10 Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

 

parabola memang menjadi pilihan sebagian banyak orang ketimbang menggunakan UHF.

Seiring dengan hal tersebut, kerap terjadi berbagai masalah, seperti channel hilang akibat tidak ada sinyal. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena ada berbagai cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal.

Sebelum mengetahui caranya, tentu saja Anda harus bisa mengidentifikasi penyebab tidak ada sinyal pada parabola.

Mencari tahu penyebab dari hal tersebut adalah kata kunci yang sangat penting untuk menentukan tindakan selanjutnya.

Penyebab TV Tidak Ada Sinyal

Untuk mengetahui cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal dengan benar, Anda harus cek terlebih dahulu masalah-masalah berikut :

1. Kabel dan Konektor Kendur

Jika sinyal TV parabola Anda mengalami sinyal hilang dan timbul, maka penyebab yang paling sering terjadi adalah kabel serta konektor yang kendur.

Hal ini bisa juga dikarenakan adanya korosi pada parabola, tepatnya pada konektor LNB.

2. Salah Instal Program pada Receiver

Hal lain yang mungkin terjadi adalah salah instal program pada receiver. DSEQ antar satelit biasanya salah diletakkan.

Semisal saat memakai DESQ1 harusnya untuk Palapa, maka meletakkannya pada DSEQ2. Masalah lainnya adalah Switch yang setengah mati atau LNB yang tidak berfungsi.

3. Kesalahan Memprogram

Kesalahan memprogram bisa menyebabkan satu satelit saja. Sehingga, ada beberapa channel yang tidak muncul karena tidak ada sinyal.

Biasanya, jika hal ini terjadi, maka receiver hanya akan menampilkan satu satelit saja. Nah, kejadian ini kerap dialami oleh pengguna receiver Hansen dan Venus.

Cara Memprogram TV Parabola yang Tidak Ada Sinyal

Ada beberapa cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal. Tentunya, penanganannya akan berbeda jika penyebab hilang sinyal tidak sama. Ulasan lengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

1. Mengecek Baut di Parabola

Cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal yang pertama adalah memeriksa baut yang terpasang di parabola. Pemasangan baut yang tidak kuat menyebabkan parabola mudah tergeser oleh angin.

Hal itu bisa membuat sinyal pada parabola mudah hilang atau lemah. ketika masalah yang terjadi yaitu sinyal yang lemah pada parabola.

Cobalah untuk mengecek posisi parabola dan kencangkan setiap baut yang menjadi perekatnya.

2. Periksa Kabel Parabola

Kedua, harus Anda lakukan pada cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal adalah dengan melepaskan konektor kabel parabola pada port belakang receiver.

Jika sudah, silahkan Anda pasang lagi, lalu nyalakan kembali receiver. Jika masih ada tulisan “no signal”, maka Anda bisa mengecek kabel dari port receiver sampai ke konektor parabola.

Anda cari kabel yang sudah berkarat, putus, atau tertekuk. Jika ada yang kotor, bersihkan lalu kembalikan pada posisi lurus.

Jika masih saja tertera “tidak ada sinyal”, maka Anda bisa mengecek LNB.

3. Mengecek LNB

Cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal yang ketiga adalah memperhatikan ‘Signal Intensity’ pada pengaturan receiver.

Meski belum tracking parabola, angka normal intensitasnya adalah 40% sampai 70%.

Jika intensitasnya tertera 0%, berarti, sinyal tidak tertangkap pada receiver. Hal ini bisa karena kabel yang putus ataupun LNB yang tidak berfungsi.

Jika begitu, silahkan cek memakai kabel jumper LNB pendek untuk mengetesnya. Apabila LNB normal dan bekerja, ini artinya LNB yang lama sudah rusak. Sedangkan, pada LNB normal tidak bekerja, artinya, kabel putus.

Jika intensitas sinyalnya hanya 10% sampai 30%, maka artinya sensitivitas LNB sudah lemah. Sebaiknya, Anda bersihkan LNB dan konektornya.

Sebab, hal ini sering kali disebabkan karena kabel yang kendur atau rapuh.

4. Cek Frekuensi

Tidak hanya kesalahan pada saat memprogram dan beberapa kesalahan lainnya saja yang membuat parabola tidak ada sinyal. Namun bisa juga dikarenakan adanya perubahan frekuensi.

Karena sekarang tidak semua channel yang terdapat pada satelit Palapa D pindah ke Telkom 4. Maka, channel yang sebelumnya ada di receiver satelit Palapa, bisa saja sinyalnya tidak ada dan channel nya hilang.

5. Mengecek Receiver

Receiver berfungsi untuk menangkap siaran yang berasal dari polaritas, hal ini menjadikan perannya cukup penting. Sehingga apabila masalah TV parabola tidak ada sinyal maka bisa jadi perlu ada pergantian pada polaritasnya.

Dengan catatan, cari tahu terlebih dahulu apakah receiver Anda benar-benar kehilangan fungsi atau hanya salah dalam memprogram saja. Sehingga nanti Anda dapat memperbaikinya dengan benar.

6. Program Ulang Receiver

Terkadang, receiver akan melakukan upgrade software secara otomatis memakai OTA. Proses upgrade bisa saja terganggu karena beberapa hal seperti listrik yang padam. Hal ini mengakibatkan software jadi corrupt.

Solusi yang paling tepat untuk masalah ini adalah memprogram receiver kembali. Atau, bisa juga dengan menyetel kembali pada pengaturan pabrik. Software biasanya akan di-update pada website official receiver Anda.

Itulah beberapa cara memprogram TV parabola yang tidak ada sinyal dari TVJernih.com. Silahkan Anda lakukan cara yang paling tepat sesuai dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat.