti lantai dan dinding daripada band 5GHz, dan memiliki sifat jangkauan yang jauh. Namun, terdapat kelemahan bahwa interferensi gelombang radio kemungkinan besar terjadi karena banyak peralatan rumah tangga yang menggunakan gelombang radio pada pita frekuensi yang sama. Tergantung pada lingkungan, menggunakan microwave dapat memutuskan koneksi internet. Omong-omong, telepon nirkabel dan Bluetooth untuk komputer pribadi dan produk audio juga menggunakan pita frekuensi yang sama.

Jika pita frekuensi yang Anda gunakan sepanjang waktu adalah 2.4GHz, mengubah ke 5GHz memungkinkan Anda untuk terhubung ke Internet dengan cara yang stabil. Jika Anda membuka pengaturan Wi-Fi smartphone Anda, dan ada dua tujuan koneksi (jaringan) dengan nama seperti router yang Anda gunakan, dianggap salah satunya adalah 5 GHz. Coba ubah tujuan koneksi dan lihat apakah Anda dapat terhubung ke Internet.

4. Setel ulang router Wi-Fi termasuk portnya

Jika Anda membeli router Wi-Fi baru, Anda perlu membuat pengaturan awal untuk menghubungkan dengan penyedia Anda. Pengaturan awal biasanya dilakukan di komputer, tetapi jika Anda tidak memiliki komputer, Anda juga dapat melakukannya di ponsel cerdas Anda. Ada kemungkinan Anda tidak dapat terhubung ke Internet karena masalah dengan pengaturan awal ini, jadi harap baca buku petunjuk Untuk memeriksanya.

5. Nonaktifkan firewall keamanan untuk sementara

Koneksi ke Wi-Fi mungkin diblokir oleh firewall, jadi nonaktifkan untuk sementara waktu dan coba sambungkan ke Wi-Fi. Namun, harap dicatat bahwa menonaktifkan firewall dapat menginfeksi perangkat Anda terhadap virus.

6. Hubungi operator / penyedia saluran

Jika Anda tidak tahu cara membuat pengaturan awal, atau jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet, ada baiknya untuk menghubungi pusat dukungan dari penyedia jaringan Anda.

Itu tadi artikel mengenai 6 cara mengatasi wifi terhubung tapi tidak bisa akses internet. Semoga membantu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.